Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Sabtu, 06 Maret 2021

5 Motor Listrik Indonesia Lengkap Spesifikasinya

Otomo.id - Memasuki tahun 2021, Indonesia gencar kampanyekan penggunaan motor listrik. Cukup banyak deretan motor listrik Indonesia yang saat ini diminati di pasaran. Beberapa tahun belakangan pemerintah Indonesia jelas memperlihatkan produk motor listrik siap jual di masyarakat. Hanya saja antusias dari masyarakat sendiri masih belum tinggi karena beberapa alasan teknis.


Sebenarnya produk motor listrik yang saat ini diluncurkan bahkan sudah diproduksi dalam jumlah besar memiliki spesifikasi menarik. Itulah sebabnya dari informasi peluncuran motor listrik di indonesia inilah yang cukup potensial dengan melihat bagaimana dasar-dasar penting dalam memilih satu motor listrik.


Daftar Motor Listrik Indonesia Terbaru Siap Rilis

Ketika berbicara soal motor listrik dengan semua spesifikasinya pasti memberi patokan harga yang selama ini bisa diperhitungkan semua masyarakat. Dalam hal ini pemerintah Indonesia sudah gencar kampanye seputar produk motor listrik yang sudah rilis hingga akhirnya beri nilai pengalaman penting bagi penggunanya. Langsung saja kita cek seperti apa daftar motor listrik yang sudah dirilis beserta spesifikasi lengkapnya.


1. Honda PCX Electric

Motor Listrik Indonesia

Honda juga turut serta memproduksi motor listrik di Indonesia dengan mengeluarkan seri Honda PCX Electric. Dari sisi bentuk bodi motor memang tidak berbeda jauh dari versi Honda PCX lainnya. Hanya saja teknologi bahan bakar dari motor satu ini memakai 2 baterai lithioum-ion dengan kapasitas 50.4V. Menggunakan teknologi baterai sebagai sumber energi, tentu saja hasil tenaga yang bisa dipakai bisa mencapai 4.2kW dalam rata-rata 5.500Rpm.


Dalam hal ini soal kecepatan maksimal Honda PCX Electric bisa mencapai 40km/jam dengan daya tempuh mencapai 69km. Masih bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan transportasi ramah lingkungan di Indonesia, kemudian sistem pengisiannya juga memakai dua metode yakni colok ke stop kontak dengan durasi pengisian 6jam dari kosong sampai terisi penuh dan swap system. Dari desainnya terlihat elegan, karena tersedia daytime running light, sein, stop lamp berteknologi LED. Dijamin dari sisi performa masih bisa diandalkan dalam keperluan jarak jauh.


2. Gesits

Motor Listrik Indonesia

Salah satu motor listrik Indonesia yang saat ini tengah dipasarkan secara masif dengan merk Gesits. Proyek kolaborasi dari Garasindo dan Institut Sepuluh November telah menghasilkan motor listrik dengan harga terjangkau.


Tidak hanya dari penggunaan sisten tenaga listrik saja, tetapi dari sisi desain dan performa juga tidak kalah dari sepeda motor lainnya. Dari Gesits ini telah memperlihatkan keunggulan di ajang Indonesia International Motor Show pada tahun 2019.


Sehingga dari peluncuran motor listrik Indonesia ini masih banyak diminati karena desainnya hampir sama seperti sepeda motor matic lainnya. Desainnya hampir sama seperti Honda Vario 125, ditambah adanya tampilan lampu HID Projetcion berteknologi LED hingga ketersediaan Day Running Light di sisi kanan dan kiri.


Performa baterai Lithium Ion NMC menjadi andalan sepeda motor listrik ini. Sehingga dari semua performa yang bisa dinikmati adalah kecepatan sekitar 40km per jam dengan jarak tempuh mencapai 70km. Performa baterai dengan daya 72V 20A menjadi keunggulan Gesits sebagai motor listrik yang diproduksi secara masal.


3. Selis E-Max

Motor Listrik Indonesia

Dari namanya memang belum terlalu tenar, tetapi produk Selis E Max sudah menjadi motor listrik Indonesia dan sudah bisa dibeli secara resmi. Motor listrik ini memperlihatkan desain unik, bahkan bisa digunakan pada jarak dekat. Kemampuan dari mesin motor listrik satu ini tidak diragukan lagi, karena memiliki kecepatan maksimal 50km per jam dengan tenaga penggeraknya mencapai 1.200Watt.


Selis E Max masih dibekali baterai berspesifikasi 60 volt 20 ampere. Sehingga dari proses pengisian daya baterainya bisa mencapai 4-6 jam. Performa mesin dan baterai Selis E Max memang ditujukan untuk jarak 40km saja, sehingga dapat dikategorikan sebagai motor listrik untuk jarak dekat.


4. Viar Q1

Motor Listrik Indonesia

Produk motor listrik dari PT. Triangle Motorindo Viar juga meramaikan pasaran dengan seri Viar Q1. Dari produksi motor listrik Viar ini terbilang sukses karena mampu bersaing dengan motor listrik Indonesia lainnya.


Hingga sekarang produksi Viar Q1 ini cukup potensial karena mampu memberi performa terbaiknya. Terlihat desain bodi Viar Q1 ini terlihat elegan, dengan mengusung tema minimalis ditambah lagi besarnya baterai pada motor satu ini mencapai 60V 23 Ah. Sedangkan dari jarak tempuh yang bisa dicapai cukup panjang yakni 120km.


5. EC GO2

Motor Listrik Indonesia

Menjadi salah satu motor listrik Indonesia yang mana kerap menjadi perhatian karena dianggap sebagai brand baru. Diproduksi oleh PT. Green City Traffic, seri EC GO2 mampu melaju sampai 70km per jam. Kemudian daya jangkau setiap satu kali pengisian penuh mencapai 80km. Keunggulan dari sepeda motor listrik ini adalah mampu melewati genangan air setinggi 30cm, sehingga desainnya sedikit lebih tinggi.


Cukup banyak daftar motor listrik Indonesia yang saat ini terus diperhitungkan sebagai modal bagi masyarakat Indonesia untuk beralih ke teknologi sepeda motor listrik yang lebih ramah lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar