Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Selasa, 30 Januari 2018

5 Lampu Indikator Dashboard Wajib Anda Perhatikan

5 Lampu Indikator Dashboard Wajib Anda Perhatikan

OTOMO.ID
- Spesifikasi mesin hingga performa dari semua komponen di sebuah mobil ternyata bisa diawasi dalam bagian dashboard. Perlu diketahui bahwa dari adanya fitur lampu indikator dashboard mampu memberikan informasi secara detail mengenai beberapa tanda bahwa ada kerusakan ataupun sesuatu yang tidak normal. Sampai detik ini banyak pengendara mobil belum memperhatikan secara detail mengenai konsep dari lampu indikator tersebut, bahkan tidak dipahami secara detail.

Pada mobil era modern seperti sekarang sudah banyak menghadirkan inovasi terbaru mengenai informasi-informasi pada bagian tertentu melalui lampu indikator. Oleh sebab itu bagi pengendara harus mengetahui secara pasti mengenai kemungkinan penyebab lampu indikator menyala.

5 Lampu Indiktaor Dashboard Wajib Anda Perhatikan

Dari sebuah mobil terdapat beberapa lampu indikator yang berada di bagian dashboard, bagi pengendara wajib mengetahui apa saja fungsi serta tanda-tanda ketika lampu tersebut menyala. Berikut ini ada informasi detail di setiap tipe lampu indikator agar Anda bisa mengantisipasi jika terjadi masalah.

1. Lampu Indikator Tekanan Oli
Pertama cobalah lihat dari lampu indikator tekanan oli dimana akan menyala jika terjadi tekanan oli mesin berkurang ataupun terlalu rendah. Jika terjadi tekanan oli mesin terlalu rendah maka sirkulasi hingga proses pelumasan komponen mesin tidak terjadi secara maksimal. Jika lampu indikator tekanan oli menyala cobalah matikan mesin kemudian periksa oli pada bagian dipstick oli. Ada beberapa kemungkinan jika lampu indikator dashboard bagian oli mesin menyala diantaranya:
  • Terjadi kerusakan pada pompa oli
  • Kadar oli di dalam mesin terlalu sedikit karena proses penggunaan terlalu lama ataupun terjadi kebocoran
  • Kadar viskositas oli terlalu rendah
  • Terjadi kerusakan pada alat pengukur tekanan oli atau Oil Pressure Switch
Bagi pengendara yang mengabaikan informasi dari lampu indikator tekanan oli kemudian memaksakan kendaraan melaju maka akan membuat kerusakan cukup parah di beberapa komponen mesinnya. Maka dari itu perhatikan secara detail agar tidak terjadi kerusakan lebih fatal.

2. Lampu Indikator Pengisian Baterai
Masih ada lampu indikator yang bisa menyala di bagian dashboard mobil salah satunya pengisian baterai. Biasanya terdapat lambang berupa baterai akan menyala dimana memberikan tanda bahwa pengisian alternator terlalu rendah. Pada saat mobil hidup sekitar 20-30 menit maka tegangan baterai masih bisa memberikan daya bahkan pada saat mesin berhenti berputar sekalipun. Akan tetapi pada kualitas baterai kurang baik juga memberikan tanda lampu indikator bisa menyala. Ada kemungkinan yang membuat lampu indikator pengisian baterai bisa menyala diantaranya:
  • Perangkat alternator terjadi kerusakan
  • Komponen fan belt atau serpentine belt mengalami putus
  • Kondisi kabel baterai kendor atau mengalami korosi
Ada solusi cepat untuk mengatasi masalah bagian lampu baterai menyala yakni buka kap mesin kemudian periksa bagian drive belt. Cek kondisi drive belt apakah sudah terpasang baik ataupun mampu memutar alternator pada putaran stabil. Jika bagian fan belt tidak ada masalah maka bagian sistem pengisian memerlukan analisa bahkan perbaikan lebih lanjut.
3. Bagian Lampu Indikator Temperatur Mesin
Berikutnya masih ada lampu indikator dashboard dimaan menunjukkan temperature mesin. Jika kondisi mesin terlalu panas maka dari lampu indikator khusus mesin akan menyala. Oleh karena itu jangan paksakan tetap berjalan ketika mesin mengalami overheat. Jika tetap memaksa berjalan maka kerusakan mesin bisa lebih parah seperti katup macet, piston meleleh, cylinder head mengalami retak ataupun melengkung. Untuk mengatasi masalah terhadap performa mesin terlalu panas adalah menghentikan kendaraan lalu matikan mesin dan buka bagian kap mesin. Cek kondisi air radiator, selang radiator ataupun radiatornya sendiri. Jangan lupa cek kadar air radiator di dalam tangki cadangan atau reservoir tank.

Tidak disarankan membuka reservoir tank ketika mesin masih panas, sebaiknya tunggu hingga 30 menit agar suhu di mesin lebih dingin. Uap panas di dalam mesin bisa memberi dampak kurang baik terhadap kulit tubuh Anda, maka dari itu jangan sekali-kali membuka tutup radiator. Namun masih ada beberapa kemungkinan kenapa lampu indikator dashboard bagian mesin menyala diantaranya:
  • Kadar air radiator berkurang
  • Bagian kipas radiator bermasalah
  • Water pump rusak
  • Putusnya fan belt
  • Terjadinya kebocoran radiator
  • Thermostat macet
  • Tidak keluarnya gas buang
4. Indikator Peringatan Rem
Ada satu lagi lampu indikator yang wajib diketahui pengendara mobil yakni peringatan rem. Ketika kondisi rem ataupun minyak rem mengalami masalah seperti kehilangan tekanan hidrolis akan membuat sistem rem kurang maksimal. Maka dari itu pada saat berkendara terlihat pada bagian lampu indikator rem menyala cepatlah lakukan pengecekan untuk mencegah terjadinya masalah serius. Ada beberapa kemungkinan terjadi ketika lampu indikator rem menyala diantaranya:
  • Berkurangnya minyak rem karena terjadi kebocoran terutama di komponen sistem rem ataupun di bagian caliper, master cylinder, wheel cylinder, ataupun brake lines.
  • Terjadinya kerusakan switch minyak rem
  • Performa rem tangan ataupun rem parkir tidak sempurna
  • Rem parkir mengalami kerusakan.
Jadi sebisa mungkin Anda lakukan upaya pencegahan dengan cara mengecek secara berkala agar performa rem tidak mengalami masalah.

5. Indikator Tekanan Ban
Terakhir ada satu lampu indikator dashboard yang menunjukkan performa dari tekanan ban. Jika lampu indikator tekanan ban menyala maka dari tekanan angina di dalam ban mengalami penyusutan setidaknya mencapai 25%. Ketika Anda berkendara pada keadaan ban bertekanan rendah akan memberi resiko tinggi terutama terjadinya ban meletus ataupun meledak. Ada dua kemungkinan ketika lampu indikator tekanan ban menyala yakni kekurangan angina, hingga kerusakan pada sensor TPMS. Oleh sebab itu selalu periksa tekanan ban pada keadaan dinginkemudian sebelum mobil berjalan.

Berbagai macam lampu indikator dashboard sangat penting dipahami agar nanti tidak mengalami masalah pada saat berkendara. Jika selama ini Anda belum memperhatikan secara detail cobalah melihat dari ulasan di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar