Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Senin, 08 Maret 2021

Ini Dia 6 Mobil Listrik Buatan Indonesia

Daftar Mobil Listrik Indonesia

Otomo.id
- Hai sobat Otomo, kali ini mimin akan membahas tentang mobil listrik buatan Indonesia dan tentunya buatan anak bangsa yang tidak kalah keren dengan mobil listrik dari negara lainnya. Sebagai warga negara Indonesia kita patut bangga dan support dengan hasil karya dari negara sendiri. Ok, tanpa berlama-lama lagi, langsung saja ini dia 6 mobil listrik yang mimin maksud.


Daftar Mobil Listrik Indonesia

1. Mobil Listrik Selo

Mobil listrik buatan Indonesia yang pertama adalah mobil Selo. Mobil listrik ini dibuat tahun 2013 dan pernah mampir pada IIMS 2014 yang menjadi produk project yang diklaim milik pak Dahlan Iskan. Mobil sport Selo sudah menggunakan setidaknya 70% onderdil lokal. Wow keren bukan? Namun mobil ini masih harus mengimpor motor listrik yang harganya mencapai 40 juta rupiah.


Mobil listrik Indonesia Selo mempunyai tenaga 182hp sekitar 130 kw. Kecepatan dari mobil listrik Selo mencapai 220 km/jam. Mobil listrik Selo sudah mempunyai kapasitas baterai yang jika mobil ini diisi penuh, mobil ini bisa digunakan selama empat jam lamanya.


Mobil listrik Indonesia Selo ini sudah memakai regeneratif brake yang membuat aliran listrik menjadi di interupsi waktu pengereman sedang berlangsung. Mobil Selo sendiri dibuat oleh bengkel modifikasi yang bernama kupu-kupu malam yang dibuat di Yogyakarta. Mobil Selo ini dibuat dengan model sport diperkirakan mobil ini sudah menghabiskan dana sekitar Rp.1,5 miliar. Jika mobil ini diproduksi secara massal maka harganya bisa berkurang sampai 30%.


Mobil sport Selo sudah memakai baterai 360 V yang di klaim menempuh jarak sampai 250 km. Dengan desain yang sporty dan juga penggunaan head lam yang tajam. Mobil Selo mampu membuat orang terpesona karena tampilannya yang sangat menarik. Di bagian pintu kanan dan kirinya mobil Selo ada logo APEC dan juga tulisan ''MOBIL LISTRIK INDONESIA'' sekilas mobil ini mirip dengan mobil Lamborghini.


2. Mobil Listrik Tuxuci

Mobil listrik Indonesia karya anak bangsa selanjutnya adalah Tuxuci, mobil ini dibuat oleh Danet Surayatama. Tuxuci memiliki arti lumba-lumba karena untuk desainnya sendiri mirip dengan hewan lumba-lumba. Mobil listrik Indonesia Tuxuci juga sudah dilengkapi dengan motor listrik yang mampu mengeluarkan tenaga sekitar 268 horsepower mobil ini setara dengan mobil yang memakai mesin 3000 CC.


Mobil listrik Indonesia Tuxuci memakai baterai lithium iron phospate untuk sumbu dari tenaganya. Lebih kerennya, mobil listrik buatan Indonesia ini sudah dilengkapi dengan fitur fast charging yang membuat baterai nya hanya membutuhkan waktu sekitar tiga sampai lima jam untuk terisi penuh. Mobil listrik Tuxuci mampu menempuh jarak kurang lebih 321 km. Jika mobil ini diproduksi secara masal harganya akan cukup mahal yakni mencapai 1,5 miliar.


BACA JUGA : 5 MOTOR LISTRIK INDONESIA LENGKAP SPESIFIKASINYA


3. Mobil Listrik Evina

Mobil listrik Indonesia berikutnya adalah Evina. Nama Evina sendiri mempunyai singkatan yaitu Electric Vehicle Indonesia dari namanya saja sudah keren ya sobat Otomo. Mobil listrik Evina dibuat dengan desain city car yang mempunyai lima pintu. Mobil listrik Evina dibuat oleh Dasep Ahmad.


Mobil ini sudah dilengkapi dengan motor listrik 20 kWh dan juga baterai lithium ion yang mempunyai kapasitas 21kwh yang secara langsung di import dari negara Amerika. Mobil ini mampu mengeluarkan tenaga mencapai 50 horsepower dan mampu melewati 135 km dalam sekali pengisian baterai saja.


4. Mobil listrik Gendhis

Mobil listrik Indonesia buatan anak bangsa selanjutnya adalah Gendhis, mobil listrik ini masuk kedalam mobil listrik jenis MPV. Sekilas mobil ini mirip dengan Toyota Alphard. Awalnya mobil ini dibuat sebagai mobil yang mampu menampung tujuh penumpang, namun akhirnya mobil ini hanya memakai enam kursi saja. Mobil listrik Indonesia Gendhis ini menggunakan pintu sliding door yang bisa membuat akses keluar masuk lebih mudah. Mobil listrik Gendhis juga sudah memakai bahan bakar ramah lingkungan yaitu biodisel.


5.Mobil Listrik Hevina

Mobil listrik buatan Indonesia berikutnya adalah Hevina. Mobil ini dibuat oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Mobil listrik ini mempunyai tenaga motor listrik yang mempunyai daya 62 horsepower dan bisa mengeluarkan torsi 156Nm. Mobil listrik Hevina mampu melaju dengan kecepatan 140 km/jam.


6.Mobil Listrik si Elang

Mobil listrik Indonesia selanjutnya adalah si Elang. Mobil listrik ini dibuat oleh mahasiswa UNTIDAR yang bernama Elang. Mobil ini sudah menggunakan motor listrik yang mempunyai kekuatan 350 Watt. Mobil ini mampu melaju pada kecepatan 40km/jam. Untuk daya baterai nya mampu mencapai tiga jam. Jadi mobil ini tidak cocok dijadikan untuk mob penumpang dan juga mobil commercial. Mobil ini sebatas prototype dan Hanes. Mobil ini harus dilakukan pengembangan lebih lanjut agar dapat diproduksi masal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar