Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Senin, 23 September 2019

Faktor Penting Kenapa Mobil Eropa Dibanderol Lebih Murah

Faktor Penting Kenapa Mobil Eropa Dibanderol Lebih Murah

Otomo.id - Beragam standar mobil yang dijual di pasaran bisa dipastikan menghadirkan banyak keunggulan dan harga berbeda. Desain dan teknologi pada produk mobil Eropa ternyata banyak diminati masyarakat Indonesia, karena memang ada beberapa hal penting yang banyak diakses dan dinikmati penggunanya. Hingga saat ini pemesanan produk mobil asal benua Eropa memang banyak hingga terus meningkat.

Bukan hanya di kota-kota besar saja, akan tetapi bisa meluas ke berbagai daerah yang sekarang berpotensi menggunakan jenis mobil dari benua Eropa lebih tinggi. Untuk itulah banyak pengamat otomotif yang memiliki pendapat menarik hingga akhirnya diketahui kenapa mobil pabrikan Eropa justru bisa dibanderol lebih terjangkau dibandingkan mobil- mobil buatan Jepang ataupun Tiongkok.

Faktor Penting Mobil Eropa Dibanderol Lebih Murah

Hingga detik ini produk mobil pabrikan perusahaan besar di Eropa mampu memberi banyak pengalaman bagi para penggunanya. Nah, mungkin saat ini Anda memiliki rencana untuk mendapatkan produk mobil buatan Eropa. Namun, akan kita ulas lebih mendalam bagaimana faktor penting kenapa mobil pabrikan Eropa dibanderol lebih terjangkau.

1. Konsumsi Bahan Bakar Terbilang Boros
Banyak kalangan menilai bahwa rata-rata kapasitas mesin dari pabrikan mobil buatan benua Eropa biasanya memberi konsumsi bahan bakar lebih boros. Faktor kapasitas mesin memang jadi penentu kenapa banyak mobil buatan Eropa bisa dibanderol dengan harga terjangkau.

Baca Juga : Keuntungan Inovasi Mobil Listrik Didalam Bidang Transportasi

Dari sisi kualitas mesin mobil pabrikan Eropa memang tak diragukan lagi, sedangkan dari tenaga akeselerasi mobil Eropa juga lebih tangguh dibandingkan pabrikan mobil lainnya. Sudah menjadi satu stigma bagi pecinta mobil buatan Eropa dimana pada sisi performa mesin akan jadi lebih optimal dan sering memberi pengalaman menarik dalam mengendarainya.

Jika dilihat dari minat pembeli di tanah air memang tidak terllau tinggi, meskipun dari daya kapasitas mesinnya tinggi tetap saja kebanyakan orang Indonesia tertarik pabrikan mobil Jepang yang cenderung lebih hemat bahan bakar.

2. Ketersediaan Suku Cadang Terbatas dan Cukup Mahal
Berikutnya ada salah satu faktor penting kenapa pabrikan mobil buatan Eropa masih dibanderoil harga terjangkau yakni ketersediaan suku cadangnya terbatas dan terbilang mahal di pasaran. Secara khusus beberapa pabrikan seperti Mercedes Benz ataupun BMW menghadirkan suku cadang yang terbilang mahal dan kualitasnya terbaik.

Jadi saat Anda memiliki mobil pabrikan Eropa akan ada beberapa kendala salah satunya pencarian suku cadang yang cukup sulit. Ditambah lagi dari sisi harganya cukup tinggi. Akan tetapi selain dari harga tinggi di suku cadang dan ketersediaannya cukup sulit didapatkan, tetapi pada sisi kualitas dan ketahanan suku cadangnya bisa sampai 6-7 tahun. Jadi ada beberapa keunggulan dan kekurangan yang mana bisa diseimbangkan untuk memberi kenyamanan kepada pengguna mobil Eropa.

3. Ketersediaan Tempat Servis Terbatas
Salah satu penyebab kenapa harga mobil pabrikan Eropa bisa dibanderol dengan harga terjangkau yakni dari ketersediaan tempat servisnya terbatas. Ketersediaan bengkel resmi pabrikan mobil buatan Eropa di Indonesia masih terbatas. Bahkan sebarannya sendiri tidak terlalu merata di berbagai kota besar. Oleh sebab itu kenapa harga mobil buatan Eropa bisa dibanderol cukup murah di pasaran.

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Esemka Bima 2019

Meskipun dari sisi ketersediaan tempat servisnya terbatas, pada sisi biaya perawatannya pun juga relatif mahal. Oleh sebab itulah kenapa pabrikan mobil Eropa selalu mengedepankan kualitas pelayanan dari sisi ketersediaan perangkat suku cadang dan juga berbagai macam kualitas dan harga suku cadang lebih detail.

4. Ketersediaan Teknisi Tidak Terlalu Banyak
Alasan kenapa mobil Eropa bisa dibanderol dengan harga terjangkau di tanah air karena ketersediaan teknisi ataupun tenaga ahli dalam hal mekanik masih terbatas. Memang tidak mudah untuk bisa mengubah berbagai modifikasi dan perbaikan mobil buatan Eropa. Tidak sembarangan montir bisa melakukan modifikasi ataupun memperbaiki dari komponen suku cadang mobil buatan Eropa. Sehingga dari sisi keahlian dan juga pengalaman dalam memperbaiki dan servis mesin mobil buatan Eropa harus memiliki banyak reputasi terbaik.

Meskipun ada yang dapat memperbaiki mobil buatan Eropa, tetapi dari sisi jumlahnya tidak terlalu banyak. Maka dari itu saat mobil Anda mengalami kerusakan persiapkan dana cukup besar untuk bisa memperbaiki semua komponen sparepart mobil buatan Eropa.

Beragam karakteristik mobil Eropa sampai sekarang masih terus dicermati. Meskipun banyak peminat mobil buatan Eropa menghadirkan banyak standar terbaik dan paling garang di sisi kapasitas mesinnya, tetap saja ada banyak kesempatan untuk membandingkan bagaimana sisi performa dan konsumsi bahan bakar mobil buatan Eropa. Bila dibandingkan dengan pabrikan mobil Jepang memang ada banyak yang harus diulas, sehingga ada berbagai macam pilihan terbaik sesuai dengan karakter Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar