Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Jumat, 26 Maret 2021

Ini Dia Penyebab Knalpot Motor Mengeluarkan Suara Ledakan

Penyebab Knalpot Motor Mengeluarkan Suara Ledakan

Otomo.id
- Bagi sebagian pengendara motor, pasti pernah mengalami masalah knalpot motor yang secara tiba-tiba mengeluarkan suara letupan keras. Bayangin saja, ketika kita lagi berkendara di jalan raya, motor yang kita kendarai mengeluarkan suara ledakan atau letupan keras, yang tentunya hal ini akan membuat kita risih dan juga pengendara lainnya.


Jika sobat Otomo juga mengalami hal yang sama, itu tandanya ada komponen bermasalah dalam motor. Hal ini merupakan indikasi bahwa motor kamu perlu di servis. Motor meledak-ledak bukan hanya terjadi pada motor lama saja, bisa saja motor yang baru kamu beli juga mengalami masalah ini. Motor yang mengeluarkan suara keras dan lentupan keras, mungkin wajar saja jika menggunakan knalpot motor racing. Tapi jika menggunakan knalpot standar itu bukanlah hal yang wajar, bisa saja motor kamu mengalami masalah.


Nah, tentunya motor yang mengeluarkan dentuman keras mempunyai beberapa penyebab, yang wajib sekali untuk kita ketahui. Untuk itu, Otomo.id akan menyajikan informasi penyebab knalpot motor meledak-ledak bagi sobat Otomo semua.

Penyebab Knalpot Motor Meledak

1. Busi Bermasalah atau Sudah Tua

Penyebab pertama motor meledak-ledak adalah busi motor bermasalah atau sudah tua. Busi yang sudah tua atau bermasalah akan menimbulkan beberapa faktor penurunan performa yang terjadi dalam mesin motor. Busi sendiri memiliki fungsi sebagai komponen yang memicu timbulnya api dalam proses pembakaran. Jika busi tidak bekerja secara maksimal sesuai fungsinya, yang disebabkan karena busi sudah tua atau jarang di bersihkan, menjadi penyebab utama pentingnya knalpot motor mengeluarkan suara dentuman keras saat dikendarai.


2. Tutup Choke Terbuka

Faktor penyebab knalpot meledak selanjutnya adalah tutup choke yang terbuka. Hal ini juga harus diperhatikan oleh sobat Otomo, untuk selalu mengecek dan membenarkan posisi tutup choke motor anda. Apabila tutup choke tidak tertutup secara benar, maka akan menimbulkan masalah. Salah satunya adalah knalpot meledak-ledak. Posisi tutup choke yang terbuka akan menyebabkan aliran bensin yang masuk kedalam ruang bakar mesin sangat banyak. Akibatnya proses pembakaran yang terjadi tidak sempurna. Dampak dari proses pembakaran yang tidak sempuna inilah yang memicu motor mengeluarkan suara dentuman keras saat dikendarai.


BACA JUGA : CARA MENGHITAMKAN BAN MOTOR AGAR TERLIHAT BARU


3. Karburator Motor Aus

Karburator motor yang sudah aus juga bisa menjadi penyebab terjadinya knalpot motor meledak. Hal demikian bisa dipengaruhi karena buka tutup klep dibagian karburator memiliki bahan dasar karet. Nah, indikasinya karena karburator sebagian terbuat dari karet, maka pada kondisi tertentu bisa saja karet ini dapat mengeras jika bersentuhan dengan bahan bakar dalam waktu yang lama. Sehingga karburator akan aus karena karetnya yang tidak bisa bekerja maksimal lagi. Untuk sobat Otomo yang sering berkendara jauh menggunakan motor kesayangan anda, Otomo.id menyarankan agar diperjalanan sesekali berhenti untuk mendinginkan motor, hal ini bisa juga jadi alternatif karburatot tidak cepat aus.


4. Knalpot Motor Bocor

Knalpot motor yang bocor merupakan hal lumrah terjadi, yang bisa diakibatkan umur knalpot motor yang sudah lama dan bisa juga faktor knalpot tersangkut atau bersentuhan dengan benda tajam yang mengakibatkan knalpot bocor. Knalpot bocor ternyata bisa menjadi pemicu utama terjadinya suara dentuman keras yang dikeluarkan knalpot. Knalpot yang bocor harus segera diatasi, dengan cara ditambal ataupun menggantinya dengan knalpot yang baru. Apabila hal ini dibiarkan begitu saja, bisa saja motor akan mogok.


5. Saluran Udara Bermasalah

Penyebab knalpot motor mengeluarkan suara keras terakhir adalah saluran udara yang bermasalah. Saluran udara yang baik dalam mesin sangatlah penting untuk diperhatikan sobat Otomo. Pada saat udara yang masuk dalam mesin tidak sesuai dengan standar kapasitas mesin, maka efeknya pembakaran yang terjadi tidak akan efektif. Saluran udara diperlukan mesin untuk proses pembakaran dalam mesin, nah untuk mengetahui kapasitas udara yang masuk dalam mesin sesuai dengan standar kapasitas kebutuhan mesin.


Sobat Otomo bisa mengeceknya lewat suara ledakan yang dikeluarkan saat RPM kendaraan rendah. Solusi untuk mengatasi saluran udara yang bermasalah sebenarnya sangatlah mudah, tapi karena lalai makanya akan menimbulkan masalah lainnya. Sobat Otomo bisa mentasinya dengan cara membersihkan bagian karburator dan sekitarnya secara rutin.


Nah, itu adalah beberapa penyebab mengapa knalpot motor mengeluarkan suara ledakan. Semoga dengan adanya informasi ini, harapannya sobat otomo dapat mengetahui penyebabnya dan bisa mengatasinya jika hal ini terjadi di motor kalian semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar