Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Kamis, 25 Maret 2021

Yamaha YZF-R7 Akan Segera Rilis Tahun 2022

Yamaha YZF-R7 Akan Segera Rilis tahun 2022

Otomo.id
- Sobat Otomo tahukah jika saat ini dunia otomotif sedang ramai dengan berita mengenai Yamaha YZF-R7, yang menggunakan basis MT 07?. Menurut kabar yang beredar, motor yamaha tipe YZF-R7 dibuat untuk menggantikan motor YZF-R6 yang tahun lalu telah hilang dari peredaran karena telah disuntik mati.


Berdasarkan info yang Mimin dapat, Yamaha ternyata telah mengkonfirmasi jika motor YZF-R7  sudah di daftarkan informasi emisinya di negara Amerika. Jadi kabar ini ini bukan sekedar hoax ya sobat Otomo. Dan kabar terbarunya, motor ini akan segera rilis tahun 2022 ini, jadi persiapkan diri kalian untuk menyambut kehadiran motor supersport full fairing ini.


Setelah hilangnya motor YZF-R6 pada tahun 2020. Yamaha tidak mempunyai motor model supersport lagi untuk versi kelas menengah nya. Untuk sekarang hanya terdapat tipe YZF-R15, serta YZF-R25 dan juga YZF- R1 saja. Tidak adanya transisi kelas dari 250 cc menuju pada 1000 cc. Diberitakan oleh situs cycleworld, Yamaha tengah mengajukan dokumen ke CARB. Terdapat dua daftar model untuk tahun 2022 ini, namun keduanya tercatat bukan untuk variannya akan tetapi untuk warna tipenya. Ada YZFR7NCB, pada huruf B diakhir kemungkinan akan mengacu kepada warna Raven Black, sedangkan untuk tipe YZFR7NCL mengacu pada Yamaha Blue.


Untuk spesifikasinya, CARB tidak memberi informasi secara lebih detail, hanya gambaran besarnya saja. Tetapi jika dilihat dari catatannya yang sudah didaftarkan, angkanya sama dengan tipe MT-07 yang berarti motor YZF-R7 ini akan menggunakan mesin berkapasitas 689 cc dengan jumlah 2-silinder yang segaris. Sama dengan MT-07 dengan versi terbarunya. Belum ada bukti yang kuat jika R-7 akan menggunakan mesin yang lebih kuat.


Informasi yang mimin dapat masih ditahap hipotesis ya sobat,jadi kemungkinan besar benar dan bisa juga salah.Mesin MT-07 sendiri dapat mengeluarkan tenaga 74 hp pada putaran 9.000 rpm dengan torsi puncak sebesar 68 Nm di 6500 rpm. Angkanya jauh jika dibandingkan dengan kompetitor nya, yakni Aprilia RS660 yang memiliki mesin 100 hp dan juga honda CBR 650R yang telah dibekali dengan mesin 94 hp. Bahkan YZF-R7 sudah menggunakan mesin 104 hp. Jika benar motor Yamaha YZF-R7 memakai mesin yang sama dengan MT-07, maka akan membuat kecewa banyak orang.


Jika ingin meningkatkan performa pada mesinnya, seharusnya yamaha perlu untuk mempertimbangkan lagi agar tidak memakai mesin yang sama dengan MT-07 pada motor YZF-R7. Akan lebih baik jika yamaha menggunakan mesin MT-09 yang sudah memakai deltabox versi terbaru,hal ini dikarenakan mesinnya lebih unggul,serta untuk tenaganya sebesar 114 hp dengan torsi puncaknya 87,5 Nm.


Walaupun tercatat untuk model 2022, namun Yamaha sudah menempatkan sertifikasi motor YZF-R7,hal ini memungkinkan bahwa motor ini bisa rilis lebih cepat dari jadwalnya. Yamaha MT-07 sudah menggunakan mesin dengan kapasitas 689 Cc DOCH,dengan 2-silinder yang menggunakan teknologi crossplane dengan 8 katup serta berpendingin cairan. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga mencapai 74 hp pada putaran 900 rpm dengan torsi puncak mencapai 68 Nm diputaran 6.500 rpm. Untuk ukuran borenya sendiri mencapai 80 x stroke 68.6 mm dengan karakter overbone. Sedangkan untuk MT-09 menggunakan mesin dengan kapasitas 847 cc, yang memakai teknologi crossplane berjumlah 3 silinder dengan diameter 780 dan langkah piston nya 59, 1 mm untuk rasio kompresi mencapai 11.5:1.


Tenaga yang dihasilkan mencapai 114 hp dengan torsi Puncak 10.000 rpm, serta 87,5 Nm pada 8.500 rpm baik MT-07 maupun MT-09, keduanya memiliki nilai yang lebih dari segi akselerasinya. Keduanya memang di buat untuk menghasilkan torsi yang cukup besar. Diawali dengan putaran mesin rendah sampai menengah dengan daya tarik rpm-nya tinggi dan kuat. Hal ini karena menggunakan teknologi crossplane.


Jika dilihat dari fitur, maka MT-09 lebih cocok jika diberikan kepada motor Yamaha YZF-R7, karena sudah dilengkapi dengan Driving Mode, YCCT, serta Quick Shift system dan assist slipper Clutch dan juga TCS. Fitur ini tidak dimiliki oleh MT-07, selain itu untuk kakinya memakai suspensi upside down pada bagian depannya serta monoshock untuk bagian belakangnya untuk ukuran nya 41 mm. Kita tunggu saja hasilnya akan seperti apa sobat Otomo, yang jelas semoga saja Yamaha kali ini tidak membuat kecewa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar