Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Jumat, 26 Februari 2021

Honda Africa Twin CRF1100L, Motor Dengan Fitur Android Auto

Honda  Africa Twin CRF1100L

Otomo.id
- Perkembangan teknologi sudah tidak bisa dipungkiri lagi, android sudah menjadi kebutuhan pokok manusia sekarang ini. Nah, dalam hal ini Honda kelihatannya juga tidak mau ketinggalan memanfaatkan kecanggihan android. Bagaimana tidak? Honda telah mengeluarkan produk CRF1100L Africa Twin yang telah dilengkapi dengan fitur android auto.


Kebayang gak sih sobat Otomo semua, motor dengan fitur android? Pengalaman mengemudi motor CRF1100L Africa Twin dengan fitur androidnya, pasti memberikan pengalaman mengemudi yang berbeda dengan motor biasanya.


Fitur terbaru yang diusung oleh Honda ini menyebutnya dengan nama Android Auto, yang sebelumnya juga pernah di terapkan di Honda New Goldwing. Fitur Android Auto membuat Honda menjadi salah satu vendor pabrikan motor terbesar yang dikenal sebagai perusahaan yang selalu memberikan model terbaru dan canggih di setiap produk barunya.


Mungkin sobat Otomo juga masih penasaran bagaimana cara kerja Android Auto di Honda CRF1100L Africa Twin seperti apa? Jadi fitur Android auto ini hampir sama seperti dengan mirroring diperangkat digital yang ada di mobil. Tampilan layarnya bisa dibilang lumayan, karena tampilannya versi kecil dari layar dashboard android.


Pada system Android auto, bekerja layaknya ponsel pintar pada umumnya. Pengemudi bisa mengoperasikan berbagai fitur seperti, google maps, menerima panggilan, music play, dan lainnya. Fitur ini bisa memudahkan pengemudi yang melakukan perjalanan jauh, dengan memanfaatkan fitur google maps misalnya, jadi tidak perlu khawatir lagi kita akan nyasar, ataupun tiba-tiba diperjalanan hujan fitur ini bisa terus menuntun kita menuju tujuan. Lain halnya kalau misalnya kita mengakses google maps lewat hp, tentu kita akan khawatir akan terkena air.


Honda mendesain CRF1100L Africa Twin dengan Adventure tourier, harapannya motor android ini bisa menemani para pecinta motor dengan perjalanan jauh. Dengan spesifikasi yang gahar, CRF1100L Africa Twin merupakan motor yang tangguh, canggih dan tahan untuk perjalanan jauh.


BACA JUGA : 3 VESPA MATIC PALING LARIS DI INDONESIA


Bobot CRF1100L Africa Twin diklaim lebih ringan 5 kg dari pendahulunya, dengan begitu motor ini bisa dikemudi dengan kecepatan yang lebih, serta tahan di medan on road maupun off road.


Mesin Honda CRF1100L Africa Twin menggunakan tipe yang lebih besar dan tentunya lebih tangguh. Kapasitas kecepatannya berada pada angka 1.084 cc, dengan tenaga mesin maksimal 75 kW pada 7500 RPM serta torsi 105 Nm di 6000 RPM menggunakan konfigurasi berpendingin cairan parallel twin-cylinder yang telah terbukti ketangguhannya.


Tangki bahan bakar motor ini jauh lebih besar kapasitasnya, dimana sudah bisa muat 24,2 liter dari yang sebelumnya hanya muat 18 liter, sehingga motor ini bisa dibawa ke perjalanan jauh. Karena daya tempuh jarak yang lebih jauh.


Honda CRF1100L mempunyai suspensi yang tidak berubah dari sebelumnya yaitu garpu Showa 45mm dan dengan jarak 9,1inci. Motor CRF1100L Africa Twin memiliki ukuran roda yang tidak berubah, dengan pelek kawat 21 inci (depan) dan 18 inci (belakang)


Teknologi yang tidak kalah canggihnya lagi, CRF1100L Afrika Twin menggunakan system sensor pendeteksi posisi sepeda motor berada pada enam poros. Motor ini juga secara otomatis bisa menyesuaikan dengan kondisi medan yang dilalui, karena fitur ECU dan ABS yang telah di sematkan pada Honda CRF1100L Africa Twin.


Selian itu, mesin motor CRF1100L Africa Twin tidak mudah mengenai benda-benda tinggi seperti batu, karena sudah dilindungi dengan skide plate. Body protector yang berfungsi untuk melindungi fairing dan bagian bawah lampu motor, sudah bisa didapatkan pada model Honda terbaru ini.


Uniknya, motor ini pengguna bisa memilih 2 mode yaitu mode manual dan mode otomatis, yang berada disisi kiri stang. Mesin yang dilengkapi Dual Clutch Transmission atau DCT menjadikan CRF1100L Africa twins sebagai motor Adventure Sports.


Sahabat Otomo perlu tahu, spesifikasi Honda  Africa Twin CRF1100L diatas adalah model yang dipasarkan di Eropa. Untuk spesifikasi yang akan masuk di Indonesia masih belum diketahui apakah sama atau tidak dengan spesifikasi yang ditawarkan di Eropa. Karena Honda sudah menentukan segmentasi pasar besar penting mereka.


Harga Honda Africa Twin CRF1100L , dibandrol dikisaran harga USD 14.399 atau kalau di rupiahkan sekitar Rp 230 jutaan.

1 komentar: