Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Minggu, 14 Januari 2018

Tindakan Yang Tepat Ketika Mengalami Rem Blong Saat Berkendara

Tindakan Yang Tepat Ketika Mengalami Rem Blong Saat Berkendara

Rem merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada sebuah kendaraan baik itu sepeda motor maupun mobil. Dengan kondisi rem yang prima, maka Anda pun dapat melakukan pengereman yang maksimal disegala kondisi saat berkendara. Namun demikian adakalanya sistem pengereman pada sebuah kendaraan tidak dapat bekerja secara maksimal yang dikarenakan oleh berbagai macam kondisi. Ketika rem blong saat didalam perjalanan, maka hal itu bisa membuat pengendara menjadi panik dan hal ini bisa memperparah keadaan dijalan.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan rem pada kendaraan menjadi blong, diantaranya adalah dikarenakan kanvas rem telah habis atau ada kendala lain pada mekanisme rem seperti adanya kebocoran minyak rem. Minyak rem yang bocor dianggap sebagai salah satu penyebab rem blong yang paling umum. Kebocoran minyak rem ini bisa terjadi di beberapa titik salah satunya pada selang minyak rem. Selang yang sudah habis masa pakainya atau sudah terlalu lama tidak diganti bisa membuat selang menjadi retak dan rusak yang dapat mengakibatkan kebocoran minyak rem.

Selain itu kebocoran minyak rem juga dapat terjadi pada reservoir yang dikarenakan usia sealnya sudah melampaui batas pemakaian dan layak untuk diganti. Bagi Anda yang sedang melakukan perjalanan khususnya bagi pengendara roda dua dengan mekanisme pengereman cakram dan melewati jalanan menurun yang curam seperti pada area pegunungan, usahakan jangan menginjak atau menekan tuas rem secara terus menerus karena bisa menyebabkan rem cakram kendaraan Anda menjadi blong.
Baca Juga : Dampak Buruk Memakai Ban Cacing
Ketika Anda terus menerus menekan tuas rem ketika jalanan menurun, hal tersebut akan membuat piringan atau cakram menjadi panas berlebihan serta dapat membuat kampas rem menjadi mengeras. Hal tersebut akan membuat tenaga pengereman menjadi berkurang atau bahkan hilang sehingga kendaraan mengalami rem blong.

Hal – Hal Yang Perlu Anda Lakukan Ketika Rem Blong

Untuk mencegah kecelakaan atau hal – hal lainnya yang tidak diinginkan, maka lakukanlah beberapa hal berikut ini jika kendaraan Anda mengalami rem blong saat dalam perjalanan. Pertama usahakan jangan gugup atau panik berlebihan ketika rem blong secara tiba – tiba, karena kepanikan yang berlebihan dapat membuyarkan konsentrasi Anda. Kemudian turunkan gigi kendaraan Anda secepat mungkin untuk melakukan engine break.

Jika Anda menggunakan mobil, maka Anda bisa memanfaatkan rem parkir dengan menarik tuas rem parkir secara perlahan dan jangan menariknya secara penuh karena hal tersebut malah bisa membuat kendaraan Anda kehilangan kendali. Jangan menekan atau menarik tuas / pedal gas kendaraan Anda agar usaha untuk memperlambat kendaraan tidak sia- sia.

Jangan lupa untuk memperhatikan keadaan sekeliling Anda dan usahakan untuk memberi tanda pada pengguna jalan lain dengan menyalakan lampu hazard atau lampu sein, jika perlu bunyikan klakson. Kemudian sebisa mungkin arahkan kendaraan Anda kejalur lambat dan segeralah menepi ketika laju kendaraan sudah bisa dikendalikan.

Ketika kendaraan sudah berhenti dengan sempurna, maka segeralah meminta pertolongan dan jangan meneruskan perjalanan sebelum Anda mengetahui penyebab rem blong dan pastikan kondisi pengereman sudah kembali normal sebelum melanjutkan perjalanan. Jika penyebab rem blong adalah kampas rem dan cakram yang terlalu panas, maka Anda bisa mendinginkannya dengan menyiram menggunakan air bersih.

Tetapi jangan menyiram rem menggunakan air ketika kondisi sistem pengereman masih dalam kondisi yang terlalu panas, karena hal tersebut malah bisa merusak sistem pengereman. Tunggu beberapa saat sebelum Anda menyiramnya dengan air bersih serta pastikan air yang Anda gunakan tidak bercampur dengan lumpur ataupun pasir karena hal tersebut bisa mengganggu kinerja rem kendaraan Anda dan dapat menimbulkan masalah baru.
Baca Juga : Keuntungan dan Kerugian Sistem Injeksi Motor
Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika sistem pengereman kendaraan Anda mengalami blong secara tiba – tiba. Dikarenakan sistem pengereman merupakan komponen yang sangat vital pada sebuah kendaraan, maka lakukanlah pengecekan dan perawatan secara rutin pada mekanisme pengereman kendaraan Anda. Dan satu hal yang tidak kalah penting, selalu berhati – hati dan tetap waspada ketika dalam perjalanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar