Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Sabtu, 13 Maret 2021

Honda Vario 160 Akan Segera Hadir, Yuk Intip Spesifikasinya

Honda Vario 160 Akan Segera Hadir, Yuk Intip Spesifikasinya

Honda Vario 160, Otomo.id
- Wow, bakal ada kejutan nih dari Honda dan pada artikel kali ini Mimin bakalan menginformasikan kalau kabarnya motor Honda Vario 160 akan segera hadir ditahun ini loh. Nah sebelum hadir, alangkah baiknya kita harus paham mengenai kelebihan maupun kekurangan atau spesifikasi Honda Vario 160 ini.


Kali ini dunia Otomotif dikejutkan dengan adanya berita jika Honda Vario 160 akan segera rilis ditahun ini, namun belum pasti untuk tanggalnya ya sobat otomo, yang jelas motor Honda Vario 160 kemungkinan akan segera meluncur diakhir tahun ini. Tentunya berdasarkan informasi yang Mimin dapat, motor Honda Vario 160 akan menggunakan mesin yang tidak jauh berbeda dari motor Honda versi sebelumnya yakni motor Honda PCX 160 yang memang motor ini belum lama ini dirilis.


Mesin yang akan digunakan oleh Motor Honda Vario 160 adalah mesin yang memakai eSP+ 156,9cc yang mampu menghasilkan 15,6 dk pada puncak torsi 15 Nm di 6500 rpm. Hal ini dikarenakan teknologi pada motor Honda PCX 160 masih dibutuhkan oleh para konsumen saat ini. Tentu saja perusahaan AHM atau ASTRA HONDA MOTOR masih belum memberikan informasi dengan jelas berapa kisaran harga Honda Vario 160 ini.


Namun diperkirakan harga Honda Vario 160 mencapai Rp.30.000.000 atau bahkan bisa lebih, harga ini belum pasti ya sobat otomo. Namun jika dibandingkan dengan fitur dan juga desainnya harga tersebut termasuk kategori yang cukup terjangkau.


BACA JUGA : SPESIFIKASI DAN HARGA HONDA PCX 160


Sebelum dipasarkan nantinya, Honda Vario 160 akan dikembangkan terlebih dahulu di negara Jepang. Mimin saranin nanti ketika sobat Otomo membeli motor Honda Vario 160 ini, untuk masalah bahan bakarnya agar jangan menggunakan premium ya hal ini dikarenakan tidak sesuai dengan rasio kompresnya motor Honda Vario 160.


Karena Vario 160 memiliki kompres 12:1 sehingga lebih cocok jika menggunakan bahan bakar Pertamax. Hal ini dimaksudkan agar tetap menjaga kestabilan mesin agar tetap awet. Untuk mesinnya motor Honda Vario 160 akan memiliki kode yang berbeda dengan motor All New Honda PCX 160. Selain kapasitas mesinnya yang lebih besar, motor Honda Vario 160 akan menggunakan headlamp atau lampu utama dengan gaya baru. Namun ada beberapa kekurangan nya nih sobat Otomo, dimana Motor Honda Vario 160 tidak akan memiliki fitur-fitur dari motor Honda PCX 160. Bagaimanapun motor ini Memang dibuat dibawah Honda PCX 160.


Fitur yang tidak ada pada Honda Vario 160 anatara lain tidak menggunakan sistem pengereman disc brake pada bagian depan maupun belakang motor. Fitur disc brake sendiri mempunyai fungsi untuk membuat pengereman agar lebih maksimal, hal ini di karenakan tidak akan cepat panasnya mesin dan mampu terhindar pada penumpukan debu karena gesekan di kanvas dan juga cakramnya.


Kelemahan pada spesifikasi Honda Vario 160 yang kedua adalah tidak adanya fitur ABS dan juga fitur transent control dan juga tidak adanya sistem HSTC. Sistem HSTC sendiri berfungsi untuk mengatur putaran roda belakang secara elektronik untuk mencegah terjadinya ban selip sobat Otomo.


Namun motor Honda Vario 160 ini sudah memakai fitur Answer back sistem, untuk bagian lampu utama juga bakalan mengalami perombakan yang cukup signifikan, terdapat pula smart sistem key, jadi jangan khawatir sobat Otomo. Meskipun hal ini masih prediksi atau belum benar-benar pasti, kita berdoa saja semoga AHM memberikan fitur ini.


Nah untuk pertanyaannya, Apakah motor Honda Vario 160 akan dijual di Indonesia? Berdasarkan informasi yang Mimin dapat, menurut Pak Ahmad Muhabidin selaku GM corporate communication perusaahan Astra Honda Motor pada tanggal delapan Februari 2021, beliau mengatakan bahwa pihaknya akan lebih memilih untuk fokus terlebih dahulu pada motor Honda Vario PCX 160 yang memang baru saja rilis terlebih dahulu sobat Otomo.''Kami belum lama ini merilis Motor Honda PCX 160 di Indonesia, jadi kami akan lebih fokus kepada Honda PCX 160 terlebih dahulu untuk bisa bersaing dengan kompetitor nya'' Kata pak Ahmad Muhabidin.


Namun belum diketahui secara pasti apakah motor Honda Vario 160 akan menggunakan mesin yang sama seperti Honda PCX 160. Kita tunggu saja peluncuran resmi nya ya sobat otomo. Untuk bagian fitur dan trail body sepertinya akan juga direvisi, untuk fitur motor Honda Vario 160 memang sepertinya tidak akan selengkap pada motor Honda PCX 160 karena memang motor ini dibuat dibawah saudaranya yaitu motor PCX 160

Tidak ada komentar:

Posting Komentar