Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Jumat, 19 Maret 2021

Ini Dia 10 Tips Membeli Motor Bekas, Wajib Kamu Tahu

10 Tips Membeli Motor Bekas

Otomo.id
- Untuk sobat otomo yang ingin membeli motor bekas, disarankan untuk tahu terlebih dahulu tips mengenai cara membeli motor bekas agar tidak gampang tertipu. Dengan tahu cara yang tepat maka sobat otomo akan bisa mengetahui dan juga mengidentifikasi baik kekurangan maupun kelebihan nya. Tentu saja kita tidak tahu apa yang sudah terjadi dengan motor tersebut sehingga dijual, jadi harus teliti jika ingin beli motor bekas.


Tips membeli motor bekas harus wajib kamu ketahui karena banyak sekali para penjual yang memoles kembali motor bekas jualannya. Hal ini dilakukan agar menutupi kekurangan produk sehingga dapat menjualnya dengan harga yang cukup tinggi bukan harga yang seharusnya. Untuk itu Mimin bakal jelasin nih apa saja yang harus dilakukan saat membeli motor bekas.


Tips Beli Motor Bekas

1. Memilih Tipe Motor

Hal pertama yang harus sobat otomo lakukan adalah menentukan jenis motor mana yang akan kamu beli. Hal ini penting karena untuk mempermudah dalam mencari penjual yang akan menjual motor sesuai dengan jenis motor apa yang sedang kamu inginkan. Bisa jadi motor bebek, motor sport ataupun motor matic. Pastikan sobat otomo bukan hanya memilih merek saja tapi harus kualitas dan juga fitur-fitur yang ditawarkan dari motor tersebut.


2. Mencari Tahu Harga pasaran Motor

Jika sobat otomo sudah mengetahui motor jenis apa yang mau dibeli, tips membeli motor bekas selanjutnya adalah melakukan analisis serta pengecekan untuk harga pasaran dari motor tersebut. Walaupun terlihat sepele, akan tetapi tips ini sangat penting karena setiap jenis kendaraan motor mempunyai harga yang berbeda-beda serta tergantung dari kondisi motornya.


Apabila motor memiliki keadaan yang masih cukup bagus, tidak jauh berbeda dengan yang baru baik dari segi mesinnya ataupun body motor, maka akan dijual dengan harga yang cukup tinggi. Sedangkan jika kondisi motor bekas tidak seperti baru atau mesinnya ditemukan sedikit masalah serta terdapat kelecetan pada body motor,  maka untuk harga motor bekas yang ditawarkan akan lebih murah. Apabila kamu sudah tahu tips ini, maka tidak akan mudah tertipu dengan harga yang akan dipatok para penjual.


3. Periksa Kelengkapan Surat Kendaraan

Kita juga perlu melakukan pengecekan surat, seperti BPKB maupun STNKnya. Hal ini penting untuk mengetahui kejelasan dari identitas pemilik kendaraan motor sebelumnya, hal ini akan memastikan bahwa yang dibeli bukan merupakan motor hasil curian.


4. Periksa Nomor Rangka Serta Nomor Mesin

Tips ini penting dilakukan karena jika ditemukan kesalahan seperti ketidak cocokan nomor rangka serta nomor mesinnya dengan surat, maka akan berakibat cukup fatal yakni bisa dikira motor hasil curian. Jika hal itu terjadi maka motor bisa mengalami masalah, oleh sebab itu cari aman dengan memastikan jika semua nomor sudah benar serta cocok.


5. Periksa Body Motor

Cara ini cukup mudah untuk dilakukan dibandingkan dengan mengecek bagian mesinnya karena tampak lebih jelas. Usahakan motor tidak mempunyai goresan atau penyok serta tidak retak. Perlu juga ditanyakan kepada penjual mengenai keaslian suku cadangnya apakah pernah diganti atau tidak.


BACA JUGA : HAL YANG HARUS DILAKUKAN SAAT MOTOR TERKENA BANJIR


6. Cek Oli

Tips Membeli motor bekas selanjutnya adalah memeriksa bagian oli untuk memastikan kondisinya, pengecekan perlu dilakukan karena jika oli memiliki kapasitas yang masih bagus maka dapat meredam suara mesinnya agar terdengar lebih halus.


7. Periksa Fungsi Speedometer atau Panel Indikatornya

Pastikan jika speedometer masih berjalan secara normal, hal ini penting dilakukan karena speedometer memiliki fungsi yang cukup penting yakni sebagai sumber informasi kondisi motor saat dikendarai. Motor bekas bagus akan memiliki speedometer serta indikator untuk bahan bakar bensin dan juga indikator lampu serta penghitung jarak yang tetap berfungsi baik. Untuk motor sport panel harus dilengkapi dengan tachometer.


8. Hidupkan Bagian Mesin

Sobat Otomo perlu memastikan jika suara mesin motor berbunyi halus serta lembut dan pastikan tidak ada bunyi yang kasar. Jika memeriksa kondisi suara mesin maka usahakan menyalakan mesin nya tanpa gas, artinya jika mesin sudah dalam keadaan menyala, kamu tidak perlu terburu-buru untuk mengegas secara kencang biarkan mesin berjalan tanpa di gas.


9. Cek Kelistrikan

Tips beli motor bekas selanjutnya dengan mengecek pada bagian lampu depan dengan cara menyalakannya. Cek juga lampu sein, belakang rem serta lampu panel dan juga bagian klaksonnya. Jangan lupa untuk periksa starter elektrik nya apakah masih bisa bekerja seperti seharusnya atau tidak bekerja sama sekali.


10. Periksa Dengan Teliti apakah Motor Pernah Kecelakaan atau Tidak

Untuk tips membeli motor bekas yang terakhir adalah sobat otomo harus memastikan jika motor yang akan dibeli tidak pernah mengalami kecelakaan yang parah, hal yang bisa dilakukan adalah dirikan motor menggunakan standar ganda di bagian permukaan yang datar, kemudian cek roda depan dan juga belakang. Pastikan berada di garis yang sejajar selain itu stang dan body roda harus sejajar dan pastikan jika rangka motor tidak mengalami kebengkokan.

2 komentar: