Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Jumat, 24 Agustus 2018

Yamaha Lexi 125 , Skutik MAXI Terbaru Andalan Yamaha Motor Indonesia

Yamaha Lexi 125 , Skutik MAXI Terbaru Andalan Yamaha Motor Indonesia
Setelah sukses dengan jajaran skutik MAXI mereka seperti NMax maupun Aerox , sepertinya pabrikan motor Yamaha Indonesia tidak ingin berhenti disitu saja. Hal ini dibuktikan oleh PT.Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dengan meluncurkan produk terbaru mereka yaitu Yamaha Lexi untuk semakin meramaikan pasar otomotif roda dua tanah air. Yamaha Lexi yang telah diluncurkan di awal tahun 2018 ini menggendong mesin 125 cc dan telah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih khas Yamaha.

Saat ini para konsumen sepeda motor di tanah air sudah tidak asing lagi dengan skutik berbadan gambot yang semakin banyak berseliweran di jalanan Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa skutik dengan dimensi besar ternyata cukup banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Seolah tidak ingin melepaskan peluang emas untuk meraih banyak penjualan, maka YIMM pun meluncurkan skutik Yamaha Lexi bagi para konsumen skutik low entry untuk naik kelas tetapi dengan harga yang masih bersahabat.

Baca Juga : Sepesifikasi dan Harga Yamaha MT 09 - TRACER April 2018

Dengan tag line nya “Smart Is The New Sexy” Yamaha Lexi 125 tersebut dihadirkan dengan dibekali berbagai macam fitur modern dan canggih seperti full digital meter, kemudian ada juga electric power socket yang memudahkan penggunanya untuk mengisi daya smartphone ketika sedang dalam perjalanan, serta tidak ketinggalan fitur stop & start system (SSS) yang dapat membantu menghemat konsumsi bahan bakar.

Yamaha Lexi 125 cc ini hadir dalam dua varian yaitu tipe standar dan tipe S. Utuk Yamaha Lexi 125 tipe S telah dibekali dengan sistem keyless yang canggih sehingga kita tidak perlu menggunakan kunci konvensional lagi untuk menyalakan skutik tersebut melainkan telah diganti dengan sistem remot. Selain sistem keyless (Smart Key) , untuk Yamaha Lexi tipe S juga telah menggunakan suspensi belakang yang telah dilengkapi dengan sub-tank sehingga akan jauh lebih nyaman ketika dikendarai.

Untuk kelas skutik 125 cc, Yamaha Lexi tersebut akan berhadapan dengan Honda Vario 125 cc yang saat ini menjadi skutik terlaris dikelasnya. Namun demikian, dalam hal fitur dan juga kemampuan atau tenaga mesinnya Yamaha Lexi masih sedikit unggul dibandingkan Honda Vario 125. Fitur – fitur yang hadir pada Yamaha Lexi tetapi tidak ada pada Honda Vario 125 seperti electric power socket, lampu hazard, serta pijakan kaki depan yang bisa untuk selonjoran dapat menambah nilai jual dari skutik Yamaha Lexi ini.

Untuk masalah mesin, Yamaha Lexi ternyata memiliki tenaga yang lebih besar dari pada Honda Vario 125 yaitu tercatat sebesar 8,75 kW yang diraih pada putaran mesin 8.000 RPM, sedangkan Honda Vario 125 hanya memiliki tenaga sebesar 8,2 kW pada 8.500 RPM. Selain tenaga puncak yang lebih besar, ternyata torsi skutik Yamaha tersebut juga lebih unggul. Tercatat Yamaha Lexi memiliki torsi sebesar 11,3 Nm diputaran 7.000 RPM, sedangkan Honda Vario 125 hanya memiliki torsi sebesar 10,8 Nm saja yang diraih pada putaran mesin 5.000 RPM.

Untuk sistem starternya, Yamaha Lexi hanya mengandalkan starter elektrik saja tanpa dibekali dengan kick starter. Karena skutik ini memang masuk dalam jajaran skutik MAXI Yamaha, maka bentuk bodinya pun memang sengaja dibuat besar dengan ukuran panjang 1.970 mm, lebar 720 mm, dan tingginya tercatat 1.135 mm. Walaupun berbadan besar, namun motor matik tersebut hanya memiliki berat 112 kg saja serta dibekali tampungan bahan bakar sebanyak 4,2 liter.

Yamaha Lexi ini telah dibekali dengan teknologi forged piston dan diasil silinder yang diklaim Yamaha akan membuat mesinnya kuat, awet dan tahan lama walaupun digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Untuk memaksimalkan pendinginan mesin, maka Yamaha telah melengkapi mesin skutik MAXI terbaru mereka tersebut dengan pendingin cairan. Kemudian untuk menjaga kendaraan tetap pada tempatnya ketika berhenti pada jalanan menanjak atau menurun, maka motor matik ini juga telah dibekali dengan fitur smart lock.

Lampu depan Yamaha Lexi 125 ini didesain dengan ukuran besar dan telah menggunakan teknologi LED yang akan menyempurnakan penerangan dimalam hari. Dengan terpasangnya ban tubeless bertapak lebar yaitu berukuran 90/90-14” untuk ban depan serta memiliki ukuran 100/90-14” untuk ban belakang akan membuat motor lebih nyaman dan stabil saat digunakan untuk bermanuver di jalanan.

Dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) khas Yamaha, maka akan membuat tenaga serta torsi Yamaha Lexi tersebut terjaga pada performa maksimal di setiap putaran mesin. Untuk membuat suara starter terdengar halus saat dinyalakn,  Yamaha telah menggunakan teknologi Smart Motor Generator (SMG), jika pada Honda teknologi tersebut dikenal dengan sebutan ACG. Yamaha Lexi sudah menggunakan rem cakram untuk roda depan, namun untuk roda belakang masih menggunakan rem tromol seperti kebanyakan motor matik lainnya.


Baca Juga : Spesifikasi TERRA E-BIKE S750 April 2018

Untuk masalah harga, Yamaha Lexi tipe standar yang masih menggunakan kunci konvensional tersebut oleh Yamaha Indonesia dipatok dengan harga sebesar Rp. 19.950.000 OTR Jakarta. Sedangakan untuk tipe tertinggi yaitu tipe S, harganya dibanderol sebesar Rp. 22.800.000 OTR Jakarta. Harga Yamaha Lexi tipe S ini masih lebih mahal dari pada Honda Vario 150 yang hanya di labeli harga sebesar Rp. 22.600.000 untuk wilayah yang sama. Meskipun harganya lebih mahal daripada Honda Vario 150, namun Yamaha Lexi 125 ini memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh Honda vario 150 seperti lampu hazard dan juga electric power socket. Pembeda tersebut pastinya akan menambah nilai jual Yamaha Lexi 125 tersebut.

Dengan hadirnya Yamaha Lexi 125 di tahun 2018 ini apakah akan mampu menggeser kedigdayaan Honda Vario dalam jumlah penjualan?, hal itu pastinya harus kita lihat dulu perkembangannya sampai beberapa bulan kedepan. Jika Anda menginginkan skutik berdimensi besar serta kaya kan fitur modern dan memiliki harga yang cukup terjangkau, maka tak ada salahnya untuk mempertimbangkan Yamaha Lexi ini sebagai sepeda motor matik terbaru Anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar