Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Selasa, 16 Maret 2021

Hal Yang Harus Dilakukan Saat Motor Terkena Banjir

Hal Yang Harus Dilakukan Saat Motor Terkena Banjir

Otomo.id
- Saat ini kita sedang memasuki musim hujan. Curah hujan yang cukup tinggi dan juga tidak kunjung berhenti membuat beberapa daerah di Indonesia mengalami banjir. Hal ini mengakibatkan banyak kerugian, misalnya saja transportasi. Lantas Bagaimana cara yang dilakukan jika motor sudah terendam banjir? Jika ketinggian banjir motor masih belum merendam secara keseluruhan dari body motor atau tidak melewati setengah ban nya, maka sobat otomo bisa melakukan beberapa langkah dibawah ini:

Tips Motor Kena Banjir

1. Jangan Langsung Menyalakan Mesin Motor

Tips motor terendam banjir yang pertama adalah dilarang untuk langsung menyalakan mesin motor. Hal ini dikarenakan akan berakibat semakin parahnya kerusakan. Jika air melebihi ketinggian pada mesin, maka risiko air masuk ke dalam silinder semakin besar.


Apabila sobat Otomo langsung menghidupkan mesin, maka yang akan terjadi adalah motor sobat otomo akan mengalami resiko terkena water hammer yaitu di mana piston pada motor sobat bisa jebol serta stang piston akan mengalami kebengkokan, Selain itu endapan lumpur dapat masuk pada mesin motor sehingga akan mengakibatkan keausan komponen di dalam ruang mesin.


2. Siram Kendaraan Motor Menggunakan Air Bersih

Sobat otomo perlu menyiramkan air bersih ke beberapa titik vital pada kendaraan bermotor sobat. Hal ini dilakukan untuk menghindari kotoran yang dapat menyebabkan bagian mesin mengalami kerusakan, berkarat serta mengalami menumpuknya kotoran. Setelah disiram keringkan dengan kanebo, terutama pada bagian yang paling terkena air banjir.


3. Keringkan Busi

Jika busi mengalami kerusakan, keringkan dan sikat busi dan setelah kering pasang busi secara hati-hati agar tidak mengalami kerusakan. Untuk cara pembersihannya adalah melepaskan busi dari tempat, kemudian tutup pada bagian lubang busi pada bagian mesinnya dengan kain yang bersih serta kering. utamakan pada bagian elektrodanya. Setelah busi kering pakailah sikat bisa juga amplas halus sebagai alat untuk membersihkan bagian ujung elektroda dan kepala busi.


4. Cek Bagian Dalam Mesin Motor

Apabila motor sobat Otomo masih juga belum bisa untuk dinyalakan, maka sobat Otomo perlu mengecek CVT untuk kemudian dibersihkan, pastikan CVT bebas dari air. Setelah itu juga perlu untuk mengecek bak engkol, kopling, silinder, serta kepala silindernya dan juga karburator.


Apabila ada bagian yang diperlukan untuk direndam, maka harus menggunakan cairan yang memang dikhususkan untuk menetralisir tingkat keasaman, hal ini supaya mesin motor tidak berkarat. Setelah itu sobat otomo perlu mengecek filter udara, jika basah maka bisa menggantinya dan kalau masih bisa digunakan cukup dikeringkan saja.


BACA JUGA : PENYEBAB MOTOR MOGOK YANG FATAL DIBAGIAN MESIN


5. Cek Oli Motor

Jika motor sudah terendam banjir, maka memungkinkan air banjir akan tercampur dengan oli, meskipun masih bisa untuk dinyalakan akan tetapi lajunya tidak dapat semaksimal seperti sebelumnya. Jika oli sudah memiliki warna coklat keabu-abuan itu berarti oli sudah tercampur air. Yang harus dilakukan adalah segera flushing. Flushing sendiri adalah menguras oli dalam jumlah yang banyak.


6. Cek Knalpot dan Juga Rem

Saat air banjir merendam knalpot, maka air akan masuk ke bagian dalam knalpot sehingga air akan masuk kedalam ruang pembakaran yang mengakibatkan terganggunya kerja mesin. hal ini dikarenakan knalpot yang sudah kemasukan air tidak akan mampu membuang gas sisanya pembakaran mesin. Caranya adalah sobat Otomo perlu mengganti oli lama dengan yang baru tapi harus melakukan pengurasan dulu.


Pada bagian rem yang perlu dilakukan adalah mengecek pada bagian kampasnya. Kampas rem sendiri bahannya dari asbes oleh karena itu jika terkena air akan menggelembung namun setelah kering malah mengeras, jika motor sobat Otomo sudah menggunakan rem cakram maka hanya perlu membersihkan bagian pinggirnya saja.


7. Cek Bagian yang Mudah Berkarat

Tips motor kena banjir berikutnya adalah dengan mengecek komponen pada motor yang mudah berkarat seperti sasis dan rantai serta komponen motor lain pada bagian bawah. Jika sobat otomo sudah melakukan semua hal diatas maka bisa mencoba untuk menyalakan mesin. Meskipun sudah menyala alangkah baiknya untuk tetap mengeceknya ke bengkel untuk memastikan jika motor dalam keadaan baik.

1 komentar: