Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Senin, 29 Maret 2021

Kenali Jenis BBM Agar Mesin Awet dan Irit, Ada Zat Adiktifnya

Kenali Jenis BBM Agar Mesin Awet dan Irit, Ada Zat Adiktifnya

Otomo.id
- Memiliki kendaraan yang awet akan konsumsi bahan bakar merupakan salah satu yang inginkan oleh pengendara. Tentunya sobat Otomo.id juga menginginkan hal ini bukan? Apalagi jika sobat semua adalah tipe orang yang suka melakukan traveling dengan mengendarai sepeda motor ataupun mobil dengan jarak yang jauh, mempunyai mesin yang awet konsumsi bahan bakar akan menjadi salah satu penunjang traveling sobat semua.


Dalam hal ini Pertamina selaku pelopor bahan bakar terbesar di Indonesia terus melakukan langkah terbaiknya, untuk mengembangkan kualitas bahan bakar. Tujuannya supaya kebutuhan mesin akan bahan bakar yang sesuai, dan aman bagi lingkungan dapat tercapai. Langkah Pertamina ini dibuktikan dengan deretan produk berkualitas yang ditawarkan kepada pengendara adalah Perta Series dikhususkan untuk produk Gasoline dan Dex Series untuk produk Gasoil.


Pada produk Perta Series pertamina membaginya lagi dalam tiga jenis sobat Otomo antara lain Pertalite yang memiliki Research Octane Number (RON) 90, Pertamax dengan Research Octane Number RON 92, dan jenis Pertamax Turbo dengan RON 98. Sedangkan untuk Dex Series yang dikhususkan untuk produk Gasoil, pertamina juga membaginya dalam dua tipe produk antara lain, Dexlite dengan CN (Cetane Number) 51 dan Pertamina Dex dengan Cetane Number CN 53.


Nah, jika sobat Otomo menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan standar motor atau mobil yang kamu gunakan. Maka, konsumsi bahan bakar akan semakin awet dan mesin juga akan mempunyai performa yang kuat. Tetapi masalahnya, kebanyakan pengendara motor atau mobil tidak memperhatikan hal ini, padahal ini sangat berpengaruh terhadap performa mesin.


Lalu bagaimana cara mengetahui bahan bakar yang sesuai dengan standar motor atau mobil? Seperti yang dijelaskan di atas, pada setiap jenis bahan bakar terdapat angka CN dan RON, CN dan RON ini bisa dijadikan acuan untuk mengetahui bahan bakar yang sesuai dengan standar kendaraan.


Biasanya, kebutuhan CN dan RON setiap kendaraan sudah tercantum dalam buku panduan. Dimana dalam buku panduan tersebut, sudah tercantum spesifikasi CN dan RON setiap kendaraan. Tujuannya agar penggunaan BBM sesuai dengan kebutuhan dan standar spesifikasi kendaraan, sehingga mesin tetap optimal. Sobat Otomo yang masih belum mengetahui CN dan RON standar motor atau mobil yang digunakan, Otomo.id sarankan agar membuka buku panduannya ya sobat.


BACA JUGA : PENYEBAB KNALPOT MOTOR MENGELUARKAN SUARA LEDAKAN


Menariknya lagi selain menggunakan kandungan CN dan RON, Pertamina juga menambahkan sebuah zat pada BBM yang diklaim bisa membuat performa mesin akan meningkat yaitu Formula Zat adiktif. Tentunya akan muncul pertanyaan, fungsinya apa? Apakah tidak berbahaya untuk mesin? Penambahan zat adiktif ini sudah dikaji secara maksimal oleh perusahaan pertamina, dan hasilnya ini bisa menambah efektifitas kerja mesin.


Fungsi penambahan zat adiktif pada Perta Series dan Dex Series dijelaskan pihak Pertamina sebagai zat yang nantinya berfungsi untuk membersihkan endapan kotoran yang terdapat didalam mesin, merawat mesin supaya tidak berkarat, dan yang paling utama sesuai dengan judul diatas yaitu menjaga efisiensi konsumsi bahan bakar. Wow sangat bermanfaat ya sobat.


Sobat Otomo juga perlu ketahui, bahwa selain untuk meningkatkan performa kendaraan dan mesinnya yang semakin terawat, aspek ramah terhadap lingkungan juga menjadi kunci sukses pengadaan produk Perta Serises dan Dex Series. Sebab, emisi gas buangan yang dikeluarkan oleh kendaraan rendah.


Lebih jelasnya lagi pertamina mengklaim bahwa produk Pertamax Turbo RON 98 (Perta Series) adalah emisi gas buang yang paling terbaik diantara beberapa jenis produk BBM lainnya. Dimana Pertamax Turbo RON 98 memiliki kandungan Sulfur 50 ppm atau setara dengan standar emisi EURO 4. Untuk produk lainnya memiliki sulfur diatas Pertamax Turbo RON 98, sehingga diklaim sebagai BBM yang paling ramah untuk lingkungan.


Jika sudah seperti ini, harapannya masyarakat Indonesia semakin sadar akan pentingnya kesehatan lingkungan dengan menggunakan bahan yang dianjurkan oleh pemerintah. Sobat Otomo sekalian juga harus mengedukasi teman-teman lainnya yang masih belum sadar akan hal ini. Sekalian juga kita menyukseskan program Pertamina yang terus mengedukasi pengendara untuk menggunakan BBM yang ramah lingkungan, sehingga kita berkontribusi terhadap penurunan emisi gas di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar