Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Jumat, 26 Maret 2021

Daihatsu Rocky 2021, Mobil Penuh Misteri

Daihatsu Rocky 2021, Mobil Penuh Misteri

Otomo.id
- Sobat otomo udah siapkah kalian untuk menyambut kedatangan produk baru, yakni mobil Daihatsu Rocky? Berdasarkan berita yang mimin dapat, mobil ini segera rilis bulan April tahun 2021 ini. Walaupun banyak orang yang masih dibuat bingung, karena unitnya belum ada akan tetapi mobil ini sudah masuk ke daftar mobil penerima PPnBM.


Pihak Astra sendiri sudah memberi penjelasan terkait hal tersebut, menurutnya mobil ini dibuat untuk mendukung pemerintah dalam menaikkan minat konsumen pasar otomotif, yang saat ini sedang sedikit turun karena adanya wabah covid 19. Mobil Daihatsu Rocky terlihat melakukan uji coba jalan di daerah Jawa Barat serta tol Padalarang.


Banyak orang yang yang antusias sehingga mengabadikan momen tersebut, dan diunggah pada sosial media mereka. Terdapat sticker warna silver pada seluruh body mobilnya, dan ada juga pelek yang berjumlah lima palang, yang disemprot cat warna hitam. Tampilannya mencolok, membuat banyak orang yang penasaran. Mungkin hal ini sengaja dibuat untuk menarik minat para konsumen, semacam salah satu cara marketing.


Mobil Daihatsu Rocky mengunakan  mesin IKR-VET bensin dengan DOHC 1,0 L, serta 3 silinder dengan induksi Turbo. Kinerja dayanya sama dengan mesin 1,5 L NA. Tenaga maksimumnya mencapai 98 ps di 6.000 rpm, dengan torsi Puncak mencapai 140 Nm pada 2.400 sampai 4000 rpm.


Banyak yang mengira jika  mobil Daihatsu Rocky memakai mesin 1,2 L. Padahal berita ini belum tentu benar. Sampai saat ini belum ada informasi yang jelas mengenai mesin yang akan dipakai Daihatsu Rocky, serta untuk konfigurasi piston nya juga masih menjadi rahasia. Apakah menggunakan 4 silinder atau 3 silinder sobat Otomo harus bisa lebih bersabar lagi. Namun yang pasti untuk transmisi mesinnya, sudah menggunakan 5 speed otomatis CVT.


CVT sendiri adalah kepanjangan dari continvously variable Transmission. Hal ini baru untuk Daihatsu di Indonesia. CVT sendiri adalah sistem penyaluran matic yang lebih canggih jika dibandingkan dengan transmisi otomatis atau A/T konvensional. Meskipun memiliki transmisi yang sama, yakni secara otomatis sehingga tidak usah menginjak kopling.


CVT mempunyai perbedaan yang cukup berbeda jika dibandingkan dengan model 4 AT. Pada transmisi 4AT, perpindahan pada giginya memakai planetary gear set. Sedangkan untuk CVT memakai puli dan driven pulley serta sabuk baja. untuk Komponen penggerak utamanya teknologi ini mengalami kemajuan dari sebelumnya.


BACA JUGA : HYUNDAI STARIA DIPREDIKSI KALAHKAN TOYOTA AVANZA


CVT sendiri dapat memberikan sensasi halus pada saat melakukan perpindahan kecepatan. Sobat Otomo dapat merasakan nyaman saat melakukan perpindahan dari rasio Gear. Yang lebih karennya, teknologi CVT penggunaan rasio pada roda gigi nya telah diperpanjang baik untuk posisi yang rendah maupun posisi yang tinggi.


Hal ini akan membuat akselerasi yang bertenaga serta mulus walau pada kecepatan yang rendah, serta penggunaan bahan bakar yang hemat dan senyap di saat kecepatan yang tinggi sekalipun. Keunggulan yang lain adalah, sistem penyaluran tenaganya mampu mentransfer energi kinetik sehingga mesin akan menjadi tambah efektif. Walaupun pada putaran rendah sekalipun, mampu mendapat tenaga yang cukup besar.


Daihatsu berhasil membuat teknologi pertama di dunia dengan menggabungkan antara cara penggerak sabuk dengan penggerak roda gigi nya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pada transmisi bahan bakar nya serta akselerasi yang semakin baik yaitu menjadikan suara yang nambah hening. Karakteristik pada pedal gasnya sudah dioptimalkan lebih tangkas, baik untuk kecepatan rendah atau tinggi sekalipun. Mobil Daihatsu Rocky sendiri mendapat sambutan cukup baik dari kalangan masyarakat Jepang. Mobil Daihatsu Rocky bahkan mendapatkan rating 5 bintang dalam JNCAP dari Kementerian negara Jepang, serta juga dari NASVA. Adanya fitur smart Assist System,berhasil membuat mobil Daihatsu Rocky mendapat rating paling tinggi.


Untuk info yang lebih detail lagi maka sobat Otomo harus menunggu mobil ini benar-benar rilis dulu, harus bersabar sebentar lagi karena tidak lama lagi mobil ini akan bisa dimiliki kalian. Desain dan juga mesin yang digunakan masih menjadi misteri sampai sekarang, bahkan ada banyak orang yang saling menerka-nerka akan seperti apa nanti tampilan dari mobil Daihatsu Rocky ini. Kita berharap semoga saja kali ini Daihatsu tidak membuat kecewa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar