Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Rabu, 13 Desember 2017

Penjualan Skuter Matik Honda Activa Di India Melambung Tinggi

Penjualan Skuter Matik Honda Activa Di India Melambung Tinggi

Demam skuter matik atau sepeda motor otomatis ternyata tidak hanya di Indonesia saja. Dibelahan bumi lainpun penjualan skuter matik juga mengalami kenaikan yang sangat pesat. Seperti di India misalnya, salah satu sepeda motor otomatis keluaran Honda yaitu Honda All New Activa 125cc mengalami peningkatan penjualan yang sangat mengagumkan di sepanjang tahun 2017 ini.

Dikabarkan bahwa Honda All New Activa mampu terjual lebih dari 2 juta unit sepanjang tahun 2017 ini. Hal ini tentunya membuat Honda India merasakan dampak yang sangat baik bagi pemasukan keuntungan untuk perusahaan mereka. Sejak diluncurkan mulai tahun 2001 silam, penjualan Honda Activa memang mengalami grafik yang terus meningkat tiap tahunnya dan puncak penjualannya adalah pada tahun ini .
Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Honda Revo X Terbaru 2017
Hal ini dimungkinkan karena Honda telah merilis model terbaru dari skutik mereka yaitu All New Activa 125 cc awal tahun ini. Honda Motorcycle & Scooter India Pvt Ltd (HMSI) telah memberikan penyempurnaan pada varian All New Activa 125 cc seperti hadirnya fitur Automatic Headlamp On (AHO). Selain itu, skutik tersebut juga telah tersemat fitur modern LED Position Light atau juga dikenal dengan sebutan Daytime Running Light (DRL) pada mobil. Yang tak kalah menarik, All New Honda Activa 125 cc ini telah memenuhi standar emisi BS-IV yang setara dengan EURO 4.

Untuk sitem pengereman, All New Activa 125 cc ini telah menggunakan model Combi Brake System (CBS) seperti yang digunakan oleh Honda Vario di Indonesia. Sistem pengereman berteknologi CBS mampu menyalurkan tenaga pengereman secara merata antara ban depan dan ban belakang sehingga membuat daya cengkeramnya semakin membaik.

Mesin Activa ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 8.52 BHP pada putaran mesin 6,500 RPM dan memiliki torsi sebesar 10.54 Nm pada putaran 5,000 RPM. HMSI menjual All New Activa dengan dua varian perangkat pengereman yaitu tromol dan juga rem cakram. Dan tentunya kedua jenis perangkat pengereman tersebut akan mempengaruhi harga jual masing – masing tipe .

Untuk dimensinya, All New Activa memiliki panjang 1.814 mm, lebar 704 mm, serta memiliki tinggi 1.151 mm. Sepeda motor ini memiliki wheel base sepanjang 1.260 mm dan ground clearance nya berukuran 155 mm. Bobot All New Activa tercatat seberat 110 kg dan mampu menampung bahar bakar sebanyak 5.3 liter.

Skutik ini mampu dipacu hingga kecepatan maksimal 85km/jam. Kecepatan tersebut dirasa sudah mencukupi karena pada dasarnya skutik memang diperuntukkan di jalanan perkotaan yang relatif tidak membutuhkan untuk memacu motor pada kecepatan tinggi.

Untuk ban depannya, motor tersebut memiliki ukuran 90/90-12 dan untuk ban belakang memakai ban berukuran 90/100-10 yang kesemuanya memakai tipe tubeless. Lampu depan Honda All New Activa ini memiliki ukuran 12V 35/35 W dan memakai aki jenis MF 12V 3Ah.
Baca Juga : Bagaimana Nasib Sepeda Motor Bebek Honda Sekarang?
HMSI mematok harga skuter matiknya tersebut mulai dari harga Rs. 56,954 sampai rentang harga Rs 61,362 untuk tipe tertingginya. Jika dirupiahkan , sepeda motor tersebut memiliki rentang harga sekitar Rp. 11-13 jt-an. Honda All New Activa tersebut tersedia dalam 5 pilihan warna, yaitu Rebel Red Metal, Midnight Blue Metallic, Black, Pearl Amazing White, dan Mat Crust Metallic.

Saat ini All New Activa tersebut masih dijual di India saja dan telah berhasil menjadi salah satu varian skutik terlaris disana. Tapi tidak menutup kemungkinan pihak Astra Honda Motor akan menghadirkan skuter tersebut di tanah air agar makin meramaikan persaingan skuter matik di pasar Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar