Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Sabtu, 30 Desember 2017

Suzuki XBee Crossover Mobil Andalan Baru Dari Suzuki Jepang

Suzuki XBee Crossover Mobil Andalan Baru Dari Suzuki Jepang

Setelah sukses memperkenalkan Suzuki XBee konsep pada ajang Tokyo Motor Show 2017 yang lalu, kini pabrikan otomotif Suzuki asal Jepang tersebut menghadirkan Suzuki XBee versi produksi masal dan telah diluncurkan beberapa waktu yang lalu. Mobil mungil ini merupakan kendaraan berjenis crossover , sehingga kendaraan tersebut juga dikenal dengan sebutan Suzuki Cross Bee.

Suzuki XBee ini merupakan mobil hybrid ringan yang dibekali dengan mesin bensin 3 silinder bertipe K10C Boosterjet dengan kubikasi mesin 1 liter dan mengusung teknologi turbocharged direct injection serta telah dibenamkan pula sebuah motor listrik WA05A. Selain itu, mobil ini juga telah didukung oleh sebuah platform baru yang disebut Heartect dengan dua varian (MZ dan MX).

Untuk mesin bensinnya mampu memproduksi tenaga maksimal hingga 99 PS pada putaran mesin 5.500 RPM dan torsinya mampu menyentuh angka 150 Nm pada kisaran 1.700 – 4.000 RPM. Sedangkan motor listriknya yang merupakan bagian dari sistem hibrida ringan ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 3.1 PS di angka 1.000 RPM serta memiliki torsi sebesar 50 Nm pada angka 100 RPM. Tenaga tersebut dirasa sudah cukup mumpuni untuk sebuah mobil berkubikasi mesin 1000 cc.

Mobil Suzuki XBee atau Cross Bee tersebut tidak hanya menggunakan mekanisme penggerak 2 WD saja, tetapi pihak Suzuki Jepang juga menyediakan mobil dengan sistem penggerak 4 WD sehingga dapat memenuhi selera konsumen dengan beragam pilihan. Mobil tersebut menggunakan transmisi otomatis 6 percepatan dan memiliki konsumsi bahan bakar yang lumayan irit mencapai 20,6 km/liter untuk versi 4WD dan untuk versi 2 WD nya mampu berlari sejauh 22 km/liter.

Untuk varian 4WD nya, mobil Cross Bee tersebut dibekali dengan dua mode berkendara baru yaitu sport dan snow serta telah dilengkapi pula dengan standar grip kontrol yang dapat digunakan pada jalanan licin maupun berlumpur agar tetap dapat berjalan dengan aman dan nyaman. Selain itu, fitur Hill Descent Control (HDC) juga telah disematkan pada mobil Suzuki XBee ini yang dapat membantu pengendalian laju kendaraan pada jalanan menurun.
Sebagai sebuah kendaraan crossover, ukuran mobil Suzuki Xbee ini tergolong cukup kompak dengan dimensi panjang 3.760 mm, lebar 1.670 serta tingginya mencapai 1.705 mm. Jarak sumbu rodanya tercatat sepanjang 2.435 mm dan memiliki ground clearance setinggi 180 mm.

Mobil Suzuki XBee ini telah dilengkapi sistem keamanan mutakhir Suzuki Safety Support yang meliputi Dual Sensor Brake Support (DSBS) collision-mitigating system and a back-up brake support reverse traffic alert system. Sistem keamanan tersebut merupakan yang pertama kali di pasang pada mobil kompak besutan Suzuki. Selain itu, mobil tersebut juga telah terpasang safety kit berupa tampilan 3D 360 derajat.

Berbagai macam fitur andalan lainnya juga telah dipasang pada mobil Cross Bee ini seperti lampu depan yang telah mengadopsi teknologi LED, lampu kabut juga telah menggunakan LED, roda kemudi yang telah dilapisi kulit, velg roda berukuran 16 inchi dan berbagai fitur andalan lainnya.

Untuk harganya, Suzuki Jepang membanderol Cross Bee seharga 1,765,800 juta Yen atau sekitar Rp. 213 juta-an dan untuk varian tertingginya memiliki harga 2,145,960 juta Yen atau setara dengan Rp. 259 juta-an.

Mobil berkapasitas 5 penumpang tersebut diciptakan sebagai penunjang gaya hidup modern masyarakat perkotaan khususnya di negara Jepang mulai dari mobilitas sehari –hari di jalanan perkotaan maupun dalam penggunaan liburan jarak jauh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar