Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Kamis, 17 Oktober 2019

Cara Mengisi Freon AC Mobil Secara Manual Tanpa Bantuan Montir

Cara Mengisi Freon AC Mobil Secara Manual

Cara Mengisi Freon AC Mobil Manual, Otomo.id - Fitur AC di sebuah mobil hingga sekarang sangat diperlukan karena mengingat suhu udara sejuk di dalam kabin mobil sangat diperlukan. Seperti kita tahu bahwa menggunakan akses AC membutuhkan perawatan secara berkala. Maka dari itu akses dari freon AC mobil sebisa mungkin jangan sampai mengalami kebocoran sehingga performa AC akan berkurang.

Beberapa cara mengisi freon AC mobil sampai sekarang masih menjadi akses terbaik dan bisa langsung dihadirkan dengan beberapa ulasan. Jika masalah terjadi pada isi freonnya cukup mudah untuk diselesaikan dengan mengisi ulang freon tersebut. Kini penggunaan jasa service AC mobil memang masih dibutuhkan, tetapi saat Anda tak memiliki budget cukup maka cara otodidak adalah cara paling tepat.

Cara Mengisi Freon AC Mobil

Pengisian freon AC mobil memang gampang-gampang susah. Akan tetapi ketika Anda sudah mempelajari semua seluk beluknya maka dari proses pengisian freon AC mobil ini bisa langsung dilakukan secara tepat dan maksimal.

Persiapan Peralatan Pengisian Freon AC Mobil

Kita bisa melihat bahwa untuk melakukan pengisian freon AC mobil dibutuhkan peralatan pendukung. Tersedia alat bernama manifold gauge dimana fungsinya untuk melihat aspek tekanan tinggi ataupun sebaliknya ketika Anda melakukan pengisian freon. Tidak hanya itu, persiapkan pula perangkat freon AC mobil baru dengan harga cukup terjangkau yakni sekitar 40 ribuan hingga 50 ribuan. Tetapi untuk harga mesin manifold gauge ini memang masih bervariasi harganya dari 300 – 400 ribuan.

Baca Juga : Kelebihan Angin Nitrogen Pada Ban Kendaraan

Metode untuk mengisi freon AC mobil harus dilakukan secara bertahap. Oleh sebab itu bagi Anda yang tak memiliki pengalaman sebaiknya cermati dahulu beberapa metode yang berguna untuk pengisian freon AC mobil seperti berikut ini.

1. Membersihkan Bagian AC Mobil Dahulu
Langkah sederhana pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan pembersihan di bagian AC secara tepat. Sebisa mungkin jangkauan pembersian AC mobil dilakukan dengan sempurna. Bahkan untuk mendapatkan perangkat AC mobil lebih awet juga membutuhkan durasi pembersihan secara rutin. Proses pembersihan di bagian AC mobil bisa dilakukan secara bertahap hingga dari sisi dalamnya pun bisa dibersihkan lebih mendetail.

2. Lakukan Pengosongan Freon
Dalam cara mengisi freon AC mobil diperlukan juga dari pengosongan freon yang harus dilakukan dengan maksimal. Sebelum pengisian freon AC yang baru Anda harus membuang sisa freon yang masih ada di dalam perangkat AC mobil. Bila proses pengisian freon dilakukan tanpa melakukan pengosongan dahulu, maka dikhawatirkan masih ada campuran freon lama dan baru sehingga memberi efek gangguan di perangkat AC mobil Anda.

Anda bisa memulai pembersihan sisa freon di bagian katup manifold gauge. Kemudian hubungkan ke bagian selang berwarna merah sesuai alur hingga menjuju ke bagian nipel bertekanan tinggi. Bukan hanya di bagian selang merah saja, akan tetapi ada beberapa selang berwarna biru di bagian nipel bertekanan rendah dan masih terdapat warna selang hijau untuk bisa menuju ke pompa vakum.

Rata-rata cara mengisi freon AC mobil secara manual ini masih sering salah dalam pengosongan freon lama. Untuk itulah langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghilangkan sisa freon lama untuk diganti dengan freon baru.

3. Pengisian Freon Baru
Bagi pemula sebisa mungkin melakukan pengecekan di semua komponen yang sudah terpasang dengan baik. Oleh sebab itu salah satu katup yang ada di bagian manifold harus bisa dihidupkan dengan pompa vakum. Cek kembali dari ukuran yang ada di dalam vakum gauge tersebut. Standar ukuran yang benar bisa mencapai 600mmHg. Langkah berikutnya membuka di sisi katup manifold bagian satunya agar nanti vakum sebelumnya bisa menyala dan juga bekerja lebih efektif hingga efisien. Nantinya kedua bagian yang aktif tersebut akan sama-sama bekerja. Sampai akhirnya prosedur pengisian freon akan jadi lebih mudah.

Baca Juga : Kekurangan Angin Nitrogen Pada Ban Kendaraan

Jangan lupa untuk memantau proses pengisian freon, kemudian pastikan juga semua sistem bisa berjalan dengan sempurna. Perlu diketahui dalam cara mengisi freon AC mobil ini terdapat angka ideal yang menunjukkan kisaran 750mmHg. Maka dari itu cermati setiap angka ideal apakah sudah mencapai standar aman atau masih belum.

Durasi pengisian freon sendiri pada umumnya bisa dilakukan selama 30 menit. Jika sudah memakan waktu sekitar 30 menit maka Anda bisa langsung menutup kedua bagian katup manifold sebelum mematikan bagian pompa vacum. Langkah berikutnya cukup melihat seperti apa angka yang diperlihatkan dalam meteran, jika masih mengalami penurunan angka maka kemungkinan besar terjadi kebocoran freon di sistem AC mobil.

Jadi untuk cara mengisi freon AC mobil memang kerap memberi banyak standar-standar baru dan terbaik untuk pemilik mobil. Jangan lupa lakukan pengecekan secara berkala agar ke depannya tak terjadi kebocoran freon yang berakibat fatal pada kendaraan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar