Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Selasa, 16 Maret 2021

Supercar Ferrari SF90 Stradale Kini Hadir di Indonesia

Supercar Ferrari SF90 Stradale Kini Hadir di Indonesia

Otomo.id
  - Ferrari kembali memulai babak baru di Indonesia di 2021, dengan melaunching produk mobil terbarunya yang memiliki tenaga di atas rata-rata. Nah, tentunya sahabat Otomo pecinta Ferrari pastinya penasaran dengan mobil sport hybrid satu ini. Langsung saja kita sama-sama mengulas detail mobil Supercar atau spesifikasi Ferrari SF90 Stradale ini.


Hadir di Indonesia yang di prakasai oleh perusahaan PT Eurokars Prima Utama (APM) yang merupakan agen mobil Ferrari resmi Indonesai, Ferrari langsung membuat kaget dunia Pecinta mobil Sport di Indonesia. Bagaimana tidak, tidak tanggung-tanggung pada babak awal saja Ferrari memperkenalkan mobil Plug-in Hybrid pertama mereka yaitu SF90 Stradale, yang sudah bisa di pesan di Indonesia.


PT Eurokars Prima Utama sendiri merupakan hasil kerjasama antara pecinta mobil premium Indonesia yang didirikan oleh dua tokoh industry otomotif Karsono Kwee dan Prijono Sugiarto. Supercar Ferrari SF90 Stradale mobil pertama yang mengusung tema ramah lingkungan dikalangan Ferrari. Bukan berarti SF90 Stradale tidak mempunyai tenaga yang galak di aspal, mobil ini diklaim mempunyai mesin turbo yang mampu menghasilkan tenaga hingga 780 daya kuda, yang merupakan daya tertinggi yang terpasang di mesin Ferrari sepanjang sejarah Ferrari.


Ferrari SF90 Stradale memiliki tampilan Sporty yang sangat gagah, yang di desain khusus oleh Flavio Manzoni. Yang berhasil membuat tampilan proposorsi Ferrari SF90 Stradale tampil sempurna, yang ditambah dengan teknologi yang dimilikinya.


Pada bagian lampu depan, SF90 Stradale untuk pertama kalinya memilki tampilan desain lampu LED Matrix yang memnbentuk huruf C, yang mampu meningkatkan visibilitas di semua kondisi berkendara. Karena mobil ini sudah dibekali dengan beam control aktif. Pada bagian sekeliling bodi, lips bumper, lubang udara, spoiler, diffuser dan velg supercar satu ini sudah menggunakan bahan karbon fiber asli.


Mobil Ferrari SF90 Stradale ini menggunakan Velg dengan tipe karbon ringan, yang memiliki desain palang 10 berukuran 20 inci. Ditambah lagi dengan warna hitam pada velg nya yang menambah ke estetikan mobil ini. Pada bagian kanan dan kiri Velg terdapat lubang yang berfungsi sebagai pendingin intercooler.


Pipa knalpot yang terdapat pada bagian belakang mobil memiliki ukuran yang lebih tinggi dari biasanya. Ini merupakan hasil optimaslisasi dari exhaust line layout, dikarenakan power trainnya lebih rendah, sehingga para desainer dengan mudah mampu merendahkan bagian bodi belakang mobil ini. Keunggulan lain pada Ferrari SF90 Stradale ini adalah pada bagian layar dashboard dalam mobil sudah menggunakan teknologi touchscreen pada pengaturan AC, pengaturan kaca spion, lampu, hiburan yang sudah dapat dioperasikan dengan touchscreen. Sedangkan pada bagian konsol tengahnya ada dua cupholder, berfungsi sebagai naik turun jendela dan tombol transmisi.


BACA JUGA : DAFTAR HARGA FERRARI 2021


Untuk dapur pacunya sendiri, mobil supercar satu ini menggunakan mesin yang sama dengan pendahulunya Ferrari Pista 488, dengan mesin berkonfigurasi V8 Twin turbo. Perbedaanya terletak pada kubikasinya saja. Pada 488 Pista memiliki kubikasi 3.902 dk sendangkan pada Ferrari SF90 Stradale mempunyai kubukasi yang lebih besar yakni 3.900 cc. Memiliki kubikasi yang lebih tinggi, tentunya akan membuat mobil ini mempunyai tenaga yang lebih ganas lagi.


Tidak kalah menarik juga untuk diketahui, bahwa mesin Ferrari SF90 telah di kombinasikan dengan Lithium-ion Batteray yang mempunyai kapasitas 7,9 kWh dan ditambah lagi dengan 3 motor listrik MGU-K, dimana masing-masing terletak di bagian depan sebanyak 2 buah dan satunya lagi di bagian belakang.

Supercar Ferrari SF90 Stradale Kini Hadir di Indonesia


Keunggulan mesin SF90 Stradale ini terletak pada mobil listriknya, yang mampu menghasilkan tenaga 217 dk. Yang bila ditotal dari semuanya, supercar ini memiliki tenaga keseluruhan hingga 986 dk. Tenaga dan torsi besar yang dihasilkan tersebut, kemudian ditransmisikan secara otomatis 8 percepatang dengan kopling ganda.


Bagaimana sobat Otomo, kebayang bagaimana kecepatan maksimal yang dihasilkan mobil ini? Baterai SF90 Stradale jika dalam posisi terisi penuh, dapat digunakan dengan modus full listrik, dengan jarak tempuh 25 kilometer. Untuk pengisian daya listriknya memanfaatkan fitur portable charging, membutuhkan waktu 9 sampai 10 jam pengisian.


Sistem turbo telah dilengkapi dengan fitur Electronically-Controlled Wastegates. Di mana fitur ini nantinya akan berfungsi sebagai peningkat pemanas katalisator dan volute kompresor yang mempu mengoptimalkan dinamika fluida. Sehingga mesin akan mengeluarkan tenaga yang lebih ekstra lagi, pada mode on turbo.


Perubahan lain juga terjadi pada supercar SF90 Stradale Ferrari ini, dimana desain transmisi 8 speed, oil bath, dual clutch transmission telah di desain ulang oleh Ferrari. Pada system roda gigi juga sudah menggunakan desain terbaru yang tentunya lebih efisien. Sehingga konsumsi bahan bakar akan menurun, tanpa harus mengorbankan performanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar