Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Sabtu, 27 Maret 2021

Vinfast Meluncurkan VF e34, Mobil Listrik Vietnam Pertama

Vinfast Meluncurkan VF e34, Mobil Listrik Vietnam Pertama

Otomo.id
- Perusahaan VinFast telah membuat mobil listrik pertama kalinya, dengan memakai mesin Vf e34. Untuk pasar domestik dijual dengan kisaran harga VND 690 juta. Maka apabila di rupiahkan akan menjadi Rp.430 juta. Harga ini lebih murah jika dibandingkan dengan mobil Honda Hyundai Kona Ev Signature, yang dibandrol sekitar Rp 697 juta di Indonesia.


Mobil Vinfast VF e34 memiliki tampilan yang sangat menarik dan yang terpenting perusahaan ini sedang mengadakan promo loh sobat otomo. Apabila melakukan pre-order sebelum tanggal 30 juni tahun 2021, maka akan mendapatkan diskon mencapai VND 100 juta atau 160 juta rupiah. Wow kapan lagi nih bisa nikmati diskon sebesar itu. Selain itu juga akan mendapatkan langganan baterai secara gratis. Tidak tanggung-tanggung selama setahun loh. Dan yang lebih karennya perusahaan Vinfast akan memberikan garansi produk sampai 10 tahun lamanya, bagi mobil terbarunya yakni Vinfast Vf e34.


Alasan mobil listrik vietnam ini harganya murah yakni karena mobil listrik VF e34 ini dijual dengan tidak menggunakan baterai, jadi sobat otomo harus menyewa sendiri baterainya seperti motor listrik. Untuk biaya tetapnya 1,45 juta VND kurang lebih sebulan Rp600.000. Ini untuk jarak maksimal 1400 km, jika lebih maka akan dikenakan biaya tambahan sebesar 998 VND per km.


Mobil listrik vinfast VF e34 sudah menggunakan motor listrik untuk tenaganya, serta memakai baterai sebesar 42 kwh. Putaran pada arus listriknya dapat mengeluarkan tenaga mencapai 110 kw dengan torsi puncaknya sebesar 242 Nm. Mobil listrik asal Vietnam ini memiliki ukuran panjang yakni 4.300 mm serta lebarnya 1.793 m dan juga tingginya mencapai 1.613 mm. Untuk ukuran wallpapernya 2.611 mm, sedangkan ukuran ground clearance nya mencapai 180 mm. Jika ditotal bobot keseluruhannya mencapai 1.490 kg. Suspensi pada bagian depannya menggunakan Macpherson strut. Sedangkan untuk Torsion bar nya digunakan untuk penopang bagian roda belakangnya.


Mobil listrik Vinfast VF e34 telah dibekali dengan baterai yang memiliki kapasitas 42 kwh, yang dapat menempuh jarak sejauh 300 km. Jika sobat otomo mengisi baterai mulai dari 0% sampai 100% dari rumah,maka sobat otomo perlu membayar listrik sebesar 42 kwh. Jarak tempuh dari mobil listrik ini adalah 345 km, menurut NEDC serta 289 km pada saat pengujian WLTP, ini untuk sekali pengisian daya sampai penuh. Menurut perusahaan Vinvast  sendiri, konsumen akan diuntungkan jika membeli mobil listrik ini. Hal ini dikarenakan tidak adanya resiko pada baterainya. Maksudnya perusahaan Vinfast sendiri akan menukarkan dengan gratis jika kapasitas baterainya melemah pada saat dibawah 70%.


Di tahun pertamanya perusahaan Vinfast akan menggratiskan biaya untuk sewa baterainya loh Sobat otomo, jadi bisa hemat sampai VND 17,4 juta. Jadi selama periode ini sobat totomo hanya perlu membayar listrik setiap bulannya nya dengan biaya  VND 394.700 atau jika dirupiahkan hanya sekitar 250 ribuan saja, sangat terjangkau bukan.


Keuntungan yang lain adalah pembelian mobil ini sudah mendapatkan adaptor, jadi sobat otomo bisa melakukan charge di rumah. Jika ingin mengisi pada tempat pengisian umum,maka harus lewat aplikasi khusus. Mobil listrik Vinfast VF e34 sudah menggunakan pengisian daya yang cepat, sobat otomo hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit saja dan bisa dipakai sejauh kurang lebih 180 km jauhnya.  Apabila mengisi daya normal maka membutuhkan waktu kurang lebih selama 8 jam lamanya. Jika mengisi setrumnya mulai dari 0% sampai 100%.


Yang lebih menarik dari perusahaan asal Vietnam ini adalah infrastruktur mobilnya menggunakan sistem Charging Station, targetnya tidak main-main yakni mencapai 40.000 lokasi pengisian mobil listrik dalam waktu sampai akhir tahun 2021 ini, dan akan terpasang setidaknya di 63 provinsi.


Mobil listrik Vinfast VF e 34 ini bagian dari SUV yang mempunyai ukuran lebih besar daripada C- segmen. Untuk desainya menggunakan Vinfast lux  A2.0 serta lux 5A20. Jadi mobil listrik ini memiliki bodi yang sangat dinamis dan tentu saja gayanya mengikuti trend masa kini sehingga sangat cocok jika digunakan oleh para anak muda, karena style nya yang keren membuat yang memakai mobil ini akan merasa gagah dan dapat meningkatkan kepercayaan diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar