Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Selasa, 27 Februari 2018

Aspark Owl Buatan Jepang Diklaim Menjadi Mobil Listrik Tercepat Di Dunia

Aspark Owl Buatan Jepang Diklaim Menjadi Mobil Listrik Tercepat Di Dunia

Mobil Aspark Owl Buatan Jepang, Otomo.id
- Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini khususnya pada sektor otomotif, maka para produsen otomotif dunia tampaknya tidak pernah bosan untuk terus mengembangkan dan menciptakan sebuah kendaraan masa depan yang dibekali dengan kemampuan yang sangat luar biasa serta dengan desain yang mengagumkan.

Tak ketinggalan sebuah perusahaan otomotif asal Jepang yaitu Aspark telah berhasil menciptakan mobil listrik dengan nama Aspark Owl yang memiliki akselerasi tercepat didunia. Supercar bertenaga listrik besutan Aspark tersebut sebelumnya telah diperkenalkan sebagai mobil listrik prototype pada ajang Frankfurt Motor Show yang berlangsung di tahun 2017 lalu.

Dikutip dari digitaltrends.com, mobil berkapasitas penumpang dua orang ini telah diuji coba disebuah fasilitas pengujian kecil dan berhasil mencatatkan waktu 1,92 detik untuk berakselerasi dari kecepatan 0-100 km/jam atau sekitar 0-62 mil/jam. Kecepatan tersebut telah berhasil mematahkan catatan waktu mobil listrik buatan Telsa Motor yang memiliki catatan waktu diatas 2 detik untuk kecepatan yang sama. Tesla Motor melalui sang CEO Elon Musk pernah mengklaim bahwa mobil listrik Tesla Roadster buatan mereka mampu berakselerasi di bawah dua detik tetapi pada kecepatan 0-60 mil/jam.

Mobil listrik Aspark Owl ini diuji dengan menggunakan ban khusus balap Hoosier dan dipanaskan terlebih dahulu dengan cara burnout sebelum diajak berakselerasi untuk mengeluarkan kemampuan maksimalnya. Mobil tersebut memiliki dua buah pintu yang bisa dibuka kearah atas atau berdesain kupu-kupu sehingga lebih menambah kesan cantik dan dipadukan dengan desain bodi mobil yang memukau sebagai cirikhas sebuah supercar mewah. Bodi mobil ini terbuat dari serat karbon yang terkenal sangat kuat dan memiliki bobot yang ringan serta memiliki aerodinamis yang dirancang sebaik mungkin untuk mendukung performanya dijalanan.

Baca Juga : Inilah Daftar 5 Mobil Tercepat dan Tercanggih di Dunia

Mobil Aspark Owl tersebut dibekali dengan motor listrik yang mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 430 HP dan memiliki torsi puncak sebesar 563 lb-ft atau sekitar 763 Nm, serta memiliki bobot kendaraan yang ringan sekitar 850 kg saja. Meskipun saat pengujian masih menggunakan ban khusus balap, namum demikian pihak Aspark tetap berusaha untuk terus meningkatkan performa dari mobil buatannya tersebut, sehingga kedepannya mobil listrik Aspark Owl ini diharapkan mampu berakselerasi dengan catatan waktu yang sama atau bahkan lebih baik lagi ketika diuji dengan menggunakan ban mobil yang legal untuk digunakan di jalan raya.
Aspark Owl Buatan Jepang Diklaim Menjadi Mobil Listrik Tercepat Di Dunia

Baterai yang memiliki daya sekitar 40kW dan dibenamkan pada mobil ini diklaim mampu menjalankan kendaraan hingga jarak 93 mil atau sekitar 148 km-an dalam sekali pengisian. Untuk kecepatan maksimalnya, supercar bertenaga listrik tersebut diperkirakan mampu berlari hingga kecepatan 174 mil/jam ( 278 km/jam ) dijalanan yang datar. Rencananya mobil listrik Aspark Owl ini akan segera diproduksi secara terbatas yaitu berjumlah 50 unit kendaraan saja, sehingga para pemiliknya nanti akan mendapatkan sebuah mobil eksklusif dan bernilai tinggi.

Nah, apakah Anda berminat untuk memiliki salah satu dari supercar limited edition ini?. Jika Anda salah satu yang berharap mendapatkan mobil listrik eksklusif besutan Aspark tersebut, maka Anda harus rela merogoh kocek dalam – dalam. Karena perusahaan asal negeri matahari terbit tersebut telah membanderol mobil ini dengan harga selangit.

Walaupun pihak Aspark belum merilis tanggal peluncurannya untuk para calon konsumennya secara resmi, namun mereka telah mengeluarkan label harga untuk mobil listrik super tersebut. Untuk harganya sendiri, supercar listrik Aspark Owl ini akan diberi label harga sekitar 4,4 juta dolar atau sekitar Rp. 59,4 miliar rupiah saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar