Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Kamis, 18 Maret 2021

Ini Dia Sion Sono, Mobil Listrik Tenaga Surya

Ini Dia Sion Sono, Mobil Listrik Tenaga Surya

Otomo.id
- Saat ini dunia sedang berlomba untuk terus menciptakan inovasi dalam dunia otomotif, tak lain juga pengembangan pada mobil listrik yang masih terus dilakukan. Hal ini untuk memaksimalkan potensi serta efisiensi kendaraan mobil listrik tersebut. Pengembangan yang sudah dilakukan mampu menghasilkan sebuah inovasi,dimana pengisian untuk daya baterai pada mobil listrik sudah dapat dilakukan menggunakan cara yang sangat sederhana yakni hanya dengan menjemur mobil pada bawah sinar matahari, sangat menakjubkan bukan sobat Otomo?


Inovasi tersebut berhasil dilakukan oleh perusahaan otomotif yang berasal dari Jerman, Perusahaan tersebut bernama Sono Motor yang akhirnya memperkenalkan mobil listrik Sion. Mobil listrik ini sudah memakai teknologi yang bernama panel surya, yang membuat mobil ini mampu mengisi daya hanya dengan memanfaatkan panasnya sinar matahari.


Mobil Sion menjadi terobosan yang besar untuk kendaraan yang ramah lingkungan. Jadi jika ingin mengisi daya baterai nya, sobat Otomo hanya perlu menjemurnya saja. Hal ini terjadi dikarenakan mobil listrik Sion sudah dilapisi dengan panel tenaga surya pada seluruh body mobil nya yang berjumlah sebanyak 248 unit,yang berada pada bagian kap mesin,pintu serta body bahkan atap mobilnya juga.


Tenang sobat otomo panel surya ini tidak akan membuat tampilan mobil Sion mencolok, hal ini dikarenakan mobil ini sudah dilapisi cat khusus untuk membantu menyamarkannya. Mobil Sion dibuat sejak tahun 2019, seharusnya dirilis pada tahun 2020, akan tetapi dikarenakan adanya pandemi covid19, mau tidak mau rencana tersebut ditunda dan akhirnya rilis tahun 2021 ini di pameran virtual CES.


Mobil listrik Sion berhasil menjadi mobil listrik urutan pertama di dunia yang sudah menggunakan tenaga surya dan diproduksi secara massal. Mobil listrik Sion dijual dengan harga sekitar 30.200 untuk dolar AS atau jika dirupiahkan menjadi di sekitar Rp. 425.000.000 harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan penawaran awal ketika masuk ke jalur produksi. Lapisan pada panel surya mampu mengkonversi panasnya sinar matahari menjadi tenaga yang dapat bergerak sejauh 34 km,namun kemampuan ini dapat tidak maksimal karena kondisi cuaca pada waktu itu.


Mobil Sion juga menggunakan baterai yang mempunyai ukuran 35 kWh dengan teknologi pengisiannya yang sudah dibekali kemampuan fast charging dalam kurun waktu 30 menit saja. Jika mobil listrik Sion ini dalam kondisi baterai yang penuh maka mobil ini mampu menempuh jarak sejauh 255 km. Untuk penggerak listriknya dibuat oleh continental untuk tenaga puncaknya sebesar 150 kw serta tenaga continue sebesar 60 kw dan juga torsi mencapai 175 Nm. Untuk kecepatan tertingginya mobil Sion ini mampu melaju menembus 140 km/jam.


Selain itu mobil listrik Sion ini juga sudah menggunakan beberapa fitur canggih, yakni pemilik mobil dapat masuk ke mobil tanpa perlu kunci dan pengemudi dapat mengatur berbagai macam pengaturan pada mobil sion ini. Bentuk dari mobil sion ini bukan seperti sedan liftback pada model MPV. Terdapat lima kursi untuk tempat duduk,untuk bagian buritan masih masuk akal. Pada bagian desain tidak terlalu ramai untuk bagian lakukan bodinya ataupun tarikan pada garis yang begitu banyak. Kesimpulannya eksterior dari mobil sion ini cukup terbilang simple serta sederhana namun tetap stylish ya sobat otomo.


Untuk melindungi perubahan cuaca yang berubah-ubah serta perubahan suhu maupun iklim,panel surya pada mobil sion sudah menggunakan lapisan polikarbonat yang dibuat anti pecah serta tahan terhadap perubahan cuaca. Lewat sistem elektrik yang dimiliki mobil Sion, maka mobil ini seperti powerbank yang berjalan yang mampu untuk menghidupkan baik itu TV, laptop serta vacuum cleaner atau gadget kecil yang lain. Untuk bagian eksteriornya mobil sion mempertahankan desain yang sederhana. Speedometer hanya tampilan digital dengan bentuk persegi panjang.


Di sampingnya terdapat head unit yang memiliki ukuran sebesar 10 inci yang dibuat untuk menunjang hiburan pada saat sobat otomo berkendara. Selain itu mobil Sion ini memiliki teknologi yang unik yaitu adanya penggunaan lumut spesial yang berfungsi untuk mengurangi 20% partikel-partikel debu serta menjaga kelembaban pada kabinnya. Lumut ini tidak perlu perawatan sobat Otomo jadi hanya perlu di diamkan saja. Untuk fitur keselamatan Sion sudah menggunakan dual airbag yang dikhususkan untuk penumpang bagian depan serta anti lock braking sistem atau ABS dan juga kontrol stabilitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar