Motor, Mobil dan Modifikasi

Otomotif Updates

Jumat, 16 April 2021

Kenali 5 Tips Merawat Sokbreker Motor Agar Tetap Awet

Tips Merawat Sokbreker Motor Agar Tetap Awet

Otomo.id
- Sokbreker motor merupakan suspensi yang sangat penting untuk tetap dijaga kestabilan dan keawetannya. Jika memiliki sokbreker yang baik dan terjaga akan memberikan kenyamanan dalam berkendara, dan juga berpengaruh terhadap handling motor.


Sokbreker tersedia untuk semua jenis motor, mulai dari motor matik, motor bebek dan tidak terkecuali motor sport. Tentunya sobat Otomo menginginkan ketahanan serta keawetan sokbreker yang digunakan, bayangkan saja jika sokbreker mengalami kendala seperti terasa keras, sehingga tidak bisa meredam getaran yang ditimbulkan, sehingga ini bisa mengakibatkan kenyamanan berkendara tidak baik.


Nah, untuk sobat Otomo ketahui bahwa banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan sokbreker motor tidak berfungsi normal. Secara umum kasus ini akan ditemukan pada pengendara yang sering melewati jalan yang tidak rata dan juga motor yang membawa beban berlebihan. Untuk itu Otomo.id akan memberikan tips supaya sokbreker motor tetap awet, yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Tips Merawat Sokbreker Motor

1. Mengurangi Kecepatan di Jalan Yang Tidak Rata

Salah satu penyebab Sokbreker cepat rusak atau tidak awet adalah motor sering melewati jalan yang tidak rata. Untuk mengurangi tekanan yang diakibatkan jalan yang tidak rata, mimin sarankan untuk kamu mengurangi kecepatan pada saat melewati jalan yang yang tidak rata. Apalagi jalannya banyak yang bolong-bolong, akibatnya beban sokbreker akan bertambah dua kali lipat, sehingga membuatnya cepat rusak.


2. Rutin Dibersihkan

Selanjutnya tips merawat sokbreker motor yang bisa kamu lakukan adalah rutin membersihkan sokbreker motor. Cara ini terbilang simple sobat otomo, tetapi efeknya akan berpengaruh besar terhadap keawetan sokbreker kamu. Kotoran yang nempel pada bagian arean sokbreker akan mengakibatkan seal atau karet serta piston sokbreker akan cepat rusak.


Nah, kerusakan piston dan karet pada sokbreker akan berakibat fatal sekali sobat otomo, dimana bisa menyebabkan oli suspense bocor. Akibat dari kebocoran oli pada sokbreker ini akan membuat rasa kenyaman saat berkendara berkurang, sehingga bisa menimbulkan terjadinya kecelakaan.


BACA JUGA : TIPS MEMBERSIHKAN RANTAI MOTOR DENGAN BENAR


3. Jangan Menggunakan Aksesoris Yang Tidak Resmi

Umumnya, pengguna atau pemiliki kendaraan menambahkan beberapa aksesoris pada motor untuk memberikan kesan motor tampil lebih keren. Tetapi tahukah kamu sobat Otomo, bahwa penambahan aksesoris yang tidak resmi dari pabriknya, membuat sokbreker cepat rusak. Salah satu yang menjadi tren sekarang ini dikalangan anak millennial adalah penambahan adaptor atau peninggi sok.


Penambahan adaptor pada motor, jika dilakukan tanpa melihat bahwa penambahan aksesoris tersebut akan berdampak pada fungsi collar yang tidak maksimal. Akibatnya sokbreker motor kamu akan cepat rusak dan juga bisa membahayakan pengendara.


4. Hindari Membawa Beban Yang Berlebihan

Tips selanjutnya yang bisa sobat Otomo lakukan agar sokbreker tetap awet adalah dengan menghindari membawa beban yang berlebihan. Jika kamu ingin sokbreker kamu tetap awet, jangan paksakan motor untuk membawa beban yang melebihi kapasitas yang dianjurkan dari pabrik. Memiliki beban yang berlebihan, secara otomatis akan memaksa sokbreker bekerja dua kali lipat, sehingga mempercepat kerusakan daya tahan sokbreker sepat aus. Lebih parahnya lagi, apabila keseringan rod comp bisa bengkok. Jika itu terjadi, motor tidak akan nyaman lagi digunakan.


5. Rajin Ganti Oli

Sokbreker yang bebas dari kotoran dan mulus tidak secara penuh menjamin keawetan sokbreker kamu sobat Otomo. Kamu juga harus memperhatikan oli sokbreker yang memilki peran untuk menyerap getaran yang ditimbulkan. Seiring bertambahnya usia pakai motor, maka kualitas oli sokbreker juga akan berkurang. Jadi disarankan untuk mengganti oli setidaknya setiap 20.000 km.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar