Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Sabtu, 06 Januari 2018

Cara Mengenali Jika Filter Bahan Bakar Mobil Anda Bermasalah

Cara Mengenali Jika Filter Bahan Bakar Mobil Anda Bermasalah

Cara Mengenali Filter Bahan Bakar Mobil Buruk, Otomo.id
- Filter bahan bakar di mobil Anda bertanggung jawab menjaga mesin Anda bersih dari kotoran dan gangguan. Ini karena kotoran bisa masuk saat Anda membuka tutup tangki bahan bakar untuk memompa gas. Potongan kotoran yang tidak mungkin besar akan masuk ke dalam tangki, namun sedimen yang terbentuk dari bahan bakar itu sendiri perlu dilepas. Jika tidak, kotoran tersebut dapat menyebabkan pompa bahan bakar dan injektor tersumbat saat partikel masuk ke sistem. Filter bahan bakar mengumpulkan partikel-partikel ini, biasanya dalam bentuk concertina yang terbuat dari kertas. Anda perlu melihat bagaimana mengetahui apakah filter bahan bakar mobil Anda bermasalah atau buruk.

Ciri - Ciri Filter Bahan Bakar Mobil Bermasalah

1. Starter Mesin Dengan Susah Payah
Biasanya ini adalah tanda utama yang mengindikasikan bahwa filter bahan bakar mobil Anda buruk atau ada masalah. Saat Anda memutar kunci (atau menekan tombol) di kunci kontak, mobil mungkin macet beberapa kali sebelum starter. Ini bahkan mungkin tidak bisa di starter sama sekali. Filter bahan bakar mobil mungkin sudah tersumbat sehingga bahan bakar bahkan tidak sampai ke mesin sama sekali. Jika ini terjadi tidak ada bahan bakar yang bisa terbakar dan mesin tidak akan menyala. Mungkin Anda harus memeriksa filter bahan bakar mobil Anda dan segera untuk membersihkannya.

Ada alasan lain untuk pengapian tidak segera bekerja atau sama sekali. Baterai mungkin mati atau keadaan koneksi yang longgar. Jika semua yang Anda dengar adalah suara "klik", mungkin ini masalahnya. Bisa jadi ada hubungannya dengan kunci kontak itu sendiri atau bahkan kunci kemudi.
Baca Juga : Apa Arti Overdrive Pada Mobil Otomatis?
2. Mesin Suka Mati Tiba - Tiba
Bahkan jika mobil Anda sudah bisa di starter, tapi kadang mesinnya mati secara tiba-tiba saat sedang mengendarainya, terutama saat Anda melintasi tanjakan. Hal ini menunjukkan bahwa bahan bakar yang cukup tidak sampai ke mesin mobil agar tetap beroperasi, sehingga menyebabkan mesin macet. Hal ini terutama terjadi jika filter bahan bakar mobil sudah tersumbat oleh puing-puing baru di dalam tangki. Salah satu alasan utama filter bahan bakar Anda menjadi begitu tersumbat berasal dari mengendarai mobil dengan posisi kosong (misalnya saat lampu "tidak menyala" di dasbor). Hal ini karena kotoran dan sedimen jatuh ke bawah dan pompa bahan bakar memiliki akses lebih besar terhadapnya. Pastikan Anda mengisi segera setelah lampu ini menyala. Lebih baik lagi, jangan biarkan bahan bakar Anda turun begitu rendah sehingga hal ini terjadi di tempat pertama.

3. Masalah Dengan Akselerasi
Terkadang mesin mungkin menyala dengan baik, tapi mungkin tidak berakselerasi. Atau Anda merasa ada yang aneh saat Anda mencoba menekan pedal gas. Terkadang bahkan mungkin mengalami sindrom slow-down saat Anda menyetir dengan kecepatan tertentu. Hal ini terjadi karena mesin tidak mendapatkan cukup untuk menjalankan lebih cepat. Jika begitu, tidak masalah seberapa keras Anda menginjak pedal gas, kecepatannya tidak meningkat dan tetap sama. Periode ini biasanya tidak akan berlangsung lama karena akan segera mulai macet atau bahkan tidak bergerak sama sekali.

4. Perhatikan Asap Knalpot Mobil
Asap knalpot yang berasal dari mesin mobil Anda mungkin terlihat seperti awan mendung dan gelap. Ini menunjukkan bahwa filter bahan bakar mobil Anda perlu dibersihkan atau diganti. Anda mungkin merasakan bau yang tidak biasa yang berasal dari knalpot Anda, yang merupakan pertanda bahwa filter bahan bakar Anda kotor dan tersumbat, hal ini perlu diperiksa. Sering macet juga menunjukkan fungsi filter bahan bakar Anda yang tidak semestinya.

Ada alasan lain mengapa asap bisa berasal dari exhaus t Anda. Bisa jadi masalah dengan bocornya anti pembekuan atau pendingin. Jika asapnya kental dan putih, ini bisa jadi sedikit lebih serius seperti masalah dengan paking piston atau retak. Jika ini yang terjadi, Anda harus segera membawanya ke bengkel karena mungkin berbahaya untuk dikendarai.

5. Sputtering
Terkadang mesin mobil Anda mungkin macet saat Anda mengemudikannya pada kecepatan rendah atau dalam kondisi ketika filter bahan bakar memiliki penyumbatan kecil. Ini menunjukkan dimulainya filter bahan bakar tersumbat, Anda mungkin perlu menggantinya sepenuhnya. Jadi, jika Anda mengalami sputtering semacam itu, lebih baik menganggapnya sebagai tanda awal filter bahan bakar mobil yang bermasalah atau buruk, dan segera memperbaikinya.
Baca Juga : Perbedaan Mobil Hybrid dan Mobil Listrik
Jika Anda perlu memeriksa filter bahan bakar mobil Anda, ada cara untuk melakukannya. Anda perlu mengeluarkannya dari casingnya dan melihat-lihat tipe apa itu. Beberapa dari filter bahan bakar memiliki penutup plastik bening. Dari sini Anda akan bisa melihat seberapa bersih atau kotor filternya. Filter kertas yang disatukan sering kali berwarna kuning pucat atau krem. Jika Anda melihat bahwa itu gelap dan kotor, maka akan jelas bahwa filter bahan bakar Anda buruk. Namun, jika Anda memiliki filet buram yang lebih mungkin, Anda perlu mengeluarkannya dan melihatnya.

Salah satu cara untuk memeriksa apakah filter bahan bakar mobil bermasalah adalah meniupkan udara dari satu ujung ke ujung lainnya. Jika ada akumulasi kotoran, Anda akan melihat kekacauan hitam keluar dari ujung yang berlawanan. Trik yang serupa adalah mengeluarkannya dan menghentikannya di permukaan yang lembut. Jika kotor, Anda akan melihat gunk keluar dari situ. Jangan lakukan pada permukaan yang keras meskipun Anda menekan dengan lembut. Ini karena jika Anda melakukannya di dekat sesuatu dengan kemungkinan bercampur, Anda bisa berakhir menyalakan bahan bakar yang masih ada di saringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar