Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Kamis, 22 April 2021

Ciri Kaki-Kaki Mobil Rusak Wajib Kamu Ketahui

Ciri Kaki-Kaki Mobil Rusak Wajib Kamu Ketahui

Otomo.id
- Kaki-kaki mobil merupakan salah satu aspek yang sangat penting untuk kendaraan roda empat. Untuk itu perlu dijaga kesehatan kaki-kaki mobil. Sebenarnya sobat Otomo bisa mengetahui gejala yang muncul sebagai tanda bahwa kaki-kaki mobil menuju kerusakan. Sayangnya gejala ini sering kali diabaikan oleh pemilik kendaraan.


Kaki-kaki mobil yang rusak akan terasa sekali saat mobil melalui jalan yang berlubang atau rusak, karena terus dibiarkan ujung-ujungnya cepat rusak. Apalagi bagian ini yang paling ringkih karena terus bergerak. Sehingga penumpang tidak merasa nyaman saat berkendara.


Nah, untuk itu Otomo.id akan memberikan tips cara untuk mengetahui ciri-ciri kaki-kaki mobil yang sudah mulai rusak, sehingga kamu bisa mengatasinya.

Gejala Kaki-Kaki Mobil Rusak

1. Setir Terasa Bergetar

Ciri kaki-kaki mobil rusak yang satu ini mungkin sering diabaikan oleh pengendara mobil, karena dianggap biasa. Tetapi tahukah kamu sobat Otomo, ini merupakan salah satu ciri gejala kaki-kaki mobil kamu akan rusak. Hal ini bisa kamu rasakan saat mobil bergerak ataupun diam, yang berbeda dari biasanya.


Jika sobat Otomo sudah merasakan gejala ini, sebaiknya mimin sarankan untuk mengeceknya untuk menghindari gejala yang lebih parah lagi. Bahayanya lagi, jika dibiarkan bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen lainnya.


2. Ban Depan Tidak Lurus

Yang kedua adalah posisi ban depan yang tidak lurus, posisi miring pada salah satu ban ataupun keduanya, ini juga termasuk ciri-ciri gejala kerusakan kaki-kaki mobil. Sobat otomo bisa mengecek posisi ban depan mobil kamu, apakah normal atau tidak.


Cara mengetahuinya sangat gampang, kamu tinggal lihat dari arah depan ban mobil kamu, biasanya jika sudah ada gejala, salah satu atau kedua ban depan agak miring.Bayangkan saja jika salah satu ban mobil kamu miring, pasti pengemudi akan merasakan ketidaknyaman saat berkendara, otomatis ini memengaruhi keselamatan dalam berkendara.


BACA JUGA : KENALI 5 TIPS MERAWAT SOKBREKER MOTOR AGAR TETAP AWET


3. Bunyi di Bagian Roda

Gejala selanjutnya adalah roda mengeluarkan bunyi yang janggal atau asing saat berkendara, ini perlu kamu curiga dan sesegera mungkin untuk mengeceknya. Suara ini biasanya seperti suara kletek-kletek dibagikan roda. Efeknya bantingan setir akan terasa keras dari biasanya. Jika sudah begini, mimin sarankan untuk segera mengganti sokbreker baru, agar kembali mulus.


4. Rem Tidak Enak Saat Diinjak

Ini juga menandakan kaki-kaki mobil kamu sudah mulai rusak, dimana saat kamu ingin menginjak rem tidak seperti biasanya. Hal ini bisa dirasakan pengemudi saat menginjak rem, rem sontak bergerak ke kiri dan kekanan, sehingga bisa menimbulkan kecelakaan.


Tapi kebanyakan pengendara mengabaikan, hal satu ini sobat Otomo. Sehingga mobil bisa rusak parah dan meraup kerugian yang lebih besar, jadi usahakan rajin untuk mengecek kesehatan kaki-kaki mobil kamu.


5. Mobil Sulit Dikendalikan

Ciri Selanjutnya adalah mobil sulit untuk dikendalikan. Hal ini perlu diwaspadai oleh pemilik atau pengendara mobil, karena hal ini bisa mengakibatkan kecelakaan dan membahayakan pengendara. Biasanya gejala ini dirasakan pengemudi saat berkendara dengan kecepatan tinggi maupun sedang. Mimin sarankan, jika mobil kamu sudah sangat sulit untuk dikendalikan, sebaiknya segera dibawa ke bengkel, sebelum merusak komponen lainnya.


Nah itu adalah ciri-ciri gejala kaki-kaki mobil akan rusak, semoga artikel kali ini bisa menambah wawasan sobat otomo dalam dunia otomotif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar