Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Jumat, 18 Oktober 2019

Cara Menghitung Waktu Cas Aki Mobil

Cara Menghitung Waktu Cas Aki Mobil

Otomo.id - Perangkat elektronik ataupun kelistrikan di setiap kendaraan sangatlah penting dan harus mendapat perawatan maksimal. Penggunaan aki mobil dengan kualitas terbaik sangat membantu semua kebutuhan dari banyak produk aki. Sehngga diperlukan pemahaman seputar menghitung waktu cas aki mobil dengan sempurna.

Tidak semua pemilik kendaraan mobil memiliki akses waktu untuk bisa melakukan perhitungan waktu pengecasan. Maka dari itu sejumlah peluang dalam mengetahui berapa lama waktu pengecasan dan seperti apa metode pengecasan aki kini sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Waktu paling tepat untuk mengakses aki terutama pada proses pengecesan harus mencakup nilai tegangan aki di bawah 12 volt. Maka dari itu saat jumlah tegangan aki berada di bawah 12 volt maka harus cepat dilakukan pengecesan. Karena dari waktu pengecasan aki masih tergantung pada besar kecilnya arus yang masih tertera pada produk aki mobil.

Cara Menghitung Waktu Cas Aki Mobil

Banyak kalangan menilai bahwa prosedur dari pengecasan aki mobil memang butuh waktu yang cukup lama. Akan tetapi dari kualitas dan usia aki mobil masih menjadi penentu durasi pengecasan bisa dilakukan lebih cepat atau sebaliknya. Untuk Anda yang sudah membeli perangkat pengecasan aki mobil sebaiknya hindari pengisian daya berlebihan atau overcharge karena bisa merusak komponen aki.

Faktor Penyebab Aki Harus di Cas
Ada beberapa hal penting yang harus dicermati dalam pengecasan aki secara otomatis ataupun manual. Selama ini prosedur dari pengecasan aki biasa dilakukan otomatis selama mesin dalam keadaan menyala. Maka dari itu usia aki mobil yang bisa lebih dari 2 tahun harus dilakukan perawatan salah satunya pengecasan aki secara periodik.

Banyak kalangan bertanya-tanya mengenai hal apa saja yang membuat aki mobil harus dilakukan pengecasan. Rata-rata dari sisi kondisi mobil yang jarang dinyalakan, sehingga membuat komponen daya listrik di dalam akin semakin menipis. Sedangkan dari penyebab lainnya juga bisa terlihat yakni dari sisi performa mobil yang sering mogok hingga penggunaan starter yang dilakukan secara berkali-kali dan membuat komponen daya listrik di dalam aki semakin cepat habis.

Dari usia aki yang sudah terlalu tua, maka kemampuan untuk menyimpan daya listrik jadi kurang maksimal. Maka dari itu dibutuhkan proses pengecasan aki secara manual untuk mengembalikan daya listrik kembali normal. Sekarang pertanyaannya berapa lama yang harus dilalui untuk bisa melakukan pengecasan aki secara manual?

Pengisian Aki Versi Lambat
Salah satu metode menghitung waktu cas aki mobil hingga sekarang bisa dilakukan dalam versi lambat dan cepat. Sekarang akan kita bahas dari versi lambatnya dahulu. Pengecasan aki mobil dalam versi lambat harus dilakukan dengan komponen arus lebih kecil. Tujuannya untuk menghindarkan aki dari overheta saat proses pengecasan dilakukan.

Rata-rata dari arus yang digunakan untuk mengisi aki bisa mencapai 10%. Sedangkan durasi pengecasan aki juga masih tergantung pada arus aki yang akan diisi kembali. Maka dari itu semakin besar arus maka dari durasi waktunya jadi lebih lama. Sedangkan metode untuk perhitungan waktu pengecasan aki memiliki rumus tersendiri.

Perhitungan durasi cas aki mobil dalam versi aki 12 Volt 50AH bisa kita cermati lebih dalam. Dimana arus yang digunakan besarnya hanya 10% saja, kemudian kita bisa menghitung dari nominal 50 x 10% dengan hasil arus 5A.

Perhitungan berikutnya sangat mudah yakni menggunakan rumus kapasitas aki (AH)atau arus pengisian ditambah 20% x kapasitas aki atau arus pengisian. Bisa kita hasilkan gambaran dari menghitung waktu cas aki mobil seperti berikut.

Kapasitas Aki + 20% x Kapasitas aki atau arus pengisian Kemudian hitungannya (50/5) + (20% x (50/5) Hasilnya 10 + (20/100 x 2) 10 + 2 = 12 jam.

Maka berdasarkan rumus hitungan di atas, untuk waktu pengisian aki dengan daya 12 volt 50AH menggunakan metode pengisian lambat bisa memakan waktu sekitar 12 jam.

Perhitungan Cepat Pengisian Aki
Pada versi lain dimana menghitung waktu cas aki mobil dengan pengisian cepat memiliki perbedaan dari sisi arus yang digunakan jauh lebih besar yakni 40%. Kapasitas cas aki mobil masih tetap sama yakni 12Volt 50AH. Kemudian perhitungan arus pengisiannya sebesar 50x40% = 20A. Rumusnya bisa kita perlihatkan seperti berikut ini.

Kapasitas aki + 20% x kapasitas aki
Uraiannya (50/20) + (20% x (50/20)
Maka angka yang didapat 2.5 + (20/100 x 2.5)
Maka 2.5 + 0.5 = 3 jam

Tentu saja pengisian waktu lebih cepat untuk aki mobil ini lebih efektif, sehingga Anda tak perlu lagi menunggu lama untuk mengisi ulang arus listrik di dalam aki yang sudah tua.

Waktu dan durasi perhitungan pengisian aki mobil memang harus jeli. Karena di dalam menghitung waktu cas aki mobil seringkali mengalami masalah dalam pengecekan arus yang harus digunakan. Jadi sekarang Anda bisa pilih ingin menggunakan versi pengisian cepat atau lambat yang mana sudah bisa kita pelajari dalam uraian di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar