Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Kamis, 17 Oktober 2019

Tips Menghemat BBM Untuk Kendaraan Bermotor Full Injection

Tips Menghemat BBM Untuk Kendaraan Bermotor Full Injection

Tips Menghemat BBM, Otomo.id - Pada setiap kendaraan berteknologi full injection hingga sekarang benar-benar memberi banyak manfaat untuk pengendara. Penghematan BBM sudah pasti lebih baik pada tipe mesin fuel injection dibandingkan versi karburasi. Akan tetapi masih ada beberapa metode menarik yang bisa menambah konsep irit dalam menggunakan BBM. Nah, bagi Anda yang memiliki tipe kendaraan bermotor fuel injection sebaiknya mencermati tips menghemat BBM yang mana memberi banyak manfaat lebih sempurna.

Jumlah kendaraan sepeda motor dengan teknologi fuel injection sendiri terbilang cukup banyak di pasaran. Bahkan dalam beberapa kesempatan terdapat beragam standar penggunaan teknologi penghemat BBM yang selama ini perlu diperhatikan bagi pengendara sepeda motor.

Tips Menghemat BBM Untuk Sepeda Motor Fuel Injection

Beragam sarana terbaik untuk menghemat konsumsi BBM pada kendaraan fuel injection memang perlu diperhitungkan. Untuk itulah ada banyak cara tambahan yang sampai sekarang banyak diaplikasikan untuk menghemat penggunaan BBM pada kendaraan sepeda motor berteknologi fuel injection.

1. Selalu Mengatur Tekanan Angin Ban
Seperti kita ketahui bahwa penggunaan ban pada sepeda motor yang benar-benar baik dari sisi tekanan angin akan memberi pengaruh pada konsumsi bahan bakar. Oleh sebab itu bagi kendaraan bermotor sebisa mungkin mengecek tekanan pada ban agar tak terlalu memberi beban besar pada tarikan mesin. Sangat berbeda hasilnya jika kondisi tekanan di dalam ban sepeda motor mengalami penurunan, maka hasilnya cukup buruk pada tarikan mesin terasa lebih berat. Sehingga terpaksa menggunakan konsumsi bahan bakar cukup besar. Untuk durasi pengecekan tekanan angin pada ban bisa dilakukan setiap 2 minggu sekali.

2. Perhatikan Lokasi Parkir Sepeda Motor
Perlu kita kenali dalam tips menghemat BBM dimana harus bisa memperhitungkan lokasi parkir sepeda motor. Sebisa mungkin Anda harus mencari lokasi yang teduh untuk parkir sepeda motor. Hal ini sangat diperlukan untuk mengurangi penguapan bahan bakar yang dipengaruhi oleh teriknya matahari saat menggunakan sepeda motor.

Rata-rata setiap sepeda motor berteknologi injeksi masih saja membutuhkan perawatan lebih maksimal dengan tujuan menghemat penggunaan bahan bakar. Untuk itulah cara tepat untuk menghemat BBM dan menjaga agar cat motor tidak mengalami kerusakan sebaiknya cari tempat parkir yang lebih teduh.

3. Sebisa Mungkin Hindari Jalanan Macet
Ada satu penyebab kenapa konsumsi BBM pada kendaraan sepeda motor injeksi lebih boros karena sering melewati jalanan macet. Padahal untuk laju kendaraan saat masuk ke jalanan macet akan terhambat sehingga memberi waktu lebih lama pada kondisi mesin yang selalu hidup jika berada di jalanan macet. Maka dari itu akan lebih hemat lagi jika Anda selalu menghindari jalanan macet, hingga kebutuhan energi bahan bakar tidak terlalu besar.

4. Mengurangi Penggunaan Kendaraan
Satu cara tepat dan optimal untuk Anda yang ingin menghemat penggunaan kendaraan sepeda motor sebisa mungkin mengurangi pemakaian kendaraan untuk jarak yang dekat. Karena memang dari penggunaan kendaraan terlalu sering bisa membuat konsumsi bahan bakar juga lebih tinggi. Banyak pengendara setuju bahwa saat ini gerakan untuk mengurangi polusi dan bisa menghemat bahan bakar bisa dilakukan dengan cara mengurangi penggunaan kendaraan. Sehingga dari total pengeluaran untuk kebutuhan BBM bisa dihemat.

5. Jangan Terlambat Servis
Dalam hal melakukan servis juga sebisa mungkin jangan sampai terlambat karena dampaknya bisa membuat konsumsi bahan bakar jadi kurang maksimal hingga terkesan lebih boros. Penggantian oli mesin dan pembersihan dari sistem injeksi akan membuat konsumsi bahan bakar BBM jadi lebih hemat.

Baca Juga : Cara Mengisi Freon AC Mobil Secara Manual

Dari tips menghemat BBM satu ini sebenarnya sudah lebih mudah untuk diawasi karena memang menghadirkan banyak standar-standar terbaik untuk memberi kenyamanan saat berkendara sekaligus bisa menghemat penggunaan BBM setiap harinya. Buatlah jadwal rutin untuk melakukan servis, sehingga dari semua komponen mesin dan kualitas oli mesin benar-benar lebih baik.

6. Mematikan Mesin Saat Berhenti Lama
Salah satu kebiasaan baik yang bisa menghemat konsumsi BBM pada kendaraan injeksi adalah mematikan mesin saat berhenti lama di lampu merah. Kebiasaan ini akan membuat kondisi mesin juga cukup dingin meskipun hanya dalam beberapa menit saja. Meski sepele namun dari perbandingan konsumsi bahan bakar minyak dengan menggunakan kebiasaan satu ini benar-benar efektif karena memperlihatkan potensi terbaik di atas 50% penghematan jika dilakukan secara rutin.

7. Hindari Membawa Beban Terlalu Berat
Konsumsi BBM pada kendaraan bermotor ataupun mobil berteknologi injeksi juga akan lebih boros bila Anda terlalu berat dalam membawa beban. Akan lebih baik menghindari membawa barang berat, ataupun bisa menggunakan kendaraan khusus yang digunakan untuk membawa bawaan berat sehingga tidak beresiko terhadap penggunaan BBM yang lebih boros dari biasanya.

Sampai sekarang tips menghemat BBM memang kerap memberi hasil sempurna dan seringkali mendatangkan komponen utama untuk bisa menghemat pengeluaran membeli BBM.Cara-cara di atas juga bisa digunakan untuk menjaga kualitas lingkungan karena tak banyak polusi terbuang karena Anda sudah mengurangi penggunaan kendaraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar