Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Rabu, 13 Desember 2017

Ternyata Yamaha Masih Menjual Sepeda Motor 2 Tak Di Malaysia

Ternyata Yamaha Masih Menjual Sepeda Motor 2 Tak Di Malaysia

Jajaran sepeda motor dua langkah atau dua tak yang dulu pernah berjaya di Indonesia, kini mulai terkubur oleh perkembangan jaman yang dibanjiri oleh teknologi sepeda motor empat langkah. Hal ini dikarenakan sepeda motor dua tak dinilai sudah tak layak untuk digunakan lagi . Karena selain memiliki suara yang bising, sepeda motor dua langkah juga sangat boros bahan bakar dan berdampak besar pada pencemaran lingkungan.

Jika dinilai dari sisi kemampuan, sebenarnya sepeda motor 2 langkah memiliki performa yang luar biasa. Dengan mesin berkubikasi kecilpun sepeda motor 2 tak mampu menghasilkan tenaga yang terbilang cukup besar serta jauh diatas tenaga yang dihasilkan sepeda motor bermesin empat langkah dengan ukuran cc yang sama.

Tapi daya jelajah sepeda motor empat langkah masih lebih tangguh bila dibandingkan sepeda motor 2 tak yang sering kehilangan tenaga ketika mengalami panas yang berlebihan dan ketika di ajak berpetualang jarak jauh. Hal tersebut akhirnya juga berpengaruh terhadap berpindahnya selera konsumen sepeda motor 2 tak kepada sepeda motor 4 tak.
Baca Juga : Yamaha NMAX Edisi 2018 Akhirnya Resmi Diluncurkan
Namun demikian, ternyata Yamaha yang merupakan pabrikan sepeda motor asal Jepang masih menjual salah satu produk motor 2 tak andalannya untuk pasar Malaysia. Berbeda dengan di Indonesia, pemerintah Malaysia masih mengijinkan beredarnya sepeda motor jenis 2 tak dengan beberapa ketentuan yang berlaku disana.

Diler sepeda motor Yamaha di negeri tetangga tersebut masih menjual salah satu sepeda motor 2 tak yaitu Yamaha 125 ZR. Walaupun sepeda motor ini memiliki kubikasi mesin yang kecil dan hanya berbentuk sepeda motor bebek, tetapi tenaga yang dihasilkan tidak bisa dipandang sebelah mata.

Yamaha 125 ZR tercatat memiliki kemampuan mengeluarkan tenaga maksimal hingga mencapai 12.8 kW atau sekitar 17 HP pada putaran 8.000 RPM. Sedangkan untuk torsinya, sepeda motor tersebut memiliki torsi sebesar 16.1 Nm pada putaran 7.500 RPM. Jika kita cermati, torsi yang dimiliki oleh Yamaha 125 ZR tersebut mampu mengalahkan sepeda motor 4 langkah ber kubikasi 150cc.

Sebagai contohnya, Yamaha R15 hanya memiliki torsi sebesar 14,7 Nm pada 8.500 RPM. Sedangkan Yamaha Xabre yang juga memiliki kapasitas mesin 150 cc masih kalah telak jika dibanding dengan Yamaha 125 ZR baik untuk tenaga maupun torsinya.

Sepada motor satu silinder ini memiliki transmisi 6 percepatan serta memiliki perbandingan kompresi yang bisa dibilang sangat rendah yaitu 6.5:1 saja. Dengan demikian, sepeda motor tersebut masih sangat aman untuk menenggak bensin jenis premium tanpa mengalami kendala penurunan tenaga mesin.

Untuk meredam gas buang yang buruk, HongLeong Yamaha Motor Malaysia telah membekali sepeda motor tersebut dengan tabung konverter katalis atau catalytic converter pada knalpotnya. Tabung katalis tersebut berfungsi menyaring gas buang ataupun polutan sebelum dikeluarkan ke udara bebas sehingga hasil emisi gas buangnya dapat ditekan menjadi sekecil mungkin. Fitur tersebut diklaim mampu menyaring gas buang berbahaya hingga mencapai 50 %.
Baca Juga : Motor Listrik Yanaha E-Vino Mulai Diperkenalkan Untuk Pasar Indonesia
Yamaha Malaysia mengkalim komponen katalis yang ramah lingkungan tersebut bebas perawatan dan merupakan yang pertama dipasang pada motor dikelasnya. Untuk pengeremannya, Yamaha Motor Malaysia telah melengkapinya dengan perangkat rem cakram depan dan belakang.

Jadi bagi para penggila kecepatan di negeri Jiran tersebut masih bisa merasakan beringasnya tarikan sepada motor 2 tak yang sangat legendaris. Untuk di Indonesia sendiri walaupun sudah tidak ada produsen sepeda motor yang menjual motor 2 tak dalam kondisi baru, tetapi masyarakat pecinta sepeda motor 2 tak masih bisa membelinya dalam kondisi bekas seperti Yamaha RX King, Kawasaki Ninja 150 dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar