Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Selasa, 20 Agustus 2019

Tips Mengendarai Motor Matic Yang Benar Untuk Pemula

Tips Mengendarai Motor Matic Yang Benar Untuk Pemula

Tips Mengendarai Motor Matic, Otomo.id - Trend membeli motor matic memang cukup besar tahun ini. Bahkan jumlah motor matic semakin bertambah dalam setiap tahunnya jika dibandingkan dengan motor jenis lainnya seperti motor sport dan bebek. Hal ini tentu bukan alasan mengingat motor matic merupakan motor yang bisa dibilang nyaman untuk digunakan oleh semua kalangan. Nah, jika Anda juga merupakan pengguna motor matic kami disini akan berbagi tips mengendarai motor matic yang benar untuk pemula.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa hampir 80% pengendara roda dua di Indonesia adalah pengguna motor matic. Maka tak heran jika sangat mudah dijumpai motor matic di jalanan. Namun sayangnya, masih banyak sekali orang yang menganggap sepele dalam mengendarai motor matic sehingga seringkali berakibat fatal bagi pengguna atau orang lain. Dalam mengendarai motor matic sendiri ada beberapa tahapan penting yang harus Anda ketahui.

Baca Juga : 4 Tanda Awal Aki Mobil Rusak, Jangan di Abaikan

Untuk lebih jelasnya, mari langsung saja simak beberapa tips mengendarai motor matic yang benar untuk pemula berikut ini.

Tips Mengendarai Motor Matic Yang benar

1. Kondisi Motor Matic
Selalu pastikan motor dalam keadaan sehat sebelum digunakan. Pastikan juga motor dan mesin dalam kondisi yang layak untuk di naiki di jalanan serta pastikan kelengkapan kendaraan yang lainnya seperti spion dan lampu yang harus selalu berfungsi dengan baik. Hal ini mungkin terlihat sangat sepele tetapi seringkali dilupakan. Surat-surat kendaraan bermotor seperti STNK juga jangan sampai lupa disiapkan karena penting sekali membawa STNK ketika berpergian.

2. Menyalakan Motor Matic
Berbeda halnya dengan menggunakan motor bebek ataupun kopling, menyalakan motor matic tentu mempunyai cara yang berbeda. Caranya yaitu on kan kunci motor lalu secara bersamaan tekan elektric starter dan tuas rem. Usahakan untuk memegang gas dengan lembut ketika melakukan starter, jangan sampai menarik gas dengan kencang karena tentu bisa berakibat sangat fatal.

Baca Juga : Tindakan Yang Tepat Ketika Mengalami Rem Blong

3. Handle Gas
Kunci utama dalam mengendarai motor matic yaitu dengan menguasai Handle Gas. Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa menggunakan motor sebaiknya tangan memegang handle gas dengan jari yang ada pada bagian rem. Dimana hal ini dilakukan untuk membuat refleks kita lebih cepat saat akan melakukan pengereman secara mendadak. Tetapi hal ini tidak selalu benar. Karena ada pula yang beranggapan bahwa tangan sepenuhnya harus berada di handle gas. Sebab dengan posisi tangan yang berada di handle gas tentu akan memberikan handling motor yang lebih baik.

4. Tarikan Gas
Perlu Anda ketahui bahwa tarikan gas pada motor berbeda-beda terutama motor matic. Terlebih jika terbiasa menggunakan motor matic 110 cc seperti Honda Beat F1 dan kemudian beralih pada motor baru seperti Honda ADV 2019 tentu akan mempunyai tarikan gas yang berbeda-beda. Oleh karena itu Anda wajib beradaptasi terlebih dahulu dengan tarikan motor maticnya sebelum melakukan akselerasi.

5. Rem
Rem merupakan salah fitur keamanan yang paling penting pada kendaraan bermotor. Hal inilah yang membuat REM memegang peranan utama dan harus selalu dirawat. Banyak sekali pengguna motor matic yang sering mengabaikan hal ini padahal sangat penting. Selain itu, gunakanlah REM ganda yaitu rem depan dan belakang secara bersamaan untuk memberikan pengereman yang lebih maksimal.

6. Membiasakan Diri Menggunakan Motor Matic
Selalu membiasakan diri dengan kendaraan agar bisa mendapatkan feel yang tepat ketika berkendara. Setiap kendaraan mempunyai performa yang berbeda-beda, bahkan jika motor tersebut mempunyai merek yang sama sekalipun belum tentu mempunyai performa dan akselerasi yang sama. Oleh karena itu Anda diwajibkan untuk membiasakan diri dengan kendaraan. Disamping itu, Anda juga harus memahami fitur-fitur pada motor matic yang Anda gunakan. Dimana setiap motor mempunyai fitur yang berbeda sebut saja ISS ( idling stop system) milik Honda yang wajib diketahui oleh pengguna.

Baca Juga : Keuntungan dan Kerugian Sistem Injeksi Motor

7. Usahakan Selalu Tenang dan Mematuhi Rambu Lalu Lintas
Berkendara dengan tenang dan selalu memperhatikan situasi merupakan sebuah langkah yang bijaksana dalam berkendara. Selalu patuhi rambu lalu lintas yang ada, dengan mematuhi rambu lalu lintas ini berarti Anda telah menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Itulah sedikit tips mengendari motor matic yang benar untuk pemula yang dapat kami bagikan kali ini. Semoga tips yang kami bagikan ini bisa bermanfaat bagi Anda semua terutama bagi Anda yang masih pemula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar