Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Jumat, 12 Maret 2021

Toyota Kijang Super, Mobil Lawas sejuta Pesona

Toyota Kijang Super, Mobil Lawas sejuta Pesona

Otomo.id
- Sobat Otomo kalian pasti tahu kan mobil lawas Kijang super? Untuk pecinta mobil lawas, kali ini Otomo.id bakalan bahas nih tentang keunikan apa saja tentang mobil Toyota kijang super. Mimin bakal buat kalian  flashback ke beberapa tahun yang lalu dimana mobil ini sangatlah terkenal pada zamannya.


Mobil Toyota sendiri adalah sejenis kendaraan yang bertranformasi sebagai mobil keluarga, mobil ini dibuat oleh Toyota Astra tentu saja dari Indonesia. Mobil Toyota pertama kali muncul pada tahun 1997. Toyota kijang super adalah nama untuk generasi ketiga dari mobil kijang, pertama kali diluncurka tahun 1986. Toyota kijang super dibuat untuk menggantikan versi sebelumnya yaitu kijang Doyok. Mobil Toyota kijang super memiliki kode dibagian bodynya yaitu KF40 untuk sasis pendek dan kode KF50 untuk ukuran panjang. Untuk perbedaan panjangnya hanya sekitar 20 cm saja.


Penjualan mobil Toyota kijang super mencapai 500.000 unit hanya dalam kurun waktu kurang lebih selama sepuluh tahun saja. Untuk desain mobilnya mempunyai bentuk yang lebih manis dan juga halus jika dibandingkan Versi sebelumnya yang seperti kotak sabun.


Mobil Toyota kijang super sudah menggunakan teknologi yang bernama full Pressed body yang mempunyai arti jika pembuatan dalam panel bodynya memakai proses stamping atau mesin press dan untuk penggunaan dempul sangatlah minim hanya 2,5 kg per unitnya. Dan juga hanya disambungkan waktu penjelasan saja.


Mobil Toyota kijang super terdapat stiker dibagian kaca belakang full Pressed body. Untuk mesinnya menggunakan 5000 tetapi mempunyai horse power lebih tinggi yaitu mencapai 63 hp yang sebelumnya hanya 61 hp diputaran 5000 rpm dan juga Torsi 120 Mm diputaran 3200 rpm.Untuk transmisi jadi 5 speed pada varian Deluxe dan juga ada empat speed untuk standart dan juga pick up.


Toyota kijang super mempunyai beberapa varian yaitu commando dan juga Ranger. Untuk varian commando tipe ini memiliki pintu yang berjumlah empat. Untuk pilihannya ada commando LSX ,SSX, LX,dan ada juga commando SX. Toyota kijang super untuk varian Ranger mempunyai tiga pintu untuk kode sasisnya KF40 yang memiliki transmisi 5 speed.  Dan juga memakai sistem untuk penghenti rem cakram dibagian depannya.


Terdapat perubahan pada mobil lawas ini yakni pada bagian kemudinya rock and opinion supaya sistem bagian kemudi ringan dan dibagian AXLE tiga kopel yang bertujuan dengan mengurangi getaran dan juga untuk menambah power steering.


Ditahun 1992, mobil Toyota kijang super sudah menggunakan Toyota original body yaitu proses pembuatan pada bodi mobil menggunakan mesin press dan juga memakai metode lastitik. Adanya perubahan pada tangki bensin yang mulanya ada dibawah bemper belakang sekarang menjadi dibagian tengah tepatnya di samping kiri. Untuk tempat ban serepnya berada dibawah bemper bagian belakang.


Toyota kijang super untuk versi deluxe ada perubahan pada bagian lampu depan dan juga grill serta adanya penambahan untuk power steering dan untuk tipe LGX dan juga SGX adanya penambahan fitur Tachometer serta overfender ada juga foot step serta power window dan juga velg Alloy 14,dan tentu saja AC double blower.


Ditahun 1995, Toyota kijang super memakai mesin tipe 7k yang punya kapasitas 1800 CC berkaburator tenaga 80 hp diputaran 4600 rpm dengan torsi 139 Nm diputaran 2800 rpm. Toyota kijang super diluncurkan tahun 1986 saat masih memakai mesin 5k 1.486 CC. Akan tetapi yang membuat beda mobil kijang super sudah dilengkapi dengan teknologi ASRE yang bisa menyempurnakan pasokan pada bahan bakar. Hal ini mengakibatkan output pada mesin akan meningkat dari 61 dk jadi 63 dk.


Karburator baru dari pipa exhaust yang lebih besar membuat mesin kijang TOB mengalami peningkatan dari 63 dk jadi 72 dk untuk torsi 110 Nm ke 120 Nm ditahun 1995. Toyota kijang sudah memakai mesin baru kodenya 7k mempunyai kapasitas 1.781 CC. Mesin ini membuat langkah piston menjadi lebih panjang sehingga membuat lebih efektif dan diputaran rendah. Tenaga maksimum yang dihasilkan 80dk dan torsi 140 Nm.


Toyota kijang super untuk suspensi bagian depannya masih menggunakan konstruksi yaitu double wishbone. Meskipun sudah tergolong lawas namun mobil Toyota kijang super masih banyak beredar. Kebanyakan orang membeli untuk dimodifikasi lagi menjadi mobil usaha untuk jualan baik makanan maupun minuman. Harganya yang relatif murah hanya sekitsr Rp.27.000.000 sampai Rp.30.000.000 jutaan saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar