Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Selasa, 16 Maret 2021

Geni Biru E-falco Mobil Listrik Karya Anak Bangsa

Geni Biru E-falco Mobil Listrik Karya Anak Bangsa
Foto : UMB

Otomo.id
- Kita patut bangga dengan hasil karya anak bangsa, tak bisa dipungkiri anak bangsa semakin menunjukkan pesona nya. Kali ini mobil listrik telah hadir dan baru saja rilis belum lama ini. Mobil listrik yang diberi nama Geni Biru E-falco merupakan sebuah mobil listrik buatan anak bangsa yang diciptakan oleh mahasiswa dari universitas Mercu Buana.


Falco sendiri memiliki arti burung alap-alap atau biasa disebut dengan Falcon. Burung alap-alap sendiri yaitu sejenis burung yang memiliki kemampuan terbang yang sangat cepat. Hal inilah yang menjadi inspirasi dari mahasiswa universitas Mercu Buana untuk menciptakan sebuah mobil listrik yang diberi nama Geni Biru E-falco. Dengan demikian diharapkan mobil listrik Geni Biru E-falco mampu melesat dengan kencang, secepat burung Falcon.


Sedangkan Geni Biru sendiri berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti Api biru, hal ini mencerminkan semangat yang membara yang tidak akan pernah padam. Mobil Geni Biru E-falco dibuat oleh tim E-falco dari universitas Mercu Buana. Mobil Geni Biru E-falco dibuat dengan menggunakan konsep mobil balap.


Mobil listrik hasil karya anak bangsa ini baru saja dirilis pada tanggal 13 Maret 2021 tepatnya dihari Sabtu. Namun perilisannya dilaksanakan secara online ya sobat otomo, mengingat masih adanya pandemi covid-19.


Sebelum diluncurkan mobil listrik Geni Biru E-falco sebelumnya sudah melakukan serangkaian uji coba ya sobat Otomo. Seperti uji analisa, uji torsi dan daya, pengujian rem bahkan sampai konsumsi untuk energi serta konsumsi pada baterai yang digunakan. Karya anak bangsa yang satu ini memang tidak perlu diragukan lagi.


Mobil listrik terbaru yang diberi nama Geni Biru E-falco sudah memakai motor penggerak sebesar 3KW yang menggunakan baterai di dalamnya. Mobil listrik ini dapat menempuh kecepatan mencapai 100km/jam, untuk akselerasi nya dari 0-75 km/jam dan ini bisa ditempuh hanya dalam kurun waktu 13,63 detik saja. Geni Biru E-falco buatan mahasiswa universitas Mercu buana ini mampu menghasilkan torsi 228 Nm pada motornya serta 279 Mm pada rodanya serta tenaga yang dihasilkan akan mencapai 14,7 HP.


BACA JUGA : MOBIL LISTRIK MURAH NISSAN-MITSUBISHI SEGERA HADIR


Untuk menyelesaikan projek mobil listrik Geni Biru E-falco buatan mahasiswa kreatif ini, tim Geni Biru membutuhkan waktu kurang lebih selama setahun dengan mahasiswa yang ikut berpartisipasi sebanyak sembilan belas orang. Mobil listrik Geni Biru E-falco dikabarkan akan mengikuti beberapa kompetisi. Seperti kompetisi mobil listrik Indonesia dan juga IIMS. Kita doakan saja sobat Otomo semoga mobil listrik Geni Biru E-falco ini mampu menang,dan bisa membawa nama indonesia ke kancah internasional.


Geni Biru E-falco menjadi bukti nyata bahwasanya anak bangsa bisa berkontribusi secara langsung kedalam inovasi pembuatan kendaraan yang ramah lingkungan. Mobil listrik Indonesia ini juga  mampu menghasilkan daya 7,86 Watt hanya dalam waktu kurang lebih selama lima menit saja sejak di jalankan, cukup singkat bukan sobat Otomo. Dan saat sedang berada di jalanan dengan kondisi jalan yang memiliki kondisi jalan lurus atau datar mobil listrik Geni Biru E-falco mampu melaju sejauh 100 m hanya dengan konsumsi daya yaitu sebesar 1,5 Watt saja.


Untuk kecepatan rata-rata dari mobil listrik karya anak bangsa ini adalah 34 km/jam. Sedangkan untuk jalanan yang menanjak dengan tingkat kemiringan mencapai 15 derajat maka mobil listrik Geni Biru E-falco mampu menghabiskan daya kira-kira sebesar 7,86 Watt/jam. Berdasarkan data tim penguji dari Geni Biru universitas Mercu buana, mobil listrik ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 14,7 dk pada motor listriknya serta 17dk pada bagian roda penggerak nya.


Mobil listrik Geni Biru E-falco di desain dengan mengambil konsep yang bertemakan Aero dinamis serta bobotnya yang ringan dan juga daya gesekan nya yang sangat minim sampai transmisi penggunaan bahan bakar yang sesuai sehingga penggunaan bahan bakar akan lebih awet.


Kita harus selalu mendukung hasil karya anak bangsa. Hal ini dapat kita lakukan sebagai bentuk apresiasi terhadap semangat mereka karena sudah berhasil menciptakan sebuah inovasi baru pada dunia otomotif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar