Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Senin, 22 Maret 2021

Ini Dia 6 penyebab mobil matic tersentak

Ini Dia 6 penyebab mobil matic tersentak

Otomo.id
- Kasus mobil matic tersentak saat dikendarai, mungkin pernah dirasakan oleh sobat Otomo sekalian. Jika tahu apa penyebabnya, pasti mudah untuk kita menangani kasus seperti ini. Kondisi mobil tersentak ini bisa diakibatkan oleh beberapa faktor, salah satunya oli transmisi yang sudah kotor. Nah, jika sobat Otomo mengalami masalah mobil matic kamu tersentak secara tiba-tiba, kamu bisa mengecek oli transmisi dan menggantinya dengan yang baru.


Namun, jika oli sudah diganti dan masih mengalami kasus yang sama, bisa jadi mobil matic kamu mengalami masalah kerusakan pada komponen lainnya. Nah, untuk mengetahui penyebab Mobil matic kamu tersentak. Lebih detailnya Otomo.id akan memberikan tips untuk mengetahui penyebab masalah mobil matic kamu.

Penyebab Mobil Matic Nyentak

1. Saluran Oli Transmisi Bocor

Masalah mobil tersentak secara tiba-tiba, bisa diakibatkan karena saluran oli transmisi kamu Bocor. Hal demikian akan membuat mesin mobil mengalami gangguan, yang menyebabkan sistem kerja mesin akan terganggu. Untuk itu sobat Otomo mesti rajin-rajin mengecek kesehatan saluran oli transmisi mobil matic kamu, untuk menghindari kasus mobil tersentak terjadi di kendaraan kesayanganmu.


Saluran oli transmisi yang bocor, akan membuat tekanan mesin tidak stabil yang menyebabkan perpindahan gigi mobil dalam keadaan tidak sempurna. Sehingga pada saat kondisi pergantian gigi, mobil akan tersentak.


2. AT Solenoid bermasalah

Salah satu komponen utama dalam mobil yang memiliki fungsi pengoptimalan cara kerja mesin adalah AT Solenoid. Cara kerja AT Solenoid dalam mesin mobil memiliki peran yang cukup besar, dimana AT Solenoid yang mengatur aliran oli dalam mesin, dengan mengaktifkan clutch dan brader. Jadi, sobat Otomo tidak perlu bertanya-tanya lagi, jika mobil kamu mengalami hentakan secara tiba-tiba. Bisa dikarenakan AT Solenoid mengalami masalah.


BACA JUGA : 6 PENYEBAB MOBIL BOROS BAHAN BAKAR


3. Komponen Electri TCM Mengalami Masalah

Penyebab Mobil tersentak selanjutnya adalah masalah yang terjadi pada komponen Electric TCM (Transmission Control Module). Kasus ini sering dialami pecinta mobil matic keluaran terbaru, karena sistem transmisi otomatis terkendala. Pada komponen TCM mempunyai sensor komputer yang mengatur sistem kerja clutch dan brader dalam mobil, yang dijalankan oleh sistem hidrolik. Sehingga jika salah satu komponen ini rusak atau bermasalah, maka kasus mobil tersentak akan terjadi pada mobil matic kamu.


4. Kabel Accelerator Kickdown Salah Penyetelan

Lain halnya dengan matic terbaru, masalah yang dihadapi adalah komponen electri TCM bermasalah. Sedangkan pada mobil matic lama, mobil tersentak bisa diakibatkan karena kesalahan pada penyetelan kabel accelerator kickdown. Kesalahan penyetelan kabel accelerator kickdown yang menimbulkan mobil tersentak dengan sendirinya, diakibatkan karena bagian throttle valve dengan accelerator pedal gas berada pada satu bagian.


5. Rasio Gigi Mundur

Penyebab kasus mobil tersentak selanjutnya adalah rasio gigi mundur. Apabila rasio gigi mundur tidak sesuai standar mobil, maka mobil matic kamu akan tersentak. Untuk itu, jika sobat Otomo mengalami kasus seperti ini, bisa saja diakibatkan oleh rasio gigi mundur. Untuk mengatasinya, kamu tinggal menyetel ulang rasio gigi mobil matic kamu.


6. Oli Transmisi Kotor

Seperti yang sudah kita bahas diatas, mobil tersentak bisa diakibatkan karena oli transmisi kotor, karena tidak sering di bersihkan dan tidak mengganti dengan tepat waktu, sehingga menyebabkan masalah teknis di dalam mesin. Perlu diketahui bahwa mobil matic, menggunakan sistem hidrolik. Sistem hidrolik ini sendiri mengandalkan oli yang tersedia untuk membuat proses transmisi mesin lebih mudah. Jika oli sudah kotor maka sistem hidrolik akan terganggu, akibatnya saat melakukan perpindahan gigi maju mundur akan kesulitan.


Nah, itu dia penyebab Mobil matic mengalami hentakkan. Semoga dengan membaca artikel ini, sobat otomo tidak kebingungan lagi jika mengalami hal yang sama pada mobil kesayangannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar