Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Sabtu, 20 Maret 2021

Ini Dia 6 Penyebab Mobil Boros, Wajib Diketahui..!

Ini Dia 6 Penyebab Mobil Boros, Wajib Diketahui..!

Otomo.id
- Hallo sobat Otomo, pada artikel kali ini kita akan membahas topik yang bermanfaat dan tentunya bisa menambah wawasan kalian tentang dunia otomotif. Yaps, kita akan mengulik 6 penyebab bahan bakar mobil boros. Bagi kamu yang suka mengendarai mobil tentunya ingin konsumsi bahan bakar mobil tidak cepat boros, tapi pada beberapa kasus yang terjadi di lapangan pengendara mobil masih mengalami masalah konsumsi bahan bakar yang boros.


Meskipun pengendara sudah menggunakan eco driving yang merupakan fitur penghemat bahan bakar, tapi terkadang mobil masih tetap boros, itu artinya sobat Otomo mengalami masalah teknis. Nah, untuk mengatasi masalah teknis bahan bakar cepat boros, berikut Otomo.id akan membahas 6 penyebabnya yang dikutip dari sumber terpercaya.


Penyebab Mobil Boros

1. Penggunaan AC Berlebihan

Penggunaan AC secara benar akan membuat kelancaran pada mobil dan juga kenyamanan penumpang. Tetapi penggunaan AC yang tidak sesuai juga akan berpengaruh buruk untuk kesehatan mobil. Kebanyakan pengendara akan menyalakan AC pada titik paling dingin saat siang hari, sebenarnya ini adalah hal yang sangat fatal.


Karena penggunaan AC secara tidak benar akan membuat bahan bakar semakin boros. Pada saat suhu AC sangat dingin, refrigant pemompa daya akan terbagi. Sehingga mengakibatkan kekuatan mesin terkuras lebih banyak dan daya kompresor AC juga akan meningkat. Yang akhirnya pembakaran dalam mesin mobil akan semakin besar, otomatis bensin akan boros.


2. Filter Udara Kotor

Penyebab mobil boros berikutnya adalah karena filter udaranya yang sangat kotor. Selain filter bensin yang harus rajin di bersihkan, filter udara juga perlu diperhatikan. Apabila suplai udara bersih pada mobil tidak sesuai, maka mesin tidak akan berjalan sesuai performanya. Filter udara yang kotor mengakibatkan udara bersih dalam mesin akan berkurang.


Jika filter udara dibiarkan kotor dalam waktu yang lama, akan berdampak pada kinerja mesin pada mobil, sehingga pistol mobil tidak bekerja sesuai standar, yang membuat mobil tidak bertenaga. Untuk mendapatkan tenaga yang lebih, anda harus menginjak pada gas lebih dalam, yang berakibat pada konsumsi bahan bakar cepat boros


BACA JUGA : 10 TIPS MEMBELI MOTOR BEKAS


3. Knalpot Bocor

Penyebab bahan bakar boros selanjutnya adalah knalpot yang bocor, hal ini juga sering di lupakan pengendara mobil. Tanpa disadari konsumsi bahan bakar akan semakin bertambah. Knalpot yang bocor akan membuat pembuangan gas, hasil pembakaran dalam mesin mobil akan terganggu yang mengakibatkan mobil mengalami pemborosan yang berlebihan. Untuk sobat Otomo disarankan agar mengecek knalpot mobil kalian, apakah mengalami kebocoran atau tidak untuk memastikan posisi mobil dalam keadaan aman.


4. Filter Bensin Kotor

Penyebab konsumsi bahan bakar cepat boros bisa di akibatkan oleh filter bensin yang lama di bersihkan, sehingga filter bensin kotor. Untuk itu disarankan untuk sobat Otomo supaya rajin membersihkannya. Untuk filter bensin sebenarnya harus dibersihkan secara rajin, minimal setiap interval 30 ribu kilometer sampai 40 kilometer, sehingga bensin yang disalurkan ke ruang bakar bensin selalu dalam keadaan bersih. Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus, bisa mengakibatkan kerusakan pada mesin mobil dan juga akan membuat konsumsi bahan bakar mobil cepat boros.


5. Terlambat Ganti Oli

Keterlambatan mengganti oli mobil kerap kali terjadi untuk setiap pengendara mobil, tanpa disadari hal tersebut bisa mengakibatkan mobil boros. Kebiasaan buruk inilah yang harus sobat Otomo sekalian untuk hindari, untuk tetap menjaga performa mobil. Sebenarnya oli mobil harus di ganti jika sudah mencapai jarak tempuh 5.000 kilometer. Nah, jika sudah mencapai jarak tempuh diatas maka disarankan untuk mengganti oli mobil. Tapi kadang-kadang kita sering menyepelekan hal ini, sehingga mobil mengalami penurunan kualitas pada oli. Akibatnya mesin mobil mengalami penurunan kinerja dan berpengaruh pada keborosan mobil.


6. Ban Tidak Sesuai Standar

Ternyata ban mobil juga berpengaruh pada keborosan konsumsi bahan bakar, sebagian besar pengendara tidak mengetahui akan hal ini. Ban mobil yang tidak sesuai standar mengakibatkan konsumsi bahan bakar cepat boros, dikarenakan beban gesekan pada ban. Menggunakan ban modifikasi atau lebih besar dari standar ban mobil pada umumnya, akan menambah beban gesekan pada mobil, tanpa disadari ini bisa mengakibatkan mobil boros, Ban botak juga demikian.

2 komentar: