Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Senin, 08 Maret 2021

Jenis-jenis Baut Dilihat Dari Bentuk Kepala dan Bahan Bakunya

Jenis-jenis Baut Dilihat Dari Bentuk Kepala dan Bahan Bakunya

Otomo.id
- Baut merupakan suatu komponen yang paling penting fungsinya untuk mendukung berbagai kegiatan Otomotif. Bukan hanya di dunia otomotif saja, baut juga kerap kali digunakan untuk dunia perbengkelan kayu, dan juga bisa digunakan untuk komponen bangunan.


Selain dari bentuknya saja, perlu juga di pertimbangkan bahan baku yang digunakan pada baut, untuk mengetahuinya kita harus melakukannya dengan jeli supaya tidak terkecoh dengan penjual. Apakah bahan bakunya menggunakan baja, besi atau yang lainnya.


Nah, karena jenis baut sangat banyak serta fungsinya yang berbeda-beda. Kali ini Otomo.id akan membahas jeni-jenis baut dilihat dari bentuk kepalanya serta jenis-jenis bahan baku yang digunakan. Dengan harapan sobat Otomo tidak kebingungan lagi jika ingin mencari baut sesuai dengan yang sobat inginkan.


Berikut adalah jenis-jenis baut dilihat dari bentuk kepalanya :

1. Baut Set L / Baut Dalam

Yang pertama adalah baut Set L atau orang kebanyakan menyebutnya dengan sebutan baut dalam, karena bentuk baut ini tidak memiliki kepala. Jadi untuk menguncinya sobat Otomo bisa memanfaatkan lobang yang menjorok dalam baut, dengan menggunakan kunci L. Baut set L di desain tanpa kepala bertujuan supaya kepala baut tidak muncul keatas. Dengan demikian permukaan baut akan terlihat mulus.


2. Baut Button L

Untuk baut button L bentuknya agak unik di bagian kepalanya, dimana bagian kepalanya melengkung agak kedalam. Untuk baut ini sendiri menggunakan kunci L sebagai alat untuk menguncinya. Baut button L menggunakan dau jenis ulir yakni ulir standar inci dan ulir standar millimeter.


3. Baut CB

Baut CB memiliki bentuk kepala yang cukup unik, bentuk kepalanya menyerupai paku payung. Lalu untuk pengunciannya bagaimana? Nah untuk penguncian baut CB ini, dibawah kepalanya yang menyerupai paku payung terdapat kotak persegi. Kotak persegi inilah yang digunakan untuk mengunci baut ini. Drat baut ini menggunakan tipe drat yang standar inci dan millimeter.


4. Baut Hex

Selanjutnya adalah baut Hex, dimana jenis baut ini sudah sangat umum digunakan. Seperti di dunia otomotif, perkayuan dan lain sebagainya. Untuk jenis dratnya menggunakan tipe standar. Untuk bentuk kepalanya, kalau dilihat dari samping berbentuk persegi, sedangkan jika dilihat dari atas bentuknya persegi enam. Kemudian Baut Hex bisa kita kencangkan menggunakan kunci pass, kunci ring, ataupun jenis kunci shock.


BACA JUGA : TIPS JAGA KEBERSIHAN MOBIL SAAT PANDEMI COVID-19


5. Baut JP

Baut JP memiliki model yang sangat umum kita jumpai, untuk jenisnya juga standar. Untuk ulirnya sendiri bervariasi, sesuai dengan kebutuhan kalian ya sob. Jika di lihat dari bentuk kepalanya, baut JP memiliki bentuk kepala bulat lingkaran yang dimana di bagian kepalanya terdapat lengkukan kedalam berbentuk tanda tambah atau plus, yang berfungsi untuk menginci baut ini. Penguncian baut ini bisa menggunakan Obeng sebagai alat kuncinya.


6. Baut JF

Baut jenis JF ini termasuk baut umum yang sering digunakan karena fungsinya sangat beragam. Mungkin beberapa dari sobat Otomo pernah menggunakan baut ini, tapi kerap kali namanya kita tidak tahu. Bentuk kepala baut JF terbilang unik, dimana bentuk kepalanya kalau dilihat dari bagian bawah lancip mengarah ke bawah, bagian atasnya datar berbentuk bulat dan terdapat lengkukan kedalam bentuk tanda tambah, yang digunakan sebagai penguncinya.


7. Baut L

Nah yang terakhir adalah baut L. baut jenis L ini memiliki bentuk kepala yang sangat unik dan biasanya baut ini bisa kita jumpai di sepeda, dunia otomotif, dan juga di perbengkelan kayu sob. Untuk jenis dratnya standard an dimeternya juga bervariasi tergantung kebutuhan dari kalian semua. Bentuk kepala baut L adalah bulat dan pada bagian tengahnya terdapat lengkukan bentuk hexagonal untuk menguncinya. Baut L menggunakan kunci L untuk penguncinya.


Berikut adalah jenis-jenis bahan baku yang digunakan pada baut :

1. Bahan Baja

Baut yang terbuat dari bahan baja biasanya memiliki ciri khas berwarna hitam, chrome, kuning dan ada juga yang berwarna pelangi. Nah dari ciri khas baut ini kita bisa membedakannya dari bahan lainnya.


2. Bahan Stainless Steel

Dari namanya saja kita bisa mengenal bahwa baut yang terbuat dari bahan stainless teel merupakan baut yang anti karat. Untuk membedakannya dari baut jenis lainnya baut ini memiliki ciri khas berwarna silver.


3. Bahan Besi

Baut yang terbuat dari bahan baku besi, biasanya lama kelamaan akan muncul karat pada bagian bautnya. Jadi kita bisa bedakan baut yang kita gunakan dengan baut bahan baku lainnya. Baut yang terbuat dari bahan baku besi juga biasanya cenderung ke warna hita, namun karena karat warnanya lambat laun akan memudar.


Nah, itu adalah jenis-jenis baut dilihat dari bentuk kepalanya dan jenis-jenis bahan baku yang di gunakan pada baut. Semoga informasi kali ini bisa menambah wawasan dari sobat Otomo semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar