Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Jumat, 15 Desember 2017

Toyota Dan Panasonic Bekerjasama Mengembangkan Baterai Prismatik Untuk Mobil Listrik

Toyota Dan Panasonic Bekerjasama Mengembangkan Baterai Prismatik Untuk Mobil Listrik

Toyota Motor Corporation mengumumkan kerjasamanya dengan Panasonic Corporation yang sama – sama berasal dari negeri matahari terbit Jepang untuk mempelajari dan mengembangkan baterai sel prismatik yang nantinya akan digunakan pada mobil – mobil listrik produksi Toyota.

Kesepakatan kerjasama kedua korporasi tersebut merupakan lanjutan dari hubungan bisnis mereka yang sudah terjalin sejak tahun 1953 silam. Studi tersebut memiliki tujuan untuk menemukan solusi dari isu yang berkembang dimasyarakat terkait polusi udara, pemanasan global, serta semakin menipisnya sumber daya alam dan juga isu tentang ketahanan energi.

Selain itu, kerjasama ini juga memiliki tujuan untuk mewujudkan terciptanya sebuah sumber energi terbarukan berkualitas tinggi yang dapat digunakan sebagai sumber tenaga penggerak mobil ramah lingkungan khususnya mobil listrik dimasa mendatang.
Baca Juga : Mobil Yang Bisa Mencegah Serangan Jantung Akan Dirancang Oleh Toyota
Untuk urusan pengembangan teknologi baterai, Panasonic memiliki pengalaman dan kemampuan dalam menciptakan baterai berkualitas tinggi dan produk – produk baterainya sudah dipercaya di seluruh dunia sejak dulu.

Toyota menyadari bahwa memiliki mitra yang hebat seperti Panasonic akan membuat ambisi kedua korporasi dalam menciptakan baterai dengan performa tinggi serta memiliki harga yang bersaing dan tingkat keamanan produk yang baik akan mudah tercapai.

Selain itu, ambisi besar Toyota yang ingin menguasai pasar otomotif khususnya mobil bertenaga listrik dalam beberapa tahun kedepan juga menjadi salah satu faktor pemicu terjalinnya kerjasama lanjutan ini.

Jenis baterai yang memiliki sel prismatik dianggap memiliki banyak keunggulan seperti lebih tahan goncangan, tahan terhadap suhu panas yang tinggi serta tidak mudah melembung atau meledak. Semua kelebihan itu membuat kedua perusahaan memiliki tekad yang kuat dalam pengembangan dan penyempurnaan baterai sel prismatik tersebut.

Panasonic telah memposisikan baterai jenis lithium-ion sebagai salah satu lini bisnis utamanya, dan banyak produsen otomotif dunia mempercayakan baterai buatan Panasonic sebagai sumber energi yang dipasangkan pada kendaraan listrik buatan mereka.

Teknologi pembuatan baterai berkualitas yang dimiliki oleh Panasonic juga akan diterapkan pada jenis baterai solid-state yang sedang dikembangkan oleh Toyota untuk diterapkan pada mobil listrik buatannya pada tahun 2020 nanti. Toyota mengklaim baterai solid-state buatannya akan memiliki waktu pengisian yang lebih cepat dan mampu memiliki jarak tempuh yang lebih jauh serta yang paling penting adalah jauh lebih aman untuk digunakan jika dibandingkan dengan teknologi baterai lithium-ion yang ada saat ini.

Jika dibandingkan dengan para pesaingnya, sebenarnya Toyota bisa dibilang agak terlambat dalam pengembangan mobil bertenaga listrik atau electric vehicle (EV) ini. Namun demikian, Toyota tetap memiliki impian besar untuk dapat menjual kendaraan bertenaga listrik termasuk mobil hibrida sebanyak 50% dari total penjualannya pada tahun 2030 nanti. Dan perusahaan tersebut sedang berusaha meningkatkan penjualan mobil jenis hibrida hingga mencapai 4,5 juta unit pada tahun 2030 nanti.
Baca Juga : Produsen Mobil Toyota Bersiap Memproduksi Mobil Listrik di China
Untuk sekedar diketahui, produsen mobil yang juga berasal dari negeri sakura Jepang yaitu Nissan Motor Co, telah berhasil menjual sekitar 300.000 unit mobil listrik Nissan Leaf sejak peluncuran pertamanya di tahun 2010 yang lalu. Sedangkan Tesla Motors Inc yang berasal dari Amerika telah berhasil menghadirkan lebih dari 250.000 kendaraan listrik mereka ke pada dunia sejak tahun 2008.

Sementara itu, sejak tahun 1996 Toyota dan juga Panasonic telah memiliki usaha patungan yang mereka namakan dengan Primeearth EV Energy Co yang memproduksi baterai jenis lithium-ion serta nikel-logam hibrida untuk mobil Toyota. Dengan demikian, kerjasama lanjutan yang baru saja mereka umumkan ini akan menyempurnakan temuan – temuan mereka sebelumnya terutama dalam pengembangan baterai bersel prismatik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar