Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Rabu, 27 Desember 2017

Tips Jitu Cuci Motor Dengan Hasil Maksimal

Tips Jitu Cuci Motor Dengan Hasil Maksimal

Sebuah tampilan sepeda motor pastinya akan lebih keren jika terlihat bersih dan kinclong. Bagi pemilik sepeda motor pastinya ingin mendapatkan tampilan motor lebih bersih setiap hari, akan tetapi ketika digunakan untuk aktivitas luar pastinya tak bebas dari debu ataupun kotoran. Pada musim hujan misalnya, kondisi motor akan lebih mudah kotor karena cipratan air ketika melintas di jalan raya.

Untuk mengembalikan tampilan motor lebih bersih cobalah mencucinya secara teratur. Ada berbagai tahapan atau tips jitu cuci motor agar hasilnya terlihat maksimal, akan tetapi Anda perlu mempersiapkan beragam perlengkapan agar lebih mudah dalam proses membersihkannya.

Mungkin selama ini Anda jarang mencuci motor secara rutin bahkan saat musim hujan tiba oleh karena itu ada baiknya Anda lakukan cara-cara mudah untuk mencuci motor dengan hasil maksimal.

Tips Jitu Cuci Motor Hasil Maksimal

Sebagai satu cara untuk mengembalikan tampilan motor tetap bersih adalah mencucinya, akan tetapi pengendara harus memastikan dahulu semua perlengkapan sudah tersedia secara lengkap. Lalu apa saja perlengkapan yang harus dipersiapkan?
  • Ember, Persiapkan satu buah ember berukuran sedang atau jika tak punya bisa menggunakan selang air untuk membasuh sabun pada sepeda motor.
  • Sabun dan Shampo, Berikutnya dari tips jitu cuci motor diperlukan bahan penting berupa shampo dan sabun dimana kualitasnya harus yang terbaik agar hasilnya bisa maksimal. Jangan gunakan sabun colek ataupun sabun cuci piring karena dampaknya kurang baik terhadap bodi motor.
  • Spon Bersih, Untuk media pembersih cobalah memakai spon yang masih bersih atau bisa juga menggunakan kain khusus untuk membersihkan semua bagian motor.
  • Lap Kering, Anda juga wajib menyediakan lap kering untuk mengeringkan bodi motor sesudah dibersihkan memakai sabun khusus pembersih. Sebaiknya sediakan dua buah lap yang mana tujuannya untuk mengelap dari basah ke kering kemudian untuk membersihkan bodi motor saat kondisi kering.

Berikutnya akan kita ulas mengenai tips jitu cuci motor secara lengkap dan detail agar Anda bisa mengerti lebih jelas mengenai langkah-langkah tepat untuk mendapatkan tampilan sepeda motor yang lebih bersih. Bila selama ini Anda belum mengerti simaklah beberapa review atau langkah-langkah mencucinya berikut ini.

Langkah Pertama
Pada langkah pertama Anda bisa menyiram motor menggunakan air bersih pada bagian tertentu yang terlihat kotor. Perhatikan dalam proses penyiraman air karena harus menghindari beberapa bagian penting seperti mesin yang akan berakibat buruk jika terlalu lama terpapar air.
Setelah Anda menyiramkan air ke bagian tertentu, bersihkan di bagian kaca lampu depan hingga belakang sampai bersih. Proses pembersihan bagian lampu depan dan belakang harus dilakukan menggunakan spon atau lap khusus yang tidak memberi dampak lecet ke bagian luar lampu.

Langkah Ketiga
Bersihkan juga bagian jok motor secara maksimal. Untuk membersihkan bagian jok motor diperlukan langkah-langkah tepat yakni mencucinya di bagian luarnya saja jangan sampai ke bagian dalam karena akan memberi dampak kurang baik terhadap komponen di dalamnya. Cucilah jok motor namun jangan sampai busa masuk ke bagian dalam jok.

Langkah Keempat
Pada langkah keempat juga harus diperhatikan yakni cucilah bagian bodi motor secara detail. Untuk mencuci bagian bodi motor harus maksimal karena biasanya terdapat debu serta kotoral yang menempel. Biasanya dari cipratan air hujan yang telah kering cukup sulit dihilangkan sehingga harus mengusapnya beberapa kali agar tampilan bodi bisa lebih bersih. Jika sudah selesai di bagian bodi, tips jitu cuci motor selanjutnya bisa pindah ke bagian velg motor dan ban yang harus terlihat lebih bersih bahkan tampilannya seperti ban baru.

Langkah Kelima
Bersihkan juga bagian bawah motor dimana terdapat banyak kotoran yang menempel akibat dari banyaknya debu serta kotoran yang menempel. Memang cukup sulit dalam menghilangkan debu serta kotoran di bawah motor, akan tetapi masih bisa dibersihkan menggunakan sikat khusus. Proses menyikat juga tak boleh sembarangan, sebaiknya gunakan satu arah untuk menghindari lecet terlalu banyak. Sembari membersihkan kotoran di bagian bawah motor cobalah imbangi dengan menyemprotkan selang air ke bagian tersebut agar kotoran bisa cepat hilang.

Langkah Keenam
Jika semua bagian dirasa bersih barulah Anda menggunakan lap basah yang sudah dicampur memakai shampo khusus kemudian aplikasikan pada bagian bodi agar tampilannya lebih kinclong. Dalam tips jitu cuci motor satu ini harus dilakukan secara teliti jangan sampai proses mengelap malam justru membuat bodi mengalami lecet.

Langkah Ketujuh
Anda masih bisa melakukan beberapa langkah berikutnya yakni keringkan memakai lap kering dan bersih terutama di bagian bodi motor. Tidak hanya di bagian bodi motor saja, untuk bagian lainnya seperti speedometer ataupun ban juga harus dikeringkan lebih cepat untuk mencegah terjadinya karatan.

Langkah Kedelapan
Tips jitu cuci motor berikutnya masuk ke tahap finishing dimana prosesnya cukup mudah yakni hanya memakai lap kering kemudian tambahkan cream pengkilap khusus motor kemudian aplikasikan secara langsung ke semua bagian motor hingga tampilannya bertambah kinclong.

Cara-cara mudah untuk mencuci motor agar tampilannya kembali kinclong seperti baru memang harus dilakukan secara cermat. Sehingga dari tips jitu cuci motor dengan hasil maksimal akan memberi peluang besar kepada pengendara motor untuk mendapatkan tampilan lebih maksimal bahkan memberikan kesan seperti baru. Anda bisa menerapkan cara-cara di atas ke semua jenis motor kemudian lakukan secara rutin setidaknya selama 2 minggu ataupun 1 minggu sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar