Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Selasa, 26 Desember 2017

Wuling Cortez Siap Menebar Ancaman Di Indonesia

Wuling Cortez Siap Menebar Ancaman Di Indonesia

Wuling Cortez Siap Menebar Ancaman Di Indonesia, Otomo.id
- Di penghujung tahun 2017 ini, pabrikan otomotif asal negeri tirai bambu Wuling Motors mulai mengungkap mobil andalan terbaru mereka. Setelah sukses meluncurkan mobil low MPV Wuling Confero, kini mereka mulai mempersiapkan mobil baru mereka untuk pasar otomotif tanah air. Untuk mobil kedua ini masih tetap memiliki jenis MPV tetapi dengan kelas yang lebih tinggi.

Mobil MPV yang akan segera meluncur tahun 2018 mendatang bernama Wuling Cortez dengan menggendong mesin 1.8 liter. Berbagai fitur mumpuni telah disematkan pada Wuling Cortez tersebut untuk memikat para konsumen otomotif Indonesia. Mobil yang di gadang – gadang sebagai pesaing Toyota Innova tersebut, tak lama lagi siap menebar ancamannya bagi para pesaingnya yang telah hadir lebih dulu di Indonesia.

Dengan kemungkinan pemberian banderol harga yang lebih murah bila dibandingkan dengan mobil medium MPV sekelasnya, maka Wuling Cortez layak untuk di tunggu kehadirannya. Tak hanya masalah harga saja, ternyata Wuling Cortez tersebut juga memiliki fitur – fitur andalan yang mengagumkan. Apa saja kelebihan dari mobil Wuling terbaru ini, mari kita simak ulasan singkatnya berikut ini.
Baca Juga : Mobil Terbang Switchblade Produksi Samson Motors Siap Mengudara Tahun Depan

Mesin Wuling Cortez Sangat Bertenaga

Yang akan kita bahas untuk pertama kalinya adalah di sektor mesinnya. Seperti yang telah kami ungkapkan diatas, mobil Wuling Cortez tersebut mengusung mesin berbahan bakar bensin dengan kubikasi sebesar 1.800 cc. Kubikasi mesin tersebut jelas lebih besar jika dibandingkan dengan Wuling Confero yang hanya dibekali dapur pacu sebesar 1.5 liter saja.

Di negeri asalnya mobil ini memiliki nama Wuling Baojun, tetapi ketika di jual untuk pasar otomotif tanah air PT. SGMW Motor Indonesia yang merupakan Agen Pemegang Merk (APM) mobil Wuling di Indonesia mengubahnya dengan nama Wuling Cortez.

Seperti yang kami kutip dari situs resmi Wuling Indonesia, nama Cortez memiliki padanan kata atau sinonim dalam bahasa inggris yang berarti respectful, graceful, serta courteous. Dengan perpaduan dari nilai – nilai itulah akhirnya Wuling dengan bangga mempersembahkan Cortez sebagai mobil MPV pilihan baru bagi konsumen otomotif tanah air.

Mobil wuling Cortez ini mampu memproduksi tenaga maksimal hingga 129 HP pada putaran mesin 5.600 RPM dan memiliki torsi maksimal sebesar 174 Nm pada kisaran 3.600 RPM hingga 4.600 RPM. Mesin sebesar 1.800 cc tersebut dipadukan dengan transmisi berjenis i-AMT ( intelligent Automated Mechanical Transmission ).

Selain bertansmisi otomatis, kabarnya Wuling Cortez juga akan tersedia dengan varian transmisi manual 6 percepatan. Dengan tenaga sebesar itu, mobil tersebut sudah tergolong memiliki kemampuan yang mumpuni untuk dijadikan mobil pilihan dalam menjelajah jalanan di Indonesia.

Wuling Cortez Dibekali Berbagai Macam Fitur Andalan

Vice President VSSM Wuling Motors, Cindy Cai mengatakan bahwa Cortez dihadirkan sebagai pilihan baru bagi konsumen otomotif Indonesia pada kelas MPV. Wuling Cortez yang merupakan calon lawan tangguh bagi mobil medium MPV di Indonesia ini memiliki slogan The New Choice of MPV yang akan dihadirkan bagi para pecinta otomotif tanah air serta akan memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik.

Dengan bermodalkan semangat itulah maka mobil medium MPV berkapasitas 7 penumpang (captain seat) tersebut pada akhirnya dijejali dengan berbagai macam fitur – fitur andalan. Salah satu fitur andalan dari Wuling Cortez ini adalah Automatic Vehicle Holding (AVH) yang memiliki fungsi sebagai penahan posisi mobil atau merupakan sistem pengereman otomatis agar mobil tersebut tetap berhenti dengan sempurna baik dalam kondisi jalanan yang menanjak, menurun maupun dalam keadaan jalan yang datar.

Selain itu, mobil terbaru dari Wuling ini juga telah dibekali dengan fitur Electronic Stability Control (ESC) yang memiliki fungsi untuk menjaga mobil agar tidak oleng atau tetap dalam keadaan stabil sewaktu kendaraan tersebut melaju. ESC ini akan berfungsi secara otomatis menjaga kestabilan laju kendaraan ketika adanya indikasi sang pengemudi mengalami kehilangan kendali.

Sebagai tambahan fitur keselamatan yang lebih mumpuni, maka mobil Wuling Cortez ini telah dibekali sistem Anti-lock Braking System (ABS), kemudian Electronic Brake Force (EBF), dan tak ketinggalan disematkan pula fitur Brake Assist (BA). Fitur – fitur tersebut merupakan kombinasi dari sistem pengereman yang canggih dan mutakhir sehingga dapat mencegah roda terkunci ketika pedal rem diinjak dan juga dapat menjaga agar pengendara tidak kehilangan kendali ketika berjalan melalui permukaan yang licin.
Baca Juga : Inilah Tesla Semi, Truk Bertenaga Listrik Dengan Kemampuan Jelajah Mencapai 500 Mil
Selain itu, kombinasi dari ketiga fitur tersebut juga akan mendistribusikan gaya pengereman kendaraan secara merata yang pada akhirnya akan membuat daya pengereman menjadi lebih maksimal. Mobil Wuling Cortez ini juga telah tersemat fitur kamera belakang yang akan membantu pengendara lebih mudah memarkirkan kendaraan. Fitur parkir ini telah dibekali dua buah sensor dibagian depan dan 4 buah sensor yang diletakkan dibagian belakang kendaraan.

Untuk semakin memanjakan calon konsumennya, pihak Wuling juga telah membekali Cortez dengan sunroof yang biasa terdapat pada mobil – mobil mewah. Dibagian dasboardnya telah tersedia port USB sebanyak tiga buah yang akan memudahkan penumpangnya mengisi daya ponsel maupun digunakan untuk keperluan lainnya.

Layar sentuh berukuran 8 inchi juga hadir pada wuling Cortez ini sehingga memudahkan pengendara untuk mengatur sistem audio mobil. Panel yang tersedia juga dapat terkoneksi dengan smartphone pengendara serta telah mendukung sistem navigasi.

Dengan segala kelebihan yang dimiliki oleh Wuling Cortez tersebut, maka hal itu sudah cukup untuk menebar ancaman kepada para lawan – lawannya yang sudah hadir terlebih dahulu di Indonesia. Tapi sayangnya pihak Wuling Indonesia belum mengumumkan harga resmi dari Wuling Cortez tersebut.

Namun demikian, beberapa pengamat memprediksi bahwa mobil terbaru dari Wuling tersebut akan memiliki harga yang lebih murah dari para pesaingnya, dan kemungkinan akan dilepas pada kisaran harga Rp.200 juta-an. Untuk lebih jelasnya, kita tunggu saja kehadirannya pada kuartal pertama tahun 2018 mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar