Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Selasa, 27 Agustus 2019

Cara Tepat Supaya Gas Buang Emisi Mobil Tetap Terjaga

Cara Tepat Supaya Gas Buang Emisi Mobil Tetap Terjaga

Gas Buang Emisi Mobil, Otomo.id - Setiap kendaraan kini dianggap sebagai penyumbang polusi udara di berbagai kota. Kita bisa melihat bahwa masalah polusi udara memang dapat disebabkan oleh gas buang emisi mobil. Akan tetapi bagi pemilik kendaraan masih bisa melakukan uji emisi kendaraan mobil secara berkala. Bahkan dari pihak pemerintah daerah kini sudah memperketat untuk melakukan uji emisi gas buang.

Tujuan dari uji emisi kendaraan pastinya agar bisa mengurangi dampak polusi udara, kemudian bisa juga mendapatkan gas buang lebih sempurna dari setiap kendaraan. Perlu adanya kesadaran dari pihak pemilih kendaraan agar selalu memperhitungkan kualitas gas buang emisi di setiap kendaraan.

Cara Tepat Uji Gas Buang Emisi Mobil Tetap Baik

Kualitas dari emisi sebuah kendaraan akan memberi kualitas udara di sekitarnya. Pihak pemerintah terus menekan bagi pemilik kendaraan untuk tetap menguji emisi gas buang, sehingga ada beberapa langkah tepat yang bisa dilakukan agar kualitas emisi mobil tetap baik dan masuk kategori aman.

1. Melakukan Perawatan Berkala
Perawatan berkala menjadi satu solusi penting dan paling tepat untuk bisa mendapatkan gas buang emisi lebih maksimal. Perawatan dalam mengganti oli secara teratur, kemudian melakukan tune up untuk mengembalikan performa mesin lebih baik, pastinya bisa memberi dampak baik terhadap gas buang emisi setiap kendaraan. Sedangkan dari mengganti komponen seperti busi, saringan udara, dan lainnya juga sangat diperlukan sehingga performa mobil benar-benar lebih maksimal hingga memberi standar gas emisi lebih baik.

2. Melakukan Carbon Clean
Bagi pemilik kendaraan mobil yang sudah lebih dari 5 tahun penggunaannya sebaiknya lakukan carbon clean. Hal ini ditujukan untuk menghilangkan timbunan karbon yang bisa dihasilkan dari proses pembakaran yang menempel di bagian kepala silinder hingga ruang bakar mesin. Maka dari itu jika Anda sering melakukan carbon clean, maka dari segi performa juga lebih baik, kemudian emisi bisa lebih baik hingga membuat standar gas buang emisi mobil lebih aman dan sesuai standar.

Baca Juga : Kenali 4 Tanda Awal Aki Mobil Rusak

3. Mengecek Kondisi Injektor
Bagi pemilik kendaraan mobil berjenis diesel juga penting untuk melakukan pengecekan di bagian injektor. Menggunakan teknologi common rail yang mana dari prosedur tersebut akan membuat injektor lebih baik dalam menyemprotkan bahan bakar bertekanan tinggi ke bagian ruang bakar. Maka dari itu jika kondisi injektor tersumbat, maka dari sisi penyemprotan bahan bakar jadi terganggu bahkan bisa mengurangi performa hingga memperburuk gas emisi kendaraan.

4. Selalu Melakukan Mengecek Knalpot
Sudah menjadi acuan penting dalam pengecekan gas buang emisi mobil yang mana harus melakukan pengecekan pada bagian knalpot. Maka dari itu bisa kita tebak bahwa bagian knalpot sangat berperan penting untuk meningkatkan dan memperbaiki kadar emisi gas buang. Kita bisa melihat bagian knalpot bisa mengalami keropos dan bocor, sehingga dari tekanan pada sirkulasi gas buang jadi berkurang dan bisa mengganggu kualitas mesin. Pada tahap yang cukup parah pada kondisi knalpot, maka dari segi performa, kemudian penggunaan bahan bakar dan emisi gas buang jadi lebih parah. Untuk itulah selalu melakukan pengecekan knalpot akan memberi dampak baik terhadap performa mesin dan kualitas emisi.

Meskipun terbilang sederhana, namun pengecekan gas buang emisi mobil masih sering diabaikan. Kualitas emisi buang dari setiap kendaraan bisa menentukan kualitas udara di sekitarnya. Maka dari itu untuk mengurangi polusi udara yang disebabkan oleh asap knalpot sebaiknya melakukan pengecekan standar emisi gas buang hingga memberi kenyamanan bagi setiap pengendara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar