Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Senin, 23 September 2019

Kenali Tanda Kerusakan Mesin Kendaraan Dari Warna Asap Knalpot

Kenali Tanda Kerusakan Mesin Kendaraan Dari Warna Asap Knalpot

Otomo.id - Setiap kendaraan baik itu roda dua ataupun roda empat dengan bebragai karakter mesin bisa dipastikan mendapat perawatan lebih maksimal. Akan tetapi tidak banyak pemilik kendaraan menyadari bahwa ada beberapa tanda kerusakan mesin kendaraan bisa diketahui dari sisi warna asap knalpot. Oleh sebab itu bagi pemilik kendaraan bermotor ataupun mobil sebaiknya mencermati warna asap kenalpot agar bisa mendapat penanganan lebih dini sebelum terdapat kerusakan fatal.

Ada serangkaian pengetesan dari setiap kondisi kendaraan terutama pada warna asap knalpot. Sampai akhirnya prosedur utama dalam menjaga nilai polutan di dalam kendaraan mobil ataupun bermotot kini sangat penting. Tentu saja warna dari asap knalpot sangat penting untuk diperhatikan. Banyak kendaraan bisa terlihat kurangperawatan bila asap knalpot terlihat sangat pekat dan hitam. Untuk itulah bagi setiap pemilik kendaraan mobil ataupun sepeda motor sebaiknya mencermati warna asap knalpot agar bisa mengetahui masalah pada mesin.

Mengenali Tanda Kerusakan Mesin Kendaraan Dari Asap Knalpot

Setiap kendaraan bisa dipastikan memiliki kriteria dari wujud dan warna asap knalpot. Karena itulah ada banyak kriteria yang bisa kita cermati kembali. Agar nantinya setiap pemilik kendaraan bisa mengethaui seperti apa kondisi mesin yang digunakan setiap hari.

1. Asap Knalpot Berwarna Putih
Pertama kita bisa melihat dari sisi warna asap knalpot berwarna putih yang mana menjadi tanda bahwa kondisi mesin masih normal. Warna asap putih yang sedikit tebal memang kerap terjadi karena menjadi satu tanda bahwa proses pembakaran hingga aliran pembuangan di saluran knalpot masih cukup lancar.

Baca Juga : Cara Tepat Supaya Gas Buang Emisi Mobil Tetap Terjaga

Intensitas tebal tidaknya asap putih dari knalpot mobil juga perlu diperhitungkan. Tidak selamanya asap putih yang keluar dari knalpot mengindikasikan bahwa fungsi mesin sedang baik-baik saja. Sehingga saat Anda melihat asap putih tebal keluar dari knalpot dapat memberi tahukan bahwa ada masalah dalam pembakaran mesin.

Salah satu penyebab kenapa terdapat masalah dalam pembakaran mesin hingga timbul warna asap putih tebal yakni adanya kebocoran pada oli. Sehingga dari kemunculan asap putih pekat dari knalpot mobil Anda bisa terjadi dan harus dilakukan tindakan cepat. Segera bawa kendaraan ke bengkel terdekat karena memang oli yang keluar karena kebocoran akan menganggu pada bagian ring piston ataupun seal klep.

2. Asap Berwarna Kebiruan
Berikutnya ada satu tanda kerusakan mesin kendaraan dalam wujud asap knalpot berwarna kebiruan. Jika Anda melihat asap knalpot berwarna kebiruan maka terdapat sedikit oli yang terbakar di dalam mesin. Dugaan terjadi kerusahan pada bagian head gasket dan silinder head dengan bagian blok mesin biasa terjadi. Sehingga dari faktor penyebab kenapa muncul warna asap kebiruan adalah dari bagian katup sil ataupun ring piston yang sudah aus hingga oli dengan mudah bocor.

Kasus berbeda bisa saja terjadi pada kendaraan mobil yang memiliki turbo. Dimana asap kebiruan muncul di knalpot terjadi karena bagian blower dari turbo mobil harus segera diganti dalam waktu yang cepat. Jadi jangan sepelekan warna asap knalpot kebiruan karena masalah kecil pada bagian piston ataupun blower akan merambat ke beberapa bagian mesin lainnya jika tidak segera diatasi.

3. Asap Knalpot Berwarna Abu-Abu
Berikutnya masih ada satu tanda kerusakan mesin kendaraan yang mana memunculkan warna asap knalpot abu-abu. Hal ini masih banyak muncul di setiap kendaraan mobil karena memang belum banyak yang mengetahui indikasi kerusakannya.

Baca Juga : Cara Merawat Cat Doff Agar Tahan Lama

Ketika muncul asap knalpot berwarna abu-abu maka terjadi indikasi bahwa di dalam bagian katup PCV kendaraan Anda mengalami kemacetan. Sehingga terjadilah pembakaran mesin kurang maksimal hingga membuat fungsi katup PCV tidak optimal. Fungsi dari katup PCV sendiri untuk melakukan kontrol dari jumlah uap dan gas yang bisa masuk ke bagian ruangan mesin hingga akhirnya terjadi kerusakan dengan munculnya asap berwarna abu-abu.

4. Asap Knalpot Berwarna Hitam
Telah banyak kendaraan mobil ataupun lainnya memunculkan asap knalpot berwarna hitam. Selain memberi efek polusi tinggi, ternyata dengan adanya asap knalpot berwarna hitam tersebut disebabkan oleh pembakaran bahan bakar kurang sempurna. Sistem pembakaran dari mesin yang keluar melalui saluran knalpot biasanya mengalami gangguan. Bahkan harus segera dilakukan pengecekan mesin untuk menghindari dampak buruk yang sering terjadi

Langkah pertama cek pada bagian kebocoran kompresi dimana bagian busi tidak memunculkan nyala api yang normal. Bahkan dari sisi fungsi karburator juga sering bermasalah hingga memicu timbulnya asap knalpot berwarna hitam kelam.

Pada kasus kendaraan mobil mengalami masalah dengan memperlihatkan asap hitam keluar dari knalpot segera lakukan pemeriksaan di bengkel terpercaya. Karena selama ini tanda kerusakan mesin kendaraan juga dapat diperlihatkan dengan munculnya asap berwarna hitam dari knalpot. Meskipun terbilang sepele, akan tetapi dari sisi fungsi pencegahan sebelum terjadi kerusakan sangatlah perlu agar tak mendapat dampak buruk pada bagian mesin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar