Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Selasa, 23 Maret 2021

Cara Menghitamkan Ban Motor Agar Terlihat Seperti Baru

Cara Menghitamkan Ban Motor Agar Terlihat Seperti Baru

Otomo.id
- Siapa sih yang nggak mau punya ban motor yang keren, juga mengkilap serta bersih. Mimin yakin kalian semua pasti ingin motor kalian mengkilap di seluruh bagian kan? Tidak terkecuali di bagian ban nya. Mengingat ban memiliki peranan yang cukup penting, dan juga bersinggungan secara langsung pada medan jalan, ban yang bersih akan menjadikan motor terlihat semakin gagah.


Akan tetapi banyak orang yang sering mengabaikan perawatan ban nya, jika dibiarkan begitu saja dan akan kusam serta pucat. Nah untuk itu Mimin bakalan kasih tips nih sobat otomo, gimana caranya menghitamkan ban motor agar mengkilap dan terlihat seperti baru.

Tips Hitamkan Ban Motor

1. Semir Ban Motor

Cara Menghitamkan Ban Motor Agar Terlihat Seperti Baru

Tips ban hitam yang pertama adalah dengan menggunakan semir ban. Ada beberapa merk semir ban yang cukup ampuh membuat ban motor kamu jadi kinclong lagi. Namun yang sobat otomo harus ingat adalah, pilihlah semir ban yang bahannya menggunakan silikon cair. Hal ini bisa menjadikan ban lebih mengkilap dan juga hitam.


2. Menggunakan Pasta Gigi

Cara Menghitamkan Ban Motor Agar Terlihat Seperti Baru

Selain berfungsi untuk memutihkan gigi ternyata pasta gigi juga bisa untuk membuat bersih ban motor loh sobat otomo. Tips ban hitam ini cukup terbilang ampuh selain itu juga sangat mudah untuk didapat. Cara menggunakannya cukup mudah yakni sobat otomo hanya perlu menggosok ban dengan sikat yang sebelumnya sudah diberi pasta gigi. Tunggu sampai pasta gigi mengering lalu bilas dengan air bersih.


3. Menggunakan Baking Soda

Cara Menghitamkan Ban Motor Agar Terlihat Seperti Baru

Cara menghitamkan ban motor selanjutnya adalah dengan menggunakan baking soda atau bisa juga soda kue. Sobat otomo bisa membeli di supermarket atau toko bahan-bahan kue. Cara penggunaannya sangat mudah yakni hanya perlu mencampur soda kue dengan air saja lalu aduk rata sampai berbentuk pasta. Kemudian oleskan baking soda yang sudah dicampur air ke seluruh ban motor, diamkan sampai mengering lalu bilas sampai bersih.


4. Memakai Minyak Goreng

Cara Menghitamkan Ban Motor Agar Terlihat Seperti Baru

Di dapur sobat otomo pasti ada kan minyak goreng? Tips ban hitam kali ini cukup terbilang unik karena menggunakan minyak goreng bekas, hal ini ternyata cukup ampuh dan cukup praktis untuk dipakai. Namun juga jangan salah, untuk efeknya ban motor akan lebih terlihat mengkilap seperti baru. Cara mengaplikasikannya sangatlah mudah hanya dengan mengoleskannya secara merata pada ban motor dengan menggunakan kuas. Mimin sarankan untuk melakukannya secara rutin agar hasil yang didapat lebih maksimal.


5. Campuran Bensin Serta Cat Kayu

Cara menghitamkan ban motor kali ini cukup anti mainstream, yaitu di mana banyak orang menggunakan campuran bensin serta cat kayu dan juga cairan pengkilap. Berdasarkan beberapa info dari teman mimin yang sudah pernah menggunakan cara ini ternyata berhasil loh sobat otomo. Untuk menggunakan tips ini pastikan menggunakan perbandingan 3:1:1 yaitu untuk bensin 3 ,cat kayu 1 dan cairan pengkilap 1.


6. Minuman Bersoda

Cara Menghitamkan Ban Motor Agar Terlihat Seperti Baru

Panas-panas gini emang enak banget nih kalau minum yang bersoda, eh tapi jangan salah, minuman yang bersoda ternyata cukup ampuh juga loh untuk menghitamkan ban motor. Cara ini cukup maksimal untuk hasilnya. Untuk cara pemakaiannya cukup terbilang mudah, sama seperti penggunaan baking soda. Kamu hanya perlu menuangnya di wadah lalu gunakan kuas untuk dioleskan ke bagian ban nya. Lakukan cara ini seminggu sekali agar ban motor tetap terlihat mengkilap.


7. Silikon Cair

Cara Menghitamkan Ban Motor Agar Terlihat Seperti Baru

Tips ban motor hitam selanjutnya adalah dengan menggunakan silikon cair Jika sobat otomo melakukannya secara rutin, maka hasil yang akan didapat juga akan maksimal. Silikon cair dapat membuat tampilan motor kamu menjadi lebih kinclong dan tentu saja kusam tidak akan terlihat lagi. Namun penggunaan silikon perlu dicampur dengan bahan lain ya, misalnya dengan terpentin. Untuk proses pencampuran nya perlu memakai perbandingan yakni 70:30 yakni silikon 70 dan terpentin 30.


8. Teh Kemasan

Cara Menghitamkan Ban Motor Agar Terlihat Seperti Baru

Cara menghitamkan ban motor yang terakhir ini cukup terdengar aneh. Bagaimana tidak ternyata teh manis instan yang banyak beredar di pasaran ternyata cukup ampuh untuk membuat ban motor menjadi hitam mengkilap. Kamu bisa membeli merk apapun misal saja teh kotak atau bahkan teh botol sosro juga bisa. Harganya sangat murah, hanya sekitar Rp.5000 an saja. Cara penggunaannya juga cukup mudah hanya dengan mengoleskan teh manis secara merata di bagian ban nya. Tips terakhir ini yang paling mudah serta murah karena bahannya sangat mudah didapatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar