Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Jumat, 24 Agustus 2018

Inilah Daftar 10 Motor Terlaris Selama Semester I ( Periode Agustus) Tahun 2018

Saat ini, tahun 2018 telah memasuki semester ke dua dimana telah banyak motor – motor baru yang lalu-lalang dijalanan Indonesia. Mungkin Anda para sobat otomo sedikit penasaran tentang data penjualan sepeda motor selama semester satu atau selama periode bulan Januari hingga bulan Juni tahun 2018 ini. Dibawah ini telah kami rangkum secara singkat tentang data penjualan 10 sepeda motor terlaris periode Januari – Juni untuk mengobati rasa penasaran para sobat otomo sekalian. Nah, untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak ulasannya dibawah ini.

Menurut data yang telah dikeluarkan oleh Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), terlihat bahwa sepeda motor keluaran Astra Honda Motor (AHM) masih merajai jalanan di Indonesia, dan data berikut merupakan data penjualan secara wholesales atau penjualan dari pabrik ke diler selama semester pertama tahun 2018 ini.
Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Kymco Like 150 l 2018

1. Diurutan pertama, Honda Beat Series mampu mendulang penjualan sebanyak 883.575 unit kendaraan , sehingga Honda Beat tetap mempertahankan tahtanya sebagai skutik terlaris bahkan sepeda motor terlaris yang diminati oleh konsumen otomotif roda dua tanah air.

2. Selanjutnya disusul oleh Honda Scoopy diurutan kedua. Sepeda motor bergaya retro modern ini mampu terjual hingga 387.439 unit kendaraan.


Honda Scoopy Series


3. Kemudian Honda Vario 125 mampu menduduki peringkat ketiga dengan total penjualan 301.716 unit. Dengan posisi tersebut, maka urutan tiga besar penjualan motor di semester satu ini masih dikuasai oleh produk AHM dan belum mampu digeser oleh pabrikan motor lainnya.


Honda Vario 125


4. Diposisi ke empat masih ada keluarga Vario lainnya, tapi kini yang hadir adalah varian termahalnya yaitu Honda Vario 150 dengan jumlah penjualan sebanyak 225.000 unit kendaraan.


Honda Vario 150

5. Akhirnya diurutan kelima hadir sepeda motor dari pabrikan lain yaitu Yamaha NMax yang mampu mendulang penjualan selama semester satu tahun 2018 sebanyak 199.862 unit kendaraan.


6. Yamaha Mio Series berada diurutan ke enam dengan total penjualan sebanyak 145.504 unit kendaraan.


Yamaha Mio Series


7. Setelah peringkat ke satu hingga peringkat enam didominasi oleh jenis skutik, kini yang muncul di peringkat ke tujuh adalah sepeda motor bebek yaitu Honda Revo dengan peraihan penjualan sebesar 76.295 unit.


Honda Revo


8. Honda PCX yang dulu penjualannya bisa dibilang sangat buruk yang kemungkinan dikarenakan harga jualannya sangat tinggi, kini mampu menduduki peringkat sepuluh besar tepatnya diurutan ke delapan. Strategi AHM untuk melokalkan produksi dari Honda PCX ini ternyata membuahkan hasil karena harga jualnya bisa dipangkas dan kini cukup banyak diminati oleh konsumen roda dua di Indonesia. Honda PCX ini mampu terjual sebanyak 72.441 unit selama periode Januari – Juni 2018.
Honda PCX


9. Setelah Yamaha NMAX masuk urutan lima besar, kini sepeda motor MAXI Yamaha lainnya yaitu Yamaha Aerox mampu menduduki peringkat ke sembilan dengan total penjualan sebanyak 69.825 unit. Dengan semakin banyaknya jenis motor MAXI yang dikeluarkan oleh Yamaha, akhirnya membuat banyak masyarakat Indonesia kepincut untuk meminangnya. Hal ini bisa dibuktikan dengan penjualan kedua sepeda motor MAXI tersebut yang tidak mengecewakan.
Yamaha AEROX


10. Diurutan terakhir atau urutan ke sepuluh dihuni oleh sepeda motor bergaya retro besutan Yamaha, yaitu Yamaha Fino yang mampu terjual sebanyak 67.561 unit kendaraan.


Yamaha Fino

Itulah daftar sepeda motor terlaris selama periode Januari hingga Juni 2018 yang dapat kami himpun dari data yang dikeluarkan oleh AISI. Dan tahun ini bisa dibilang sebagai surganya sepeda motor matik karena hanya ada satu motor non matik yang mampu berada diurutan 10 besar. Setelah mengetahui jajaran motor terlaris di Indonesia, rasanya belum lengkap jika kita tidak membahas tentang daftar pabrikan sepeda motor di Indonesia anggota AISI yang mampu menduduki peringkat 5 besar.

Baca Juga : New Honda CB150R StreetFire 2018 Kini Tampil Lebih Memukau

1. Diurutan teratas dari tahun ke tahun masih di huni oleh raksasa otomotif asal Jepang yaitu Honda. Pada semester pertama tahun ini pabrikan Honda mampu mendapatkan perolehan penjualan sebanyak 2.235.728 unit kendaraan roda dua. Dengan perolehan penjualan tersebut, maka Honda mampu memperoleh penjualan jauh diatas para pesaingnya.

2. Kemudian di posisi kedua disusul oleh Yamaha yang berhasil memperoleh penjualan sebanyak 690.944 unit kendaraan.

3. Walaupun Kawasaki hanya mengandalkan jajaran motor sportnya yang memiliki harga mahal, ternyata Kawasaki masih mampu memikat hati para konsumen otomotif roda dua tanah air dan mengantarkannya menduduki peringkat ketiga dengan total penjualan selama semester satu tahun 2018 ini sebanyak 41.346 unit kendaraan.

4. Diperingkat ke empat ada pabrikan otomotif asal Jepang lainnya yang dulu pernah berjaya dengan penjualan motor Shogun nya yaitu Suzuki. Suzuki saat ini hanya mampu menjual kendaraan roda duanya sebanyak 34.602 unit saja selama periode Januari hingga Juni tahun 2018 ini.

5. Diurutan paling buncit atau urutan kelima dihuni oleh pabrikan otomotif roda dua asal India yaitu TVS. Sebenarnya penjualan motor TVS di Indonesia bisa dibilang sangat miris karena selama enam bulan pertama tahun ini hanya mampu menjual total 133 unit kendaraan saja. Jumlah tersebut sangatlah jauh bila dibandingkan dengan para rivalnya. Tetapi kita perlu salut kepada pabrikan TVS ini, karena walaupun penjualannya sangat buruk, pabrikan asal India ini masih mau bertahan dengan setia di Indonesia untuk melayani para konsumen otomotif roda dua tanah air. Mantap deh pokoknya.

Jika dilihat dari data diatas, maka total penjualan kendaraan roda dua selama periode Januari – Juni 2018 ini telah berhasil terjual hingga lebih dari 3 juta unit kendaraan atau tepatnya berada pada angka 3.002.753 unit sepeda motor. Dari total penjualan tersebut, Honda mampu mendapatkan kue manis sebanyak 74,45 %, kemudian Yamaha mendapatkan penjualan sebesar 23,01 %, disusul oleh Kawasaki dengan perolehan 1,37 %, diposisi keempat yang dihuni oleh Suzuki masih mendapatkan bagian sebanyak 1,15 %, dan diposisi paling buncit yaitu TVS hanya mendapatkan porsi 0,0044 % saja.

Itulah daftar penjualan kendaraan roda dua di Indonesia selama periode Januari hingga Juni tahun 2018 ini. Untuk penjualan semester kedua tahun ini apakah posisinya masih sama seperti semester pertama?, untuk lebih jelasnya kita tunggu saja data penjualannya sampai akhir tahun ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar