Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Sabtu, 09 November 2019

Penyebab Motor Mogok yang Bikin Dampak Fatal di Bagian Mesin

Penyebab Motor Mogok yang Bikin Dampak Fatal di Bagian Mesin
Beragam penyebab sepeda motor mengalami mogok kini masih banyak dihadirkan dengan berbagai solusi untuk memperbaiki. Akan tetapi saat Anda sudah melakukan servis rutin kemudian mengalami mogok harus berhati-hati karena bisa jadi ada beberapa kendala serius yang wajib cepat diselidiki. Karena memang ada beberapa penyebab motor mogok di segala kondisi cuaca.

Rata-rata untuk penyebab sepeda motor mengalami mogok di tengah jalan bisa dikarenakan pada bagian mesin bermalasah ataupun pada beberapa komponen kelistrikannya. Dari dua opsi tersebut ternyata masih ada kemungkinan lainnya yang perlu Anda cermati agar ke depannya tak terjadi hal-hal serupa.

Penyebab Motor Mogok Harus Cepat Diatasi

Ada banyak persoalan sering dialami pengendara sepeda motor terutama terhadap kejadian mogok di tengah jalan. Maka dari itu Anda perlu mengetahui secara pasti apa saja penyebab dari mogoknya sepeda motor yang benar-benar harus dicermati dan diatasi seperti dalam ulasan berikut ini.

Kerusakan Di Bagian Mesin
Seperti kita ketahui bahwa komponen utama dalam memaksimalkan performa mesin motor bisa disebabkan pada bagian busi. Ketika busi motor bermasalah maka dari performa mesin jadi berkurang bahkan bisa terjadi mogok di tengah jalan. Busi menjadi satu sparepart paling penting di sepeda motor, maka dari itu fungsinya sebagai fasilitas permudah starter motor dan membuat komposisi mesin jadi lebih seimbang harus dirawat secara berkala.

Baca Juga : Penyebab Jamur di Kaca Mobil

Rata-rata kualitas busi yang bermasalah berusia lebih dari satu tahun. Pengendara sepeda motor harus melakukan penggantian busi setidaknya dalam rentan waktu kurang lebih 8-9 bulan. Kondisi busi terlalu kotor dan juga tidak baik akan membuat performa mesin dalam kondisi kurang maksimal. Sehingga ada beberapa ciri dimana kualitas busi kurang baik. Ketika busi bermasalah ada tanda yang mudah dicermati yakni dari suara knalpot seperti menembak-nembak, dan juga saluran gas terasa berat ataupun brebet. Jika terjadi masalah segera ganti busi bekas dengan yang baru.

Masalah di Bagian Karburator
Salah satu kemungkinan kenapa performa motor jadi kurang maksimal bahkan terkesan sering mogok bisa jadi pada bagian karburator yang bermasalah. Rata-rata kasus mogok pada sepeda motor akan membuat kecepatannya jadi terhambat. Karena itulah hambatan yang ada di dalam karburator harus cepat dibersihkan, sehingga tak akan terjadi penyumbatan yang membuat sepeda motor sering mogok. Metode membongkar karburator kemudian membersihkan secara maksimal akan membuat fungsi karburator jadi lebih baik, sehingga perlu adanya perawatan berkala agar tak terjadi mogok.

Mesin Mengalami Overhat
Saat ini ada penyebab motor mogok salah satunya karena bagian mesin terlalu panas atau overheat. Rata-rata sepeda motor yang dipacu dalam kecepatan tinggi kemudian jarak berkendara terlalu jauh akan mengalami overheat. Oleh sebab itu sistem pembakaran antara piston dan liner boring akan mengalami suhu terlalu panas, sehingga mesin tak bisa meredam panasnya meskipun sudah ada pelumasnya.

Sehingga dari suhu mesin akan naik secara drastis hingga piston mengalami pemuaian hingga linir boring akan macet. Agar bisa mengatasi hal tersebut sebaiknya diamkan mesin beberapa saat dengan tujuan mendinginkan mesin, kemudian cek kembali apakah sepeda motor bisa dihidupkan kembali atau tidak. Atau bisa juga menggunakan cara cepat yakni bawa ke bengkel agar bisa diatasi.

Kesalahan Dalam Memilih Bahan Bakar
Meskipun terdengar sepele, tetapi penyebab motor mogok salah satunya disebabkan karena kualitas bahan bakar yang kurang tepat. Hal ini sebenarnya sudah banyak diperhitungkan secara matang sehingga kadar oktan berbeda akan membuat performa mesin juga tidak sama.

Baca Juga : Cara Menghitung Cas Aki Mobil

Ketika kualitas bahan bakar tidak sempurna, maka dari sisi performa mesin akan mengalami beban cukup besar. Jumlah timbal masuk ke ruang bakar mesin akan membuat klep tersumbat, maka dari itu cek kualitas bahan bakar sesuai dengan spesifikasi mesin. Bila perlu gunakan kualitas BBM dalam oktan tinggi baik itu Pertalite ataupun Pertamax.

Setelan Klep Mengalami Penyumbatan
Pada bagian klep juga sangat perlu diperhitungkan, karena kalau nanti terdapat masalah
seperti terlalu rapat akan membuat performa mesin cepat panas. Maka dari itu Anda harus bisa membuat bagian klep tidak terlalu rapat hingga gunakan setelan pabrikan, agar nantinya tidak mengalami masalah seperti macet di tengah jalan. Bila Anda tak memiliki pengalaman dalam mengatur klep sebaiknya gunakan jasa montir berpengalaman agar bisa mengatasi masalah utama di bagian klep yang bermasalah ataupun terlalu rapat.

Seluruh penyebab motor mogok sebenarnya bisa dicegah bila Anda tahu bagaimana cara-cara melakukan perawatan sepeda motor di setiap bagiannya. Untuk sebuah fungsi sparpart pastinya memiliki jangka waktu tertentu, sehingga Anda pun harus bisa mencermati bagaimana tahapan utama agar performa mesin tetap stabil dan bisa terhindar dari macet di tengah jalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar