Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Senin, 29 Januari 2018

Perawatan Tak Perlu di Sebuah Mobil Modern Saat Ini

Perawatan Tak Perlu di Sebuah Mobil Modern Saat Ini

OTOMO.ID
- Keberadaan mobil di negara-negara besar seperti Indonesia kini sangat dibutuhkan karena menjadi satu alat transportasi umum terbaik. Kini perkembangan dari sebuah mobil keluarga terbilang cepat bahkan dalam beberapa dekade muncul inovasi teknologi menarik yang membuat pengendara serta penumpang lebih nyaman. Mungkin Anda sering mendengar tentang teknologi penghemat bahan bakar serta memberikan dampak tak terlalu buruk terhadap lingkungan, namun hal tersebut masih segelintir inovasi di sebuah mobil modern.

Karena setiap komponen mobil memiliki fungsi masing-masing ternyata berkat perkembangan zaman serta teknologi membuat beberapa hal ataupun komponen di sebuah mobil tidak diperlukan lagi. Mungkin beberapa waktu belakangan proses pengetelan hingga perawatan berkala sangat diperlukan, namun sekarang sudah tidak terlalu penting. Pastinya Anda merasa penasaran mengenai hal tak perlu apa saja di dalam sebuah mobil era sekarang ini. Untuk lebih jelasnya mari kita simak beberapa ulasannya berikut ini.

1. Tune Up
Mungkin Anda sudah familiar dengan istilah Tune Up dimana masih digunakan untuk mobil-mobil dengan tahun cukup lama bahkan di bawah tahun 2000an. Akan tetapi istilah tune up sudah tidak relevan lagi saat ini bahkan dari produk mobil modern memakai sistem kontrol elektronik. Dari penggunaan sistem kontrol elektronik tersebut memberikan komponen mekanikal yang memerlukan proses setel ulang.

Ada beberapa fungsi dari beberapa mesin salah satunya idle speed, ataupun sistem kontrol bahan bakar udara hingga pengaturan timing pengapian yang sekarang sudah dikontrol langsung oleh sistem ECU atau Electronic Control Unit. Pastinya Anda sudah tak menemukan lagi dari kontak platina pada mobil zaman dahulu yang mana memerlukan proses pembersihan serta setel ulang. Memang dari fungsi karburator agar lebih sempurna memerlukan proses pembersihan serta penyetelan secara berkala.

Bisa dipastikan jika sampai sekarang sebuah mobil menggunakan sistem seperti zaman dulu maka dari perawatan busi konvensional, hingga komponen lainnya akan lebih sering dilakukan dan berakibat kurang baik terhadap pengeluaran pengendara.

2. Penyetelan Wheel Alignment (Spooring)
Berikutnya masih ada kegiatan yang sebenarnya tidak perlu dilakukan pada produk mobil modern seperti sekarang yakni penyetelan wheel alignment atau spooring. Ternyata pada kondisi wheel alignment membuat kondisi ban lebih stabil bahkan mencegah terjadinya keausan yang kurang merata. Tentu saja jika kondisi ban tidak merata atau mengalami keausan yang kurang menyeluruh akan membuat posisi kendaraan tidak berjalan dengan baik.
Baca Juga : Inilah Yang Terjadi Jika Mesin Bensin Menggunakan Bahan Bakar Solar
Sekarang ini rata-rata dari toko ban sudah melakukan spooring terutama saat mengganti ban, akan tetapi jika kondisi ban terlihat normal dan dari usianya masih bisa lebih dari 80.000km maka kondisi wheel alignment terbilang baik atau Anda bisa menolak melakukan spooring.

3. Melakukan Pengurasan Oli Mesin Memakai Engine Flush
Sekarang pada produk mobil modern tidak lagi menggunakan engine flush dalam proses mengganti oli mesin. Memang dari kondisi oli mesin yang tidak diganti dalam waktu lama akan berdampak kurang baik terhadap performa mesin. Resiko oli mengental ataupun mengerak di dalam mesin akan membuat kerusakan lebih besar. Maka dari itu untuk melakukan pembersihan kerak akibat oli mesin terlalu lama diperlukan cairan engine flush.

Nantinya dari cairan engine flush tersebut akan bersikulasi ke saluran oli di dalam mesin kemudian mengangkat semua kotoran serta oli mesin yang mengerak. Akan tetapi pada kondisi tertentu dimana pengendara secara rutin mengganti oli mesin secara berkala bahkan memakai tipe oli mesin sesuai anjuran pabrikan maka kecil kemungkinan terjadi pengerakan oli di dalam mesin. Maka dari itu cobalah ganti oli mesin secara rutin agar tidak terjadi kerak di dalam mesin.

4. Melakukan Pelumasan di Sambungan Joint
Mungkin pada mobil lama masih menggunakan beberapa komponen berupa tie rod end, ball joint, ataupun U-joint untuk memasukkan grease atau dikenal sebagai gemuk. Dari sisitem perekatan di mobil modern sudah sangat berbeda dibandingkan mobil terdahulu, maka dari itu semua bagian mesin ataupun bodi dan bagian terkecil sekalipun sudah menggunakan perekat berkualitas terbaik.

Setiap komponen pada produk mobil terkini sudah dirancang menggunakan sistem tertutup rapat bahkan dari pemilihan gemuk juga lebih baik dengan memberi ketahanan terhadap panas serta lebih awet. Jadi tidak perlukan lagi proses pergantian grease secara berkala seperti mobil terdahulu.

5. Pergantian Fuel Filter Secara Berkala
Terakhir mungkin Anda sudah mendengar tentang proses pergantian fuel filter secara berkala pada mobil zaman dulu. Akan tetapi kini mobil modern menghadirkan berbagai macam desain fuel filter yang mampu menyatu dengan fuel pump kemudian posisinya terpasang di dalam tangki besin. Maka dari itu dari varian mobil era modern tidak dianjurkan melakukan pergantian fuel filter secara berkala.

Biasanya proses pergantian fuel filter baru pada mobil era modern dilakukan jika sudah terjadi gejala kerusakan seperti terdapat karat di tangki bensin ataupun terjadi sumbatan di dalam fuel filter. Jika Anda menggunakan kualitas bahan bakar di bawah rata-rata biasanya dilakukan pergantian fuel filter pada jarak 50.000 – 100.000 km. Maka dari itu perhatikan secara detail mengenai komponen fuel filter di mobil keluaran terbaru yang tidak memerlukan proses perawatan berkala.

Berbagai perawatan pada mobil modern sudah pasti berbeda dibandingkan mobil terdahulu. Sudah jadi aspek penting bagi pemilik mobil zaman dulu yang mana selalu melakukan perawatan secara berkala di beberapa sparepart agar performa mobil tetap stabil. Itulah beberapa kegiatan yang sebenarnya masih belum perlu dilakukan pada produk mobil modern karena terdapat beberapa perubahan di komponen mesinnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar