Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Sabtu, 27 Februari 2021

Kenali 6 Jenis Busi Terbaik 2021

Jenis Busi Terbaik 2021

Busi Motor Terbaik, Otomo.id
- Hallo sahabat Otomo semua, pada kesempatan kali ini Otomo.id akan memberikan informasi yang tidak kalah menarik dengan informasi-informasi sebelumnya. Yaps kali ini kita akan membahas jenis-jenis busi motor, bahannya terbuat dari apa saja, serta harganya berapa?


Punya motor kesayangan? Ataupun hanya sekedar untuk menemani kegiatan keseharian kita? Bukan berarti sahabat Otomo bisa mengabaikan perawatan motor. Apalagi sahabat Otomo memiliki motor kesayangan, perawatan adalah hal yang paling utama. Bukan hanya dari tampilannya saja yang tampak mewah, kesehatan busi juga menjadi prioritas utama yang harus tetap di perhatikan.


Busi pada motor adalah salah satu aspek penting yang harus dirawat dan secara rutin diperiksa apakah masih bagus atau tidak. Busi berfungsi sebagai pemicu percikan api pada mesin, sehingga mesin motor bisa menyala. Jika sahabat Otomo.id mengalami masalah motor lama sekali untuk bisa menyala. Bisa saja pemicunya adalah Busi. Kadang-kadang, kita dalam pemilihan busi motor yang kita gunakan, kurang kita perhatikan. Efeknya, mesin motor cepat rusak.


Nah, untuk sahabat Otomo yang masih bingung dalam pemilihan busi tipe apa yang cocok untuk motor, berikut Otomo.id akan mengulasnya untuk kalian semua.


Jenis Busi Motor Terbaik

1. Busi Standar

Busi standar merupakan busi yang terbuat dari bahan dasar Nikel, busi ini menjadi busi motor yang di anjurkan oleh pabrik. Karena memiliki kualitas yang cukup baik. Busi standar biasanya memiliki jarak tempuh dikisaran 20.000 Kilometer, busi standar memiliki diameter center electrode rata-rata berukuran 2,5 mm.


Sahabat Otomo perlu ketahui bahwa busi standar ini memiliki kekurang yaitu cepat panas, karena bahan dasarnya adalah Nikel. Jadi untuk sahabat Otomo yang masih setia menggunakan busi standar, apabila ingin melakukan perjalanan jauh, busi harus tetap diperhatikan.


2. Busi Tembaga

Selanjutnya adalah busi yang terbuat dari tembaga. Busi yang satu ini pada umumnya bisa terbilang kurang peminat, karena jarang digunakan oleh pengguna motor. Busi yang terbuat dari tembaga ini, hanya bisa bertahan pada suhu 1.082 celcius. Meskipun cepat panas, busi tembaga cepat dingan setelah kendaraan dimatikan, selanjutnya akan cepat panas bila dihidupkan kembali.


3. Busi Platinum

Busi terbaik selanjutnya yang bisa sahabat Otomo pertimbangkan adalah Busi Platinum. Busi Platinum menjadi busi yang cukup populer di kalangan bikers Indonesia. Jarak tempuh motor yang menggunakan busi platinum bisa mencapai jarak tempuh 30.000 kilometer.


Otomo.id menyarankan sahabat Otomo untuk mencoba rasanya menggunakan busi platinum ini, karena volume panas yang dihasilkan busi ini tidak terlalu besar karena Busi platinum terbuat dari  nikel dan center electrode berbahan platinum, jika bertemu dengan metal platinum, panas yang dihasilkan akan kecil.


4. Busi Iridium

Keunggulan yang ditawarkan busi Iridium bukan merupakan satu hal yang perlu dipertanyakan lagi. Sahabat Otomo yang ingin meningkatkan performa mesin motor menjadi lebih ganas lagi, Otomo.id sarankan coba busi yang satu ini.


Sejumlah keunggulan yang ditawarkan oleh Busi Iridium ini adalah salah satunya tingkat didih yang tinggi, sehingga bisa meningkatkan performa motor, selanjutnya keunggulan lainnya daya hantar listrik yang sampai sekarang masih yang terbaik. Masa pakai busi iridium bisa mencapai 60.000 kilometer.


5. Busi G-Power

Busi G-Power adalah satu-satunya busi yang terbuat material logam mulia. Sejumlah keunggulan yang ditawarkan oleh busi G-Power adalah memiliki masa pakai yang lebih lama dari busi lainnya, mampu menghemat bahan bakar minya yang digunakan motor, dan rendah emisi. Tinggi titik lebur G-Power diklaim lebih bagus performanya dari nikel, serta busi G-Power yang terbuat dari material Logam mulia ini, memiliki tekstur yang lebih keras daripada nikel.


Busi yang terbuat dari logam mulia ini, terbagi dalam 2 bagian, yaitu logam mulia tunggal dan ganda. Logam mulia single artinya bahan material logam mulia hanya terletak pada satu sisi Electroda. Sedangkan Logam mulia ganda terletak pada 2 bagian sisi elektroda .


6. Busi Racing

Dari namanya saja, sahabat Otomo bisa menilai bahwa tipe busi yang satu ini cocok untuk motor jenis apa. Busi racing sangat menunjang performa kekuatan motor kita. Karena busi ini diketahui digunakan untuk para pembalap. Busi racing didesain dan dibuat dari material yang tahan terhadap temperature mesin yang tinggi serta tahan terhadap kompresi tinggi.


Busi ini meliki bentuk yang unik, karena bentuknya yang hampir menyerupai jarum runcing. Diameter busi racing relatif lebih kecil, dengan diameter center elektroda sekitar 1,2 mm. Masa pakai Busi racing berada di angka 20.000 sampai 30.000 kilometer.

1 komentar: