Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Jumat, 23 April 2021

Ini Dia Yamaha F155 Motor Prototipe MX King

Ini Dia Yamaha F155 Motor Prototipe MX King

Otomo.id
- Merek terkenal Yamaha baru saja merilis produk terbarunya yakni Yamaha F155 di negara Vietnam. Motor ini masuk kategori prototipe dari MX King yang sudah cukup terkenal di Indonesia. Motor Yamaha F155 terinspirasi dari motor sport YZF-R1.


Motor Yamaha F155 di perkenalkan pada saat acara seremoni pada peluncuran Exciter 155 yang paling terbaru. Berdasarkan kabar yang beredar, motor Yamaha F155 adalah prototipe yang diproduksi di negara Jepang. Untuk total modifikasinya di buat tidak tanggung-tanggung yakni mencapai 100.000 USD yang jika dirupiahkan menjadi Rp.1,4 miliar. Angka yang terbilang fantastis untuk memproduksi motor bebek.


Tapi hal itu wajar saat mengetahui fitur dan komponen apa yang terpasang pada motor tersebut. Peranti yang dipasang pada motor Yamaha F155 tidak sama dengan versi exciter. Meskipun menggunakan jenis cub tetapi tetap dibuat memakai kerangka deltabox yang menempel pada motor sport. Selain itu pada bagian knalpot underbelly, serta swing arm, sampai untuk suspensi bagian depannya sudah menggunakan upside down.


Yang paling menonjol adalah desain eksteriornya, di mana lebih tajam dengan nuansa futuristis. Ada juga Ram air dengan gaya RI yang dikelilingi pelengkap aerodinamis. Dengan warna hitam yang diberi campuran warna merah, berhasil membuat tampilannya menjadi lebih keren. Pada bagian depan bodinya berbentuk lancip.


Bentuk lampunya di desain lebih tajam dengan menggunakan pencahayaan dengan teknologi LED. Selain itu terdapat juga air scoop seperti fairing dari motor sport. Tidak nampak sinyal belok ataupun pada tempat plat nomornya, hal ini wajar karena masih dalam purwarupa. Pada bagian batok atas di pasang cover kecil, yang menutupi bagian tengah stangnya. Di balik ukuran windshield yang kecil tersemat speedometer digital.


Walaupun dengan bentuk display, tampilannya sangat futuristis. Stangnya berbentuk model clip on yang menyatu bersama segitiga atas. Sedangkan pada bagian tengahnya menggembung padat. Hal ini dikarenakan sudah dibekali dengan sasis deltabox. Pada bagian jok sudah menggunakan tipe single seat yang tentunya punya tampilan yang sporty.


BACA JUGA : 3 MOTOR HARLEY MINI TERMURAH 2021


Bagian belakangnya lancip dengan cover yang berbentuk tiga dimensi, mirip dengan Yamaha R6 atau R1 yang versi terbaru. Ada juga stop lamp dengan teknologi LED serta tidak adanya sepatbor menempel, hal ini dikarenakan motor Yamaha F155 menggunakan konsep exciter 155 terbaru. Jadi penggunaan mesinnya sama dengan mesin kapasitas 155cc, SOHC dan memakai silinder tunggal dengan 4 katup yang berpendingin cairan.


Yang lebih kerennya lagi adalah Yamaha F155 sudah di bekali dengan teknologi yang bernama Variable Valve activation atau orang biasa menyebutnya dengan VVA. Output yang di hasilkan mencapai 17,7 hp di 9.500 rpm dengan torsi tertinggi nya mencapai 14,4 mm pada 8000 rpm. Untuk transmisi nya menggunakan 6 speed manual. Performa tersebut lebih unggul dari motor sport yang lain seperti Supra GTR 160.


Motor Yamaha F155 adalah bentuk pengembangan dari versi sebelumnya. Tampilan desainnya dibuat lebih kompak serta mewarisi desain motor sport dari Yamaha R1. Untuk cover lampu depan nya memiliki fungsi meningkatkan aerodinamika. Sedangkan pada bagian tengahnya lebih menonjol ke depan. Hal ini berguna untuk meningkatkan kestabilan saat sedang berkendara. Desain bersudut ciri khas versi lama tidak ditampilkan lagi.


Untuk desain terbarunya dibuat lebih soft serta mengarah kepada gaya yang sporty serta motor gede. Pada bagian body belakang dibuat dengan tampilan struktur tingkat 2. Untuk knalpot nya lebih besar serta di setel lebih rendah. Selain itu motor Yamaha F155 menggunakan teknologi yang berfokus ke kinerja seperti silinder, kopling, sasis dan juga injeksi untuk bahan bakarnya.


Claster instrumennya beda jauh dengan versi lama. Yamaha membuat desain ulang untuk speedometernya. Terdapat soket listrik yang berguna untuk charger ponsel dan untuk kuncinya tentunya sudah Keyless. Yamaha F155 mempunyai 3 pilihan tipe yakni tipe standar yang dibandrol VND 47 atau jika dirupiahkan sekitar Rp.28,7 juta. Sedangkan untuk tipe high end atau premium dibandrol dengan VND 50, jika dirupiah kan sekitar 30,5 juta. Dan untuk tipe yang terakhir ada model Gp edition dengan harga VND 50,5 juta apabila di rupiahkan menjadi sekitar Rp.30,8juta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar