Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Senin, 19 Agustus 2019

4 Tanda Awal Aki Mobil Rusak Jangan Sampai Diabaikan

4 Tanda Awal Aki Mobil Rusak Jangan Sampai Diabaikan

Tanda Awal Aki Mobil Rusak, Otomo.id - Komponen kelistrikan pada sebuah mobil sangatlah penting hingga wajib dicermati dan selalu dirawat dengan lebih maksimal. Terkadang kesibukan seseorang membuat proses perawatan pada bagian aki mobil jadi berkurang. Sehingga ada beberapa potensi terburuk ketika aki tak mendapat perawatan maksimal. Ternyata ada beberapa tanda awal aki mobil rusak yang mana hingga sekarang masih cenderung diabaikan oleh para pemilik mobil.

Padahal dari komponen aki yang tidak optimal bekerja akan membuat performa mesin jadi kurang maksimal. Sampai akhirnya kriteria aki dan juga perawatannya harus bisa dimaksimalkan dengan berbagai macam standar dan juga akses terbaru. Kualitas aki menjadi aspek penting agar performa kelistrikan di sebuah mobil lebih baik. Akan tetapi ada beberapa tanda awal yang menjadi penentu bahwa ada masalah pada bagian aki.

Baca Juga : 5 Lampu Indikator Dashboard Wajib Anda Perhatikan

Tanda Awal Aki Mobil Rusak

Ragam dari merk aki pastinya memberi performa yang tak sama dan harga berbeda. Maka dari itu penggunaan aki berkualitas terbaik akan terus memberi hasil sempurna hingga akhirnya porsi dari penggunaan aki harus bisa memberi manfaat dan perawatan lebih baik. Lalu seperti apa tanda-tanda awal dari kerusakan pada aki mobil?

1. Lampu Indikator Aki Menyala
Salah satu tanda paling mudah dikenali ketika bagian aki mobil mengalami kerusakan adalah lampu indikator yang menyala. Dari setiap mobil pastinya terdapat indikator aki di bagian dasboard ataupun panel sehingga sangat mudah ditandai dan dicermati hingga memberi informasi bahwa aki sudah masuk dalam tahap bermasalah.

Pada saat panel pada aki menyala biasanya dibarengi dengan beberapa tanda yang bisa kita rasakan seperti susah distarter ataupun dari daya arus listriknya semakin melemah. Jika sudah muncul tanda-tanda tersebut sebaiknya cepat-cepat di perbaiki atapun diperiksa.

2. Performa Mesin Kurang Maksimal
Kini ada tanda awal aki mobil rusak dimana pada bagian mesin bekerja secara tidak utuh. Bahkan ada beberapa komponen pengapuan yang membuat performa mesin jadi tidak maksimal. Mendeteksi dari kemampuan aki yang mulai bermasalah tidaklah sulit karena cukup dengan menyalakan lampu utama dimana cenderung lebih redup dibandingkan biasanya. Jadi saat performa mesin dan daya terang lampu bagian depan sudah menurun sebaiknya cek pada bagian aki.

Bila kondisi aki yang memunculkan tanda-tanda awal mengalami kerusakan tidak cepat dicegah ataupun diatasi maka pada bagian perorma mesin justru bisa drop dan merambat ke beberapa bagian mesin lainnya.

3. Muncul Kerak
Pada tahap cukup parah, dari bagian aki mobil akan muncul kerak. Hal ini seringkali terjadi lantaran kualitas aki sudah menurun. Untuk menghilangkan tanda awal aki mobil rusak dalam wujud munculnya kerak tersebut bisa menggunakan air panas yang disiram pada bagian kerak kemudian gosok secara perlahan menggunakan sikat kawat hingga bagian kerak benar-benar hilang.

Baca Juga : Inilah Yang Terjadi Jika Mesin Bensin Menggunakan Bahan Bakar Solar

Adanya kerak pada salah satu kutup aki akan menghambat jalannya arus listrik, sehingga agar tak mengalami masalah pada aki harus dilakukan pengecekan secara rutin.

4. Aki Terlihat Menggembung
Performa dari sebuah aki mobil yang mengalami masalah juga memperlihatkan penurunan performa sekaligus bisa membuat kondisi fisik aki terlihat menggembung. Maka dari itu sekarang ini tanda dari sebuah aki yang bermasalah bisa berupa penggembungan dan dari prosedur pengisian aki akan terasa berlebihan.

Kondisi satu ini memang cukup berbahaya karena bisa memicu kondisi aki yang kurang maksimal bahkan bisa meledak dan terbakar. Untuk itulah diperlukan pengecekan secara rutin agar performa aki benar-benar bisa menghasilkan performa lebih baik.

Sejumlah pengalaman dalam melakukan perawatan pada aki memang harus dicermati dengan lebih optimal bagi pengemudi mobil. Oleh sebab itu kenapa banyak kalangan harus bisa melihat bagaimana standar dari perawatan bagian aki mobil secara maksimal, hingga akhirnya prosedur dari pengembangan produk aki mobil jadi cepat dimanfaatkan.

Baca Juga : 6 Cara Agar Motor Matic Kamu Tetap Irit

Hingga sekarang produk aki mobil terbaik sudah memiliki ketahanan lebih kuat. Hanya saja bagi pengemudi mobil juga harus bisa mencermati bagaimana cara-cara merawat aki secara benar agar ke depannya tidak mendapatkan masalah. Setiap merk aki mobil juga perlu diperhitungkan, jangan sampai tanda awal aki mobil rusak justru Anda abaikan dan memberi dampak kurang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar