Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Sabtu, 12 Oktober 2019

Kelebihan Angin Nitrogen Harus Anda Ketahui

Kelebihan Angin Nitrogen

Kelebihan Angin Nitrogen, Otomo.id - Pemilik kendaraan sepeda motor ataupun mobil pastinya membutuhkan tekanan udara paling tepat untuk memberi kenyamanan saat berkendara. Terdapat dua opsi dimana jenis angin nitrogen dan angin ban biasa yang banyak digunakan. Meskipun dari harga pengisian angin nitrogen terbilang lebih mahal dibandingkan angin biasa, akan tetapi ada beberapa kelebihan angin nitrogen yang sampai sekarang banyak dirasakan oleh pengendara.

Setiap kelebihan dari penggunaan angin nitrogen untuk pengisian tekanan ban memang kerap kali memberi kenyamanan. Akan tetapi masyarakat sepertinya masih mempertimbangkan soal harga dibandingkan manfaatnya. Karena itulah dibutuhkan beberapa penjelasan yang mengutarakan bagaimana keunggulan dari jenis angin nitrogen dibandingkan angin ban biasa.

Kelebihan Angin Nitrogen Wajib Diketahui

Tekanan udara di dalam ban harus diatur sesuai dengan kondisi medan jalan dan juga pada kondisi cuaca. Untuk kondisi cuaca basah dimana kontur jalan sedikit licin diperlukan tekanan udara di dalam ban yang tidak terlalu besar. Maka dari itu penggunana angin nitrogen akan memberi manfaat besar seperti dalam ulasan berikut ini.

1. Molekul Udara Nitrogen Jauh Lebih Besar
Jika dibandingkan dengan molekul udara biasa di dalam ban, maka dari jenis udara nitrogen jauh memiliki ukuran molekuk udara lebih besar. Hal ini tentu menjadi salah satu keunggulan dimana akan memperlihatkan banyak kenyamanan dan juga tidak mudah menguap. Keunggulan nitrogen dalam hal ukuran molekul udaranya memang kerap dirasakan setiap pengendara, sehingga penggunaan nitrogen tidak memberi dampak buruk seperti cepat kempes.

2. Molekul Nitrogen Bisa Menjaga Elastisitas Ban
Bukan hanya dari ukuran molekul lebih besar, akan tetapi kelebihan angin nitrogen ini bisa memberi perawatan seperti menjaga elastisitas ban lebih baik. Maka dari itu ban sepeda motor ataupun mobil yang terbuat dari karet elastis membutuhkan angin untuk mengembangkan semua pori-porinya. Maka dari itu dengan penggunaan jenis angin nitrogen akan menjaga elastisitas hingga membuat kelenturan ban tetap baik meskipun mendapat tekanan cukup kuat.

3. Meningkatkan Daya Cengkram Ban
Percaya atau tidak dimana fakta bahwa penggunaan angin nitrogen pada ban kendaraan akan meningkatkan daya cengkram ban secara maksimal. Hal ini menjadi satu kelebihan angin nitrogen yang mana memberi akses lebih kuat pada daya cengkram ban. Bahkan pada saat kendaraan melaju di kecepatan tinggi sekalipun kondisi ban tetap bisa melakukan cengkraman lebih baik. Hal ini sangat mendukung akselerasi dari setiap kendaraan untuk bisa mempermudah meningkatkan kecepatan saat berada di jalan tol.

Baca Juga : Kekurangan Angin Ban Nitrogen

4. Membuat Velg Tak Berkarat
Banyak kalangan membandingkan bahwa manfaat dari penggunaan angin nitrogen untuk ban kendaraan memang jadi optimasi dan memberi pencegahan karat di bagian velg. Kandungan air di dalam angin nitrogen ini hanya mencapai 1% saja, maka dari itu bisa mengurangi terjadinya proses karat di bagian velg. Karena itulah untuk Anda yang ingin mencegah terjadinya karat di bagian velg bisa langsung menggunakan jenis angin nitrogen.

5. Memberi Waktu Penggunaan Ban Lebih Lama
Satu manfaat penting dari penggunaan angin nitrogen pada ban kendaraan mobil ataupun bermotor adalah memperpanjang masa penggunaan ban. Selama ini penggunana angin biasa pada setiap ban kendaraan akan memberi efek cepat halus dan kurang awet jika digunakan secara rutin. Oleh sebab itu tekanan ban yang selalu terjaga akan membuat proses penambahan angin jadi tidak terlalu sering dilakukan. Banyak pengamat otomotif juga memberi pernyataan bahwa usia ban bisa dipengaruhi oleh tekanan ban yang stabil atau sebaliknya. Jadi keunggulan angin nitrogen inilah yang dapat menjadi solusi terbaik.

6. Mengurangi Resiko Terjadinya Pecah Ban
Menjadi salah satu komponen penting dalam hal keselamatan bagi pengendara ataupun penumpang dimana penggunaan angin nitrogen bisa mencegah terjadinya pecah ban. Tekanan angin biasa yang digunakan pada ban seringkali berubah-berubah dan sangat berbeda dari karakter angin nitrogen yang tetap stabil. Maka dari itu kelebihan dari angin nitrogen ini sangatlah penting untuk menjaga keselamatan berkendara.

7. Menghemat Bahan Bakar
Pemilihan jenis angin nitrogen untuk ban kendaraan juga memberi manfaat sempurna salah satunya menghemat bahan bakar kendaraan. Tekanan ban yang stabil di dalam ban akan menjadi faktor utama kenapa konsumsi bahan bakar bisa lebih hemat. Bahkan ada perbedaan cukup mencolok jika Anda menggunakan jenis angin ban biasa dimana konsumsi bahan bakar cenderung boros hingga membuat bobot ban lebih berat sampai bisa mempengaruhi akselerasi.

Banyak kelebihan angin nitrogen bisa kita rasakan untuk memperpanjang usia ban kendaraan Anda. Meskipun dari harganya terbilang cukup mahal, akan tetapi dari sisi penggunaannya akan jauh lebih maksimal dibandingkan jenis angin ban biasa. Rata-rata penggunaan dari angin nitrogen ini selalu bisa membuka kesempatan untuk menjaga perawatan dari ban mobil ataupun sepeda motor. Sehingga tak ada salahnya bila Anda menggunakan jenis ban angin nitrogen secara rutin dan konsisten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar