Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Senin, 29 Maret 2021

Honda Gyro E, Skutik Kargo Unik Bertenaga Listrik

Honda Gyro E, Skutik Kargo Unik Bertenaga Listrik

Otomo.id
- Honda membawa kabar baik, baru-baru ini perusahaan besar ini sudah mengeluarkan sebuah motor baru yang diberi nama Gyro E, akan tetapi masih sama dengan versi sebelumnya. Motor ini masuk jenis skutik kargo yang memiliki roda tiga. Yang membuat beda adalah motor Gyro E lebih bertenaga baterai nya, serta kabarnya akan menggunakan mesin dengan model swab.


Berdasarkan info yang Mimin dapat, motor unik ini sudah dirilis pada tanggal 25 Maret tahun 2021 kemarin. Untuk harga Gyro E ini dibandrol sekitar 550.000 Yen Jepang, dan jika dirupiahkan menjadi sekitar Rp.72.000.000. Ada 2 pilihan warna, yaitu warna merah serta warna putih. Wow seperti warna bendera kita ya sobat otomo.


Perusahaan Honda sendiri pertama kalinya meluncurkan sepeda roda tiga tipe kargo biru di tahun 1982. Sejak pertama, motor ini di buat dengan memakai konsep kendaraan niaga. Sengaja dibuat untuk bisnis komersial, serta untuk layanan penjemputan. Bisa juga untuk pengiriman barang, intinya motor ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan para konsumen.


Gyro E sendiri punya banyak varian seperti Gyro Up, Gyro X dan juga Gyro Cannopy. Dan semuanya sudah memakai mesin 50 cc dengan 2 tak. Dan selalu mengalami perkembangan yakni tahun 2008 yang menjadi 4 tak. Gyro Up sendiri sengaja dihentikan di tahun 2008, namun untuk cannopy serta Gyro X masih bertahan sampai saat ini.


Dan untuk sekarang ini, Honda akan menambah 1 anggota barunya yakni motor Gyro E dengan konfigurasi barunya yang memakai motor listrik. Untuk sumber daya nya, Honda menggabungkan utilitas skutik kargo bersama Drive Train electric Modern nya, struktur baru ini akan membuat nama Gyro menjadi tetap hidup pada masa yang akan datang.


Honda sebenarnya telah di perlihatkan pada ajang ternama, yakni Tokyo Motor Show pada tahun 2019 lalu. Untuk kemampuan mengangkut barang sama dengan versi yang sebelumnya, yang membuat beda hanyalah sistem mesin yang digunakannya. Jika dulu memakai mesin pembakaran yang internal, maka sekarang menggunakan motor listrik mekanisme tiga roda.


BACA JUGA : VINFAST MELUNCURKAN VF E34 MOBIL LISTRIK NASIONAL VIETNAM


Honda Gyro E sudah menggunakan kopling berengsel, fungsinya untuk menggabungkan kompartemen pada bagian depan maupun belakangnya. Gigi diferensial nya dipasang coaxial menyesuaikan dengan kecepatan roda pada saat berbelok. Motor Honda Gyro E,menggunakan baterai listrik dengan kapasitas sebesar 96 volt,mampu mencapai kecepatan sampai 45 mil atau setara 72 km.


Selain itu motor Gyro E sudah menggunakan mobile power packs, sehingga memberikan benefit baru. Sobat otomo hanya perlu waktu 4 jam untuk mengisi ulang baterainya sampai baterai dalam kondisi penuh. Hal ini disebabkan karena adanya teknologi fast charging. Akan tetapi jika sobat otomo tidak ingin menunggu, maka jangan khawatir karena Honda sudah memberikan fitur pertukaran baterainya, terletak pada bawah joknya.


Tenaga yang dihasilkan dari motor sudah mencapai sebesar 4,3 hp dengan torsi puncaknya sebesar 13 nm. Untuk kecepatan rata-ratanya mencapai angka 19 mph ,yakni sekitar 30 km/jam. Untuk segi desain nya, nampaknya tidak mengalami banyak perubahan. Yakni masih memakai konfigurasi satu roda di bagian depan serta dua roda untuk bagian belakangnya.


Motor Gyro E masih memakai tampilan skutik cargo yang unik. Pada bagian depan motor terlihat polos karena tidak banyak konstruksi menempel. Dan yang paling mencolok adalah ada nya pemakaian headlamp serta lampu sein berbentuk bulat, yang terpasang rendah.


Pada bagian atas lampu utamanya ada 2 baut, selain untuk tempat plat motor ternyata bisa juga difungsikan untuk menempelnya keranjang belanja.Motor Gyro E sudah memakai konstruksi sehingga dapat menunjang rasa nyaman, serta dapat digunakan untuk menaruh barang lain. Hal ini dikarenakan motor ini ini memang difungsikan untuk antar barang.


Motor listrik terbaru Honda ini sudah menggunakan jok single, sedangkan untuk bagian konturnya tebal serta lebar, dengan ketinggian kursinya yakni 711 mm. Terlihat pendek memang, tapi hal ini sengaja untuk membuat ergonomi yang mudah untuk dikendarai. Pada bagian belakang motornya terdapat ruang untuk meletakkan barang. Volumenya besar serta terdapat juga palang penyangga, juga pengait tali yang difungsikan untuk mengamankan karburatornya, beratnya sampai 310 pon/140 kg.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar