Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Kamis, 04 Januari 2018

Yamaha Indonesia Siap Memproduksi Mesin MOGE Di Tanah Air

Yamaha Indonesia Siap Memproduksi Mesin MOGE Di Tanah Air

PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada tahun 2018 ini akan segera memproduksi mesin sepeda motor besar atau big bike yang biasa disebut MOGE di tanah air. Hal ini untuk menindaklanjuti permintaan dari Yamaha Jepang yang telah memberikan kepercayaan kepada YIMM untuk memproduksi mesin motor berkubikasi 700 cc keatas serta kendaraan berjenis Recreational Off-highway Vehicle (ROV).

Untuk saat ini YIMM hanya akan memproduksi mesinnya saja dan belum akan memproduksi motorcycle set atau moge secara penuh. Nantinya, mesin moge dan juga ROV produksi dalam negeri ini akan diekspor ke negeri Paman Sam Amerika Serikat sebagai salah satu negara tujuan ekspor utamanya.

Saat ini, YIMM merupakan eksportir produk – produk sepeda motor Yamaha terbesar didunia dan mengalahkan Yamaha Motor Co Jepang yang merupakan perusahaan induknya. Dengan torehan tersebut, maka sedikit banyak juga telah mengharumkan nama Indonesia di kancah otomotif dunia.

Untuk melancarkan rencana tersebut, maka Yamaha Jepang akan menginvestasikan dananya di Indonesia hingga mencapai miliaran Yen atau sekitar ratusan miliar Rupiah yang dilakukan secara bertahap hingga tahun 2019 mendatang.
Baca Juga : Harga Matic Yamaha Terbaru di Indonesia
Kucuran dana segar tersebut akan digunakan untuk mempersiapkan jalur produksinya dan rencananya YIMM akan memproduksi mesin moge dengan kapasitas produksi mencapai 10.000 hingga 20.000 mesin tiap tahunnya.

Dengan rencana penambahan produksi sebanyak itu, maka bisa dipastikan akan banyak pula lapangan pekerjaan yang dibuka oleh YIMM untuk menampung para tenaga handal tanah air.

Kedepannya YIMM juga berencana untuk membuat motorcycle set atau memproduksi moge secara penuh didalam negeri secara penuh. Jika hal itu terealisasi, maka para konsumen moge Yamaha di Indonesia akan bisa mendapatkan moge kualitas dunia dengan harga yang lebih terjangkau.

Dan lagi – lagi jika hal ini terwujud, maka akan semakin mengharumkan nama Indonesia dan menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia karena industri roda dua tanah air sudah bisa bersaing dengan produsen motor kelas dunia lainnya khususnya jenis moge. Dan apabila tidak ada halangan, maka pihak YIMM akan mulai memproduksi dan mengekspor mesin moge tersebut mulai tahun 2018 ini.

Mengutip dari kompasotomotif, M Abidin yang merupakan GM Aftersales and Public Relation YIMM mengatakan bahwa secara infrastuktur pihak YIMM sudah siap , karena YIMM telah memiliki predikat global factory. Namun demikian, M Abidin belum mau mengungkapkan berapa tepatnya besaran dana investasi dari Yamaha Jepang untuk keperluan produksi mesin moge Yamaha tersebut.

Ekspor telah dilakukan oleh pihak Yamaha Indonesia yang dimulai sejak tahun 1997 atau sekitar 21 tahun yang lalu. Dan mulai tahun 2014 pihak Yamaha Indonesia telah memproduksi kendaraan roda dua yang bisa berlaku secara global. Hingga kini pihak Yamaha Indonesia tetap konsisten untuk memproduksi dan mengekspor sepeda motor berkualitas untuk pasar global.
Baca Juga : Ternyata Yamaha Masih Menjual Sepeda Motor 2 Tak di Malaysia
Hingga saat ini, YIMM telah melakukan ekspor kendaraan buatan dalam negeri ke empat benua dan lebih dari 40 negara di seluruh dunia yang telah menjadi negara tujuan ekspornya. Model global yang diproduksi YIMM untuk pasar kendaraan roda dua luar negeri diantaranya adalah NMax, XMax, dan juga R25.

Setelah proses pengerjaan dari mesin moge dan juga kendaraan ROV selesai, maka YIMM pun akan memiliki tambahan produk untuk pasar ekspor mereka. Dan setelah proses pembuatan mesin moge Yamaha Indonesia berjalan, maka kita tunggu saja kehadiran moge secara utuh buatan dalam negeri sehingga impian memiliki moge berkelas dengan harga lebih terjangkau bisa segera terwujud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar