Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Kamis, 28 Desember 2017

Tips Tepat dan Cermat Membeli Motor Bekas Berkualitas

Tips Tepat dan Cermat Membeli Motor Bekas Berkualitas

Tips Tepat dan Cermat Membeli Motor Bekas Berkualitas, Otomo.id - Kebutuhan sepeda motor di Indonesia kini terus bertambah seiring bertambahnya kebutuhan masyarakat mengenai alat transportasi
murah. Sepeda motor dari tahun ke tahun mengalami perkembangan dari sisi desain sampai spesifikasinya, sehingga dari seorang pengendara bisa mengalami satu dilemma ketika kelayakan motor sudah tak cocok dikendarai lagi. Opsi paling cepat adalah membeli motor baru, akan tetapi dari segi budget juga tak kecil, alhasil Anda bisa membeli motor bekas yang masih layak pakai.

Bagi para pengendara sepeda motor sendiri bisa mendapatkan motor bekas di berbagai gerai jual beli motor bekas terdekat. Akan tetapi tak hanya dari sisi merk dan harga saja, ada banyak pertimbangan yang wajib diperhatikan bagi para calon pembeli. Banyak orang mengatakan dalam membeli sepeda motor bekas memang butuh banyak pertimbangan agar dari segi usia motor bisa lebih lama.
Baca Juga : Beli Motor Bekas Dengan Sistem Kredit? Ketahui Tips Penting Ini !
Alasan kenapa banyak orang membeli sepeda motor bekas adalah masalah ekonomi, oleh sebab itu dalam membelinya tak boleh sembarangan. Oleh sebab itu bagi Anda yang sedang merencakan membeli motor bekas sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini.

Tips Cermat dan Tepat Membeli Motor Bekas

Dalah membeli sepeda motor bekas ada berbagai macam pertimbangan yang harus diperhatikan bagi setiap calon pembeli, jika Anda berhasil menerapkannya maka dari produk motor sudah bisa dikatakan layak jalan bahkan dari segi harga juga sesuai.

1. Selalu Cek Harga Pasaran
Pada cara pertama cobalah cek harga pasaran di satu varian motor di berbagai media. Anda bisa melihat daftar harga dari satu merk motor di berbagai media website internet terutama dari tema otomotif yang mana sampai sekarang bisa memberikan keuntungan lebih cepat. Tuliskan saja ke mesin pencari mengenai satu merk motor kemudian cek harga baru dan versi bekasnya. Dari situlah Anda bisa melihat berbagai macam harga yang dibagi dalam regional tertentu ataupun lokasi. Jadi untuk membeli sepeda motor bekas sangat butuh referensi mengenai harga pasarannya, sehingga Anda wajib mengamatinya secara detail.

2. Cek Detail Kondisi Fisik Motor
Berikutnya ada tahapan penting sebelum Anda membeli motor bekas yakni selalu cek kondisi fisik motor. Rata-rata dari kondisi motor bekas memiliki baret di bagian bodi motor ataupun di bagian spion. Oleh karena itu dari bagian penting seperti part mesin ataupun bodi dan bagian lainnya harus tersedia secara utuh tidak ada kecacatan. Jika terdapat masalah pada bodi yang terlihat kurang bersih ataupun komponen tak sempurna bisa Anda jadikan senjata melakukan penawaran harga.

3. Cek Nomor Mesin dan Rangka Motor
Mengenai tips penting saat Anda membeli sepeda motor bekas adalah selalu cek dari nomor rangka beserta mesin motor. Biasanya dari nomor rangka mesin dan rangka sudah tertera di STNK ataupun BPKB, sehingga akan lebih mudah dipastikan jika kedua dokumen tersebut sudah tersedia dari pihak dealer. Nomor rangka dan mesin sangatlah penting diperhatikan karena bisa mencegah terjadikan modifikasi kotor yang dilakukan oleh para dealer nakal.

4. Selalu Cek Kondisi Oli Motor
Hal penting berikutnya dalam cara membeli motor bekas adalah selalu cek kondisi oli motor. Selalu lihat indikator oli pada mesin dimana ukurannya tidak berlebihan. Jika Anda melihat kadar oli mesin terlalu berlebihan maka dari segi suara mesin tidak terdengar halus. Dari situlah performa motor bisa dikatakan sudah tak maksimal karena kualias dari oli mesin sudah tak bagus.

5. Cobalah Hidupkan Mesin Motor
Cara berikutnya dalam membeli motor bekas cobalah menghidupkan mesin motor. Dari bagian stasioner ataupun langsam mengalami masalah ataupun tidak. Biasanya pada putaran mesin 1500rpm kualitas mesin yang baik akan terlihat bahkan Anda masih bisa mendapati masalah dalam mesin ketika menyalakannya.

6. Selalu Cek Speedometer
Ada bagian penting lainnya dalam cara membeli sepeda motor bekas yakni selalu mengecek speedometer. Biasanya komponen motor satu ini tidak diperhatikan secara detail karena tak terlalu penting. Akan tetapi rata-rata dari produk sepeda motor bekas mengalami satu gangguan pada speedometer mulai dari terdapat retak pada lapisan kaca, ataupun hitungan jarak yang harus diamati secara detail. Sebaiknya jangan beli motor bekas dengan jarak speedometer di atas 20.000km karena kualitas mesin biasanya harus ada yang diganti.

7. Cek Rotasi Perpindahan Gigi Motor
Mungkin pada saat membeli motor bekas tak banyak yang memperhatikan dari sektor perpindahan gigi. Rata-rata dari sulit tidaknya memindahkan gigi menjadi faktor kenapa seseorang tak jadi membeli motor bekas tersebut, sehingga saat Anda mengecek motor satu persatu dibutuhkan ketelitian dalam melihat normal tidaknya perpindahan gigi motor. Jika terlihat sulit maka dari kondisi kopling hingga performa mesin sudah tak bagus lagi.
Baca Juga : Fungsi Knalpot Sepeda Motor Yang Tidak Kalah Penting
8. Cek Kelistrikan Motor
Pada tahap selanjutnya juga wajib diperhatikan yakni kelistrikan motor apakah masih bagus atau tidak. Komponen kelistrikan bisa beragam seperti lampu motor baik depan maupun belakang, lampu sein, kondisi starter, klakson, hingga kondisi aki apakah masih normal atau tidak. Selalu cek komponen listrik saat membeli motor bekas bisa memberi dampak baik terhadap kenyamanan pengendara.

9. Cek Kondisi Roda Motor
Anda mungkin bisa mengecek bagian roda motor apakah masih berputar dengan normal ataupun tidak. Sudah pasti bagian roda belakang ataupun depan menjadi modal utama mendapatkan kenyamanan. Oleh sebab itu Anda wajib mengeceknya secara detail.

Sampai sekarang banyak pembeli masih belum melakukan cara-cara di atas dimana sangat penting menjadi modal utama saat membeli motor bekas. Maka dari itu Anda harus melakukan cara-cara mudah di atas karena dari manfaatnya sangat baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar