Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Jumat, 23 Agustus 2019

Tips Jaga Cat Mobil Dari Sinar Matahari di Musim Kemarau

Tips Jaga Cat Mobil Dari Sinar Matahari di Musim Kemarau

Otomo.id - Musim kemarau memang identik dengan suhu panas dan cuaca lebih gerah dibanding biasanya. Paparan sinar matahari selama aktivitas di luar pastinya memberi dampak terhadap cat mobil. Seperti kita kenali saat ini bahwa sinar matahari menyengat sepanjang hari masih kurang berdampak baik pada cat mobil, sehingga diperlukan langkah-langkah tepat agar cat mobil tidak terpapar sinar matahari terlalu panas.

Maka dari itu dalam tips jaga cat mobil dari sinar matahari bisa jadi modal penting bagi Anda yang sudah gerah dengan paparan sinar matahari. Cat mobil memang bisa terganggu penampilannya karena terlalu sering terpapar sinar matahari hingga kurangnya perawatan. Maka dari itu agar tak menganggu penampilan cat mobil sebaiknya gunaan beberapa teknik sederhana yang sudah umum digunakan para pemilik mobil.

Tips Jaga Cat Mobil Dari Sinar Matahari

Menjaga cat mobil dari paparan sinar matahari memang sangat perlu, apalagi sekarang cuaca tinggi di siang hari bisa sangat terasa hingga berdampak kurang baik pada bagian cat mobil. Berikut ini ada beberapa metode sederhana bisa dilakukan untuk memberi proteksi lebih tepat saat menggunakan mobil di luar ruangan dan mengurangi efek dari paparan sinar matahari.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Pengisian Nitrogen Pada Ban

1. Jangan Parkir di Bawah Sinar Matahari Langsung
Lahan parkir bisa jadi kunci utama dalam merawat cat mobil lebih baik. Paparan sinar matahari jika Anda memarkirkan mobil di ruang terbuka tanpa ada penutup pastinya bisa memberi efek kurang maksimal. Sehingga semakin sering Anda parkir di bawah terik matahari langsung, maka dari kualitas cat akan semakin berkurang, pudar, dan kusam. Jadi untuk mengantisipasinya gunakan saja sarung mobil yang mana sekarang banyak dihadirkan dengan berbagai ukuran dan berdasarkan jenis mobilnya.

2. Jangan Mencuci Mobil di Siang Hari
Seperti kita ketahui saat ini bahwa mencuci mobil memang berdampak baik pada kebersihan bodi dan cat mobil. Akan tetapi jika Anda sering mencuci mobil di siang hari akan berdampak kurang baik pada cat mobil. Tips jaga cat mobil sebaiknya jangan mencuci mobil di siang hari, bahkan di bawah ianr matahari langsung. Karena dampaknya akan memberi efek berupa munculnya jamur dan adanya proses oksidasi.

Maka dari itu ada waktu terbaik untuk mencuci mobil Anda yakni di jam 8 pagi ataupun setelah jam 5 sore. Perhatikan juga dari peilihan produk shampo mobil yang mana akan memberi dampak kurang baik pada cat mobil kalau Anda salah dalam menentukan produk asli dan terbaik. Jadi dalam aktivitas mencuci mobil sebaiknya gunakan bahan-bahan terbaik, kemudian atur waktu agar tak mendapatkan efek sinar matahari secara langsung. Untuk amannya gunakan jasa cuci mobil profesional yang sudah mengerti akan tata cara mencuci mobil lebih baik.

3. Melakukan Car Detailing Secara Teratur
Car detailing menjadi salah satu akses terbaik untuk bisa mengurangi efek pengurangan lapisan pernis ataupun coat yang mulai tipis. Maka dari itu dengan menggunakan akses car detailing ini akan membuat kotoran dan debu tak mudah menempel. Meskipun dari waktu car detailing ini masih sulit dilakukan, tetap saja harus ada langkah-langkah sederhana yang ke depannya bisa berdampak baik dengan memaksimalkan akses car detailing.

Baca Juga : Tips Tepat Lewati Polisi Tidur Lebih Nyaman dan Aman

4. Lakukan Gerakan Searah Saat Mencuci Mobil
Dalam tips jaga cat mobil selanjutnya adalah melakukan gerakan searah saat mencuci mobil. Hal ini seringkali diabaikan saat mencuci mobil, kemudian untuk mengeringkan mobil juga jangan menggunaan lap karet, karena dari kotoran pada lap akan menghasilkan baret halus. Sehingga disarankan untuk menggunakan perangkat khusus untuk mencuci mobil. Gerakan dari mengelap bagian bodi mobil juga harus diperhatikan, jangan memutar seperti sarang laba-laba, akan tetapi dilakukan searah agar tak terjadi baret halus.

Langkah-langkah merawat bagian cat mobil memang kerap kali salah diartikan, sehingga dari beberapa ulasan di atas bisa kita lihat bahwa konsep dari pengembangan warna cat serta proteksinya juga harus dimengerti. Sehingga tips jaga cat mobil akan dirasakan lebih mudah dan tidak terlalu sulit karena memang membutuhkan beberapa pengaturan waktu mencuci mobil, kemudian mendapatkan hasil terbaik dalam memanfaatkan ruang parkir lebih tertutup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar